Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022, Ini Temanya

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022, Tema dan Informasi Penting Lainnya

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 akan diperingati pada tanggal 1 Juni 2022. Pada tahun ini peringatan akan dipusatkan di Ende Nusa Tenggara Barat.

Tepatnya upacara akan digelar secara terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja, Kecematan Ende Utara, Kabuten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Bacaan Lainnya

Upacara akan berlangsung secara hybrid yaitu luring dan daring. Menurut Surat Edaran Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022, seluruh pihak dilarang mengadakan kegiatan yang mengakibatkan kerumunan. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Masih dalam surat edaran yang sama, tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 adalah Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia.

Tema yang sangat relevan dengan kondisi bangsa dan tanah air saat ini. Bangkit dari keterpurukan akibat Covid-19 yang saat ini sudah jauh membaik kondisinya. Serta peran Indonesia dalam berbagai konflik di dunia.

Selanjutnya Upacara di Lapangan Pancasila Ende akan berlangsung mulai pukul 08.00 WITA. Serta akan disiarkan langsung melalui kanal Youtube BPIP, Laman Facebook BPIP, Instagram BPIP dan siaran TV Nasional.

Kemudian BPIP juga mengimbau lembaga negara, kementerian/lembaga, Tentara Nasional Indonesia, Bank Indonesia, kejaksaan, kepolisian, perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, pemerintahan daerah, badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah, kampus, sekolah negeri dan swasta serta masyarakat di seluruh wilayah Indonesia untuk mengikuti jalannya Upacara Peringatan Harlah Pancasila 2022 melalui kanal-kanal daring di atas.

Selain itu, BPIP juga mengeluarkan himbauan agar lembaga di atas dan masyarakat umum mengibarkan bendera merah putih sehari penuh pada tanggal 1 Juni 2022.

Untuk kamu yang ingin mengikuti upacara peringatan hari lahir pancasila pada tanggal 1 Juni 2022 nanti, ada syarat-syarat yang harus kamu perhatikan diantaranya sebagai berikut :

  1. Bergabung dalam link video conference (zoom meeting) yang telah ditentukan paling lambat 15 (lima belas) menit sebelum Upacara dilaksanakan.
  2. Mengenakan pakaian sesuai Surat Edaran ini;
  3. Menyalakan video selama kegiatan berlangsung.
  4. Mematikan microphone selama selama Upacara sedang berlangsung.
  5. Memastikan pencahayaan, posisi duduk, serta rasio wajah dengan layar komputer atau laptop proporsional selama mengikuti Upacara.
  6. Tidak melakukan aktivitas lainnya ataupun meninggalkan layar komputer/laptop yang dapat menganggu khidmatnya Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022.

Oiya untuk kamu yang ingin mengikuti kegiatan di atas, kamu juga dihimbau untuk memakai pakaian adat.

Sejarah Peringatan Hari Lahir Pancasila

Peringatan Hari Lahir Pancasila berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016. Pada Keputusan presiden tersebut memuat pertimbangan-pertimbangan yang berisi sejarah hari lahir Pancasila.

Pada tahun 1945 terbentuklah Badan Penyelidik Usaha-usaha Kemerdekaan Indonesia atau yanh disingkat BPUPKI. Badan ini memiliki pemimpim yang bernama KRT Radjiman Wedyodiningrat.

Selanjutnya BPUPKI menyelenggarakan sidang pertama pada tanggal 29 Mei 1945 sampai dengan 1 Juni 1945. Sidang tersebut membahas tentang dasar-dasar negara Indonesia Merdeka.

Pada tanggal 1 Juni 1945 dalam rangkaian sidang tersebut, Ir. Soekarno memperkenalkan untuk pertama kalinya Pancasila. Setelah diperkenalkan pertama di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Kemerdekaan, Pancasila mengalami perkembangan-perkembangan hingga menghasilkan Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 oleh Panitia Sembilan.

Sehingga, pada akhirnya tanggal 18 Agustus 1945 disepakatilah rumusan final Pancasila oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau PPKI.

Dari awalnya Pancasila diperkenalkan pada tanggal 1 Juni 1945 hingga disepakati rumusan finalnya pada tanggal 18 Agustus 1945 adalah satu kesatuan proses kelahiran Pancasila sebagau Dasar Negara. Karena tanggal 18 Agustus 1945 sudah ditetapkan sebagai hari konstitusi, maka untuk melengkapi sejarah ketatanegaraan Indonesia, Hari Lahir Pancasila ditetapkan pada tanggal 1 Juni 1945.

Masih berdasarkan Keputusan Presiden yang sama. Hari Lahir Pancasila ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional.

Untuk kamu yang ingin mengunduh Pedoman, Tema dan Logo Hari Pancasila Tahun 2022 bisa klik di sini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.