Taman Safari Prigen, Tempat Wisata Keren Di Jawa Timur

Taman safari prigen Pasuruan Jawa Timur

Taman Safari Prigen di Pasuruan Jawa Timur merupakan taman safari ke-2 setelah Taman Safari Bogor. Tempat ini juga adalah wisata alam terkemuka di Jawa Timur. Taman ini menjadi tempat incaran saya untuk menghabiskan akhir pekan di Jawa Timur.

Di suatu Sabtu yang cerah, saya kok rasanya ingin sekedar berlibur. Tapi berlibur yang sekaligus memberikan pengetahuan alam kepada anak-anak. Selain edukasi, juga mendapatkan suasana yang benar-benar membuat fresh. Jawabannya ternyata adalah Taman Safari Prigen.

Bacaan Lainnya

Saya langsung browsing tentang Taman Safari Prigen. Pertama tentang dimana letak taman safari ini, lalu berapa sih harga tiketnya. Selanjutnya adalah koleksi satwa yang ada di sana. Informasi koleksi satwa ini penting buat saya. Soalnya untuk mencari referensi, jaga-jaga kalau anak-anak tanya tentang satwa yang ditemuinya nanti. Selanjutnya saya mencari informasi tentang wahana yang ada di sana. Lalu paling akhir, saya mencari tahu tentang tempat makan di sekitar tempat wisata ini.

Nah setelah lengkap informasinya, saya langsung tancap gas deh ke lokasi.

Tempat Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen berada di Gunung Princi, Jatiarjo, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Untuk rutenya, saya kemarin dari Kabupaten Tuban. Saya menempuh jalan Pantura, lalu masuk ke Tol Bunder Gresik dan menuju ke arah Malang.

Selanjutnya saya menyusuri Jalan Tol Surabaya – Malang, lalu turun di Pintu Tol Prigen. Sesuai petunjuk dari Google maps, saya diarahkan ke kiri. Jadi ya saya ke arah kiri. Setelah itu saya diarahkan untuk putar balik dan menuju ke jalan yang ada tulisannya menuju ke Taman Safari.

Makin lama makin menanjak. Untuk yang bawa kendaraan sendiri, hati-hati ya. Khususnya untuk pemula jangan lengah tapi juga jangan tegang.

Setelah beberapa lama, saya baru menyadari bahwa jalan yang saya lewati ini adalah jalan alternatif menuju Taman safari. Pantas saja tidak terlalu ramai. Tapi kualitas jalannya oke kok.

Jalanannya asri, kanan kiri ada pohon-pohon yang membuat udara menjadi adem. Lama kelamaan udara makin dingin. Tidak aneh karena ini berada di lereng pegunungan.

Jika kamu sudah ketemu dengan penjual wortel di pinggir jalan, berarti jarak kamu ke Taman safari semakin dekat. Kamu bisa kok beli wortel di jalan ini. Buat apa sih wortel? Ya buat ngasih makan satwa di dalam nanti.

Harga Tiket Masuk Taman Safari Prigen

Sampai di gerbang Taman Safari, maka kamu akan ditemui oleh petugas tiket. Petugas akan mengecek jumlah penumpang mobil kamu. Per penumpang akan dikenai tarif tiket sebesar Rp 135.000,- kalau kamu ingin masuk ke Museum Sirkus, maka akan dikenai tambahan sebesar Rp 15.000,00 jadi totalnya Rp 150.000. Tapi saya milih yang tanpa ke museum sirkus.

Lalu tarif untuk mobil sebesar Rp 10.000,- per mobil.

Dengan tarif segitu kamu bisa menikmati semua wahana yang ada di Taman safari. Seperti roller coaster, bom car dan sebagainya. Atau kamu juga bisa menikmati berbagai macam pertunjukan dan paling ramai adalah pertunjukan lumba-lumba.

Perjalanan Masuk ke Kandang Hewan

Saya akan membaginya dalam dua macam hewan, yaitu hewan yang buas dan tidak buas. Pertama kali masuk maka akan ketemu hewan yang tidak buas, tapi tetap berbahaya yaitu bison.

Saat masuk ke kandang hewan sih sebisa mungkin untuk tidak membuka kaca mobil. Khususnya yang buas seperti kandang harimau, singa ataupun beruang.

Di kandang hewan buas sih biasanya ada petugas seperti keepernya gitu. Oiya jangan buat gerakan yang mengagetkan, khawatir mobil kamu yang mulus itu jadi sasaran cakaran hewan buasnya.

Lanjut ke kandang hewan yang enggak buas seperti rusa, zebra, kambing gunung, dan lain-lain.

Nah di kandang hewan yang tidak buas inilah saatnya kamu mengeluarkan wortel yang kamu beli tadi. Tetap perhatikan keselamatan ya.

Kalau kamu lupa membeli wortel, ada satu spot di dalam taman safari yang menjualnya. Kamu bisa beli di situ dan langsung deh rasakan sensasi memberikan makan kepada hewan secara langsung.

Untuk hewan besar seperti gajah atau jerapah, ada biaya jika kamu ingin memberikan makan secara langsung, murah kok. Langsung gas aja.

Oiya jangan berhenti lama-lama, ya. Gantian dengan mobil pengunjung lain, supaya bisa sama-sama menikmati taman safari ini.

Wahana di Taman Safari

Setelah muter-muter di dalam kandang satwa, kamu bisa parkirkn mobil kamu dan nikmati wahana yang sudah disediakan.

Dengan tiket di awal tadi kamu udah bisa nikmati semua wahana yang ada. Waktu itu saya hanya sempat menikmati wahana perahu donat, lalu boom car dan pertunjukan lumba-lumba. Padahal masih ada banyak wahana lainnya. Mungkin nanti saya coba lagi ke sana.

Ada tempat makan juga, makanannya enak dan sudah terter kok harganya, jadi enggak perlu khawatir lagi deh.

Kamu bisa juga sih bawa makanan sendiri terus gelar tiker dimana gitu, terus makan bersama deh. Eh tapi enggak tau bisa apa enggak, soalnya mungkin kalau pas ramai, kamu bakal sulit menemukan tempat yang kosong.

Nah demikian pengalaman saya berkunjung ke taman safari prigen. Yuk!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *