Maharani Zoo, Wisata Lamongan yang Seru

Maharani Zoo dan Goa di Lamongan

Maharani Zoo adalah Kebun Binatang yang ada di Kota Lamongan Jawa Timur. Wisata ini kombinasi antara wisata goa dan kebun binatang. Sebuah konsep yang unik.

Beberapa waktu lalu, saya ingin berwisata di Lamongan. Ada tiga pilihan, apakah ke Wisata Bahari Lamongan atau WBL, lalu ke Maharani Zoo atau terkahit ke Tanjung Kodok Beach Resort.

Bacaan Lainnya

Lalu pilihan jatuh ke Maharani zoo. Pertimbangannya tempat wisata ini dapat merangsang keingintahuan anak-anak di bidang fauna. Mengingat tempat ini merupakan kebun binatang yang tentu banyak memiliki koleksi fauna yang menarik.

Tentang Goa Maharani dan Maharani Zoo

Maharani Zoo merupakan salah satu kebun binatang yang ada di Jawa Timur, dan menjadi satu-satunya di Kawasan Barat Jatim atau Lamongan, Tuban dan sekitarnya. Jadi tidak mengherankan banyak sekali pengunjung yang datang ke sini.

Tempat wisata Lamongan yang sekaligus jadi andalan di Jatim ini memiliki konsep yang unik. Kamu pasti sudah lama mendengar tentang keindahan Goa Maharani yang tersohor itu. Goa Maharani, di masa lalu merupakan tempat wisata andalan di Lamongan kalau enggak mau dibilang satu-satunya.

Tempat ini berdampingan dengan Tanjung Kodok yang tidak kalah terkenalnya dengan Goa Maharani.

Sejarah Goa Maharani

Sejarah Wisata Goa Maharani berawal dari temuan sekelompok penambang fosfat. Sunyoto saat itu yang memimpin kelompok tersebut pada tahun 1992. Dua tahun setelah temuan itu atau tepatnya tahun 1994, tempat ini resmi menjadi tempat wisata dan terbuka untuk umum.

Selanjutnya, nama Maharani merupakan usulan dari istri Sunyota. Beliau mengaku mendapatkan “petunjuk” tentang seorang putri cantik yang memakai mahkota indah, berada di relung batu di Goa ini.

Transformasi Menjadi Maharani Zoo

Kemudian, Kompleks wisata Tanjung Kodok dan Goa Maharani bersolek. Di Tanjung Kodok dikembangkan wisata fantasi bertajuk Wisaha Bahari Lamongan (WBL) dengan wahana yang banyak sekali pilihannya. Sedangkan Goa Maharani melengkapi diri dengan Mini Zoo atau Kebun Binatang Mini. Namun belakangan berkembang lagi menjadi Maharani Zoo atau Kebun Binatang Maharani.

Perkembangan ini tidak terlepas dari masuknya investasi ke Lamongan. Ini menunjukkan bahwa Jawa Timur sangat menjanjikan sebagai tempat berinvestasi. Ayo berinvestasi ke Jawa Timur.

Maharani Zoo memiliki banyak sekali satwa. Mulai dari Mamalia, Reptil, Burung hingga binatang buas.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk menurut saya murah. Saya kesana saat weekend tepatnya hari Sabtu. Jadi harga tiketnya Rp 40.000 per orang.

Selain itu kamu juga bisa membeli tiket terusan dari Wisata Bahari Lamongan. Untuk weekend atau Jumat sampai dengan Minggu, sebesar Rp 137.000 per orang.

Selanjutnya jika kamu datang pada haru Senin sampai dengan Kamis kamu bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah lagi yaitu sebesar Rp 30.000 per orang dan tiket terusannya dari WBL sebesar Rp 97.500 per orang. Murah banget kan?

Kamu Dapatkan ini Ketika ke Maharani Zoo dan Goa

Pada bagian ini saya akan membagikan pengalaman saya selama mengunjungi tempat wisata ini. Saya akan menarasikan mulai masuk ke Kebun Binatangnya hingga ke fasilitas-fasilitas yang ada di dalamnya.

Saat masuk, saya disambut oleh koleksi hewan yang menawan. Agak masuk sedikit saya melihat ada beberapa penjaga yang membawa burung. Ada bermacam burung, ada elang dan lainnya. Burung-burung tersebut bisa diajak untuk berfoto. Dengan tiket yang kamu miliki tadi, kamu sudah bisa berfoto dengan mereka. Ada kotak juga sih, yang bisa kamu isi dengan sejumlah uang, istilahnya seikhlasnya.

Saya waktu itu berfoto dengan seekor burung elang yang besar. Tenang saja, ada keepernya yang akan memberi kamu arahan, supaya kamu tetap aman berinteraksi dengan burung yang besar ini.

Masuk lebih dalam makin banyak koleksi hewan. Kandangnya berdekatan sehingga kamu tidak perlu menghabiskan banyak tenaga untuk berpindah dari satu satwa ke satwa lainnya. Ada reptil, primata, burung, mamalia buas hingga mamalia seperti jerapah, gajah dan lain-lain.

Kamu juga bisa memberikan makan. Ini mengingatkan saya di Taman Safari Prigen. Di Maharani Zoo kamu bisa memberi makan hewan seperti harimau, gajah hingga jerapah. Untuk hewan lainnya saya kok tidak tahu. Untuk jerapah dan gajak kamu perlu membayar sebesar Rp 5.000.

Nah selanjutnya kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan hewan. Saat saya kesana, saya kebagian show burung. Tempatnya ada di dekat kandang gajah. Seru banget!

Kemudian, karena ini namanya saja Maharani Zoo, kamu masih bisa menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit Goa Maharani. Kamu tinggal masuk saja. Ikuti saja petunjuknya. Goa ini memang indah banget. Banyak relung-relung yang dipenuhi ornamen stalaktit dan stalakmit.

Goa ini juga masih terus bertumbuh. Buktinya adalah tetesan air dari celah-celah dinding dan ujung stalaktit.

Terakhir kamu bisa juga menikmati playground. Semua permainan di playground itu gratis karena sudah termasuk dalam tiket yang sudah kamu beli waktu masuk tadi.

Murah banget kan? Dengan Rp 40.000 per orang kamu sudah bisa menikmati Kebun Binatang, Atraksi Satwa, Goa Maharani hingga Playground. Yuk ke Jawa Timur!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

12 Komentar

  1. Boleh juga nih ke Maharani Zoo apalagi anak-anak suka banget bisa melihat-lihat hewan, kayak si jerapah nih, lehernya panjaaang melebih atasnya kandang yaa

  2. Transformasi namanya unik. Hehe .. harga tiket Rp. 40.000 di weekend tergolong terjangkau lah. Nggak sampai 750 ribu. Hehe .. Maharani zoo pastinya nyaman buat wisata dalam negeri.

    1. Jatim Park Group emang enggak pernah gagal menghadirkan tempat wisata yang keren dan terjangkau. Yuk ke Jawa Timur!

  3. One stop wisata kayak gini bikin betah ya. Ke zoo sekalian ke Goa Maharani. Di Bandung Zoo tiket malah lebih mahal, 50ribu, tapi ya uplek-uplek di kebun binatangnya aja, engga digabung sama objek lain.
    Belum pernah nih ke Lamongan. Tahunya kalau di Bandung sini, soto Lamongan. Hehe…

  4. Lamongan memiliki sejumlah destinasi wisata alam baik pantai, maupun kuliner dan sejumlah menarik lainnya seperti nya perlu beberapa hari untuk mengeksplore Lamongan seperti halnya wisata ke Maharani zoo

  5. Seru juga ya wisata di Lamongan, ada tiga tempat wisata keren, salah satunya Maharani Zoo. Biasanya anak-anak lebih tertarik untuk melihat hewan-hewan di zoo. Harga tiketnya lebih tinggi dibanding Kebun Binatang Ragunan Jakarta ya Kang? Eh jebule fasilitasnya lebih lengkap di Maharani Zoo…

    1. Betul, harga mah jauh di atas kebun binatang ragunan. Terus jarak antar kandang hewan juga enggak terlalu jauh kaya di Ragunan.