Karnaval Tuban Tahun 2022 Berlangsung Meriah

Karnaval Tuban Tahun 2022

Karnaval Tuban Tahun 2022 atau Tuban Specta Night Carnival 2022 merupakan agenda yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Tuban. Sudah dua tahun tidak ada penyelenggaraan karnaval karena pandemi yang melanda.

Ada yang berbeda pada penyelenggaraan karnaval tuban tahun 2022 ini. Tahun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban memutuskan untuk menyelenggarakan perhelatan tahunan ini pada malam hari.

Bacaan Lainnya

Karnaval Tuban Tahun 2022 ini mengambil tajuk Tuban Specta Night Carnival 2022 yang merupakan karnval pakaian adat Tuban dan Nusantara.

Sesuai namanya, acara ini berlangsung malam hari dan sangat spektakuler.

Saya akan menceritakan pengalaman saya saat menikmati karnval ini.

Berlangsung Spektakuler Sejak Sore Hari

Pada sore hari Sabtu (27/8/2022) saya menuju ke Alun-alun Tuban. Untuk kamu yang ingin taju tentang Alun-alun Tuban kamu bisa klik di sini.

Alun-alun Tuban akan menjadi tempat start acara Tuban Specta Night Carnival 2022. Ketika saya sampai di Alun-alun Tuban, sudah banyak kendaraan peserta karnval yang terparkir di sini.

Mobil yang dihias dengan berbagai ornamen sesuai dengan tema Nusantara yang diusung masing-masing peserta.

Yang saya lihat di barisan depan adalah SMA Negeri 1 Tuban, SMA Negeri 2 Tuban dan lain-lain. Saya menghitung ada sekitar 50 peserta.

Melihat kesiapan pesertanya saya sudah berekspektasi bahwa nanti malam acara akan berlangsung sangat meriah.

Rute Tuban Specta Night Carnival 2022

Rute Karnaval Tuban Tahun 2022 adalah dari Alun-alun Tuban lalu ke Jalan Veteran. Selanjutnya ke Jalan Basuki Rahmat, lalu Jalan Sunan Kalijaga dan berakhir di GOR Tuban.

Jadilah sepanjang jalan itu sangat ramai pengunjung. Demi mengobati rindu selama dua tahun enggak ada karnaval.

Melihat Karnaval Tuban Tahun 2022

Selanjutnya ketika malam tiba, saya sudah siap sejak setelah waktu maghrib. Anak saya pun sudah ingin sekali berangkat. Saya mengatur strategi, mencari rute dan tempat menonton yang strategis.

Bukan apa-apa, menurut pengalaman penyelenggaraan karnaval tahun-tahun sebelumnya, lalu lintas akan menjadi sangat padat.

Selain itu, ada risiko pula terkait kenyamanan menonton karena kepadatan penonton, apalagi membawa anak kecil.

Benar saja, ketika saya sampai di perempatan Jalan Pramuka lalu lintas sudah stuck alias macet dari segala arah.

Kemudian saya memutuskan untuk belok di gang kecil dekat dengan pasar pramuka. Tidak disangka ternyata saya dapat parkir lebih lega dan lokasinya dekat dengan rute Tuban Specta Night Carnival 2022.

Kemudian, saya parkir kendaraan saya dan saya mendapatkan kartu parkir. Motor aman dan nyaman.

Saya awalnya menduga penonton akan tidak tertib. Namun setelah sampai di Jalan Basuki Rahmat atau Basra ternyata dugaan saya salah. Penonton sangat tertib, bahkan suasananya sangat ramah anak.

Semua penonton duduk, anak-anak bermain di sekitar keluarga mereka.

Lalu yang ditunggu-tunggu datang. Semua penonton tetap duduk dengan tenang menikmati. Para peserta menampilkan parade budaya dari Papua hingga Aceh.

Walaupun sempat hujan ringan mengguyur, namun tidak mengurangi antusiasme warga menikmatinya.

Saya hanya sempat menikmati hingga nomor 37. Kalau tidak salah mengusung budaya Jambi.

Saya pulang. Saya mengira jalan akan padat merayap. Namun, ternyata lagi-lagi saya salah. Meskipun ramai, jalan masih tetap dilalui dengan nyaman.

Catatan Saya

Dengan judul Carnival, saya sudah berburuk sangka, bahwa ini akan meniru seratus persen konsep Jember Fashion Carnival.

Ternyata Tuban tetaplah Tuban, meskipun ada unsur JFCnya, namun tetap menampilkan ciri khas karnaval 17an di Tuban. Masih ada pengantin sebagai fokus utama. Ada kostum-kostum Nusantara dan lain-lain.

Ada juga tongklek yang merupakan kesenian khas Tuban. Untuk kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang tongklek bisa klik di sini.

Untuk penonton awalnya saya mengira track akan dipenuhi sepeda motor, atau kendaraan panitia hingga pendamping peserta yang malah menutupi sajian utama.

Tapi lagi-lagi saya salah. Kali ini sangat sedikit sekali orang di luar peserta inti yang lalu lalang di lintasan karnaval. Sehingga sangat nyaman untuk menikmati pertunjungan paling akbar di Tuban ini. Yuk ke Tuban.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.