Ternyata di Tuban Ada Pasar Pagi yang Seru!

Car Free Day Tuban
Car Free Day Tuban

Kamu penggemar olahraga pagi, atau kamu penggemar kuliner sarapan atau kamu penggemar belanja di pasar pada pagi hari? Kamu bisa menemukan ketiganya di Tuban. Ketika hari Minggu sepanjang jalan Sunan Kalijogo ditutup dari kendaraan baik roda dua maupun empat atau lebih dan digunakan sebagai area Car Free Day. Walaupun berjudul Car Free Day, saya lebih sreg menyebutnya sebagai pasar pagi. Karena aktivitas pasar lebih terlihat ketimbang aktivitas yang car free day yang lazim digelar di kota-kota besar di Indonesia.

Saya waktu libur lebaran kemarin, sempat merasakan serunya pasar pagi. Pagi itu berangkat bersama anak dan istri. Sebenernya yang pengen saya sih. Sebagai orang Tuban perantauan, belum pernah saya merasakan suasana pasar pagi di Tuban. Kalau pasar tradisional sih sering, maksudnya pasar pagi yang tempatnya menggunakan jalanan yang ditutup gitu. Saya berangkat dari rumah jam 05.30 WIB. Di Tuban jam segitu matahari sudah terbit, jadi sudah terang banget. Berbeda dengan Jakarta yang jam segitu masih gelap, masih manja dan masih sulit untuk meninggalkan kasur.

Bacaan Lainnya

Sampai di arena “Car Free Day” yang lebih mirip pasar ini, saya mencari parkir. Tenang sih, di Tuban tukang parkirnya ramah-ramah dan mau banget bantuin kamu yang kesusahan buat parkir. Maksudnya bantuin ngangkatin bodi motor supaya rapih parkirnya gitu. Setelah memastikan motor aman, saya langsung menuju ke area pasar paginya.

Oiya letak pasar pagi ini tepat di depan sekolahan saya dulu, yaitu SMP Negeri 3 Tuban. Duh jadi kangen masa perjuangan, pagi-pagi buat naik sepeda kemudian nyambung naik kol dan turun di Patung.

Saya langsung menuju ke penjual jajanan favorit saat saya sekolah SMP dulu. Apa itu? Yap Dadar gulung. Makanan ini dulu tergolong mewah, hawong mahal banget dijamannya, maksudnya dibandingkan sama uang saku saya. Saya pesen 5 gulung, hehehe bales dendam. Udah tahu dadar gulung kan? Itu yang telur didadar terus digulung dengan bambu, kalau masih belum tahu, kamu harus datang ke pasar pagi Tuban dan coba sendiri.

Saya bergeser lagi ke timur, saya ketemu sama bakul batagor. Tahu kepanjangan batagor? Hehehe. Batagor itu Bakso Tahu Goreng. Saya yakin orang Tuban jarang yang tahu soal Batagor ini. Saya pesen seporsi. Makan batagor itu paling enak dibungkus plastik terus di gigit ujung plastiknya dan nikmati. Eh jangan makan aja, di Pasar Pagi ini kan ada di jalan Sunan Kalijogo yang ada GOR-nya juga. Coba kamu olahraga juga jangan niru saya yang dari dateng masih makan aja.

Baca juga : Sarapan Enak di Tuban, Warung Makan Mbak Kis

Di pasar pagi ini ada juga becak baca yang digelar oleh komunitas Gerakan Menulis Tuban. Kamu bisa baca buku sambil nikmati pagi yang cerah di Kabupaten Tuban. Atau boleh juga baca sambil makan-makan jajan yang bisa kamu beli, kaya saya tadi. Di sini juga ada permainan anak, paling banyak sih odong-odong. Salah satu temen SMP saya ada yang jadi pengusaha odong-odong di pasar pagi ini. Sukses terus ya bro!

Ada juga temen SMP saya yang jualan cake-cake’an di pasar pagi Tuban, beli ya. Terus ada juga yang jualan Nasi Kebuli, jangan lupa dibeli juga ya. Hehehe. Nah setelah saya dapet batagor tadi, kok saya masih laper. Saya nyari pecel khas Tuban. Pecel khas Tuban itu ya sama sih sama pecel dari kota lain di Jawa Timur, bedanya biasanya lebih pedas.

Gimana? Udah capek keliling di pasar pagi? Kalau belum puas kamu lari keliling GOR aja atau kalau nggak, kamu bisa coba sepatu roda. Kalau nggak bisa main sepatu roda kaya saya, jangan nekat, nanti malu kalau jatoh. Udah segitu aja, kalau kamu ke Tuban dan pas hari Minggu jangan lupa mampir di Pasar Pagi Tuban, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 Komentar