Pelas Tuban, Kuliner Khas yang Bikin Kamu Pengen Balik ke Kota ini

Kuliner Khas Tuban : Pelas

Pelas Tuban adalah kuliner khas Kabupaten Tuban yang berbahan baku jagung muda. Di daerah lain mungkin ada makanan serupa dengan bahan baku serupa, namanya bisa dadar jagung, bakwan dan lain-lain, namun saya pastikan resep, tekstur dan proses pembuatannya pasti berbeda dengan Pelas ini.

Di Tuban banyak penjual pelas yang paling terkenal tentu Pelas Palang. Tapi walaupun pelas palang yang terkenal, toh pelas yang berasal dari daerah Tuban lainnya pun nggak kalah enak.

Bacaan Lainnya

Bahan baku Kuliner ini

Pelas ini berbahan baku jagung muda yang banyak tumbuh di Tuban. Tapi syaratnya ya harus jagung dari Tuban. Kalau nggak jagung dari Tuban nanti rasanya beda. Coba aja deh. Pasti enak yang dari Tuban, hehe.

Oiya ini bukan jenis jagung manis, ya. Kalau pakai jagung manis nanti rasanya nggak khas Tuban rasanya. Jangan lupa pakai cabai, ciri khas Pelas Tuban adalah berasa lebih tajam : Pedes dan gurih. Jadi harus banyak cabenya. Apalagi pelas palang yang terkenal itu, rasanya pedes!

Nama Pelas di Daerah Lain

Pelas sebenarnya punya kembaran. Di daerah lainnya kita mengenal dadar jagung, bakwan jagung dan lain-lain. Tapi tenang rasanya beda kok. Bedanya gimana? Bedanya ya rasanya enakan pelas.

Di Tuhan entah apa filosofi di balik nama pelas ini. Kalau di daerah lain ada nama jagungnya yang menunjukkan bahwa makanan ini berbahan baku jagung. Kalau pelas entah menunjukkan apa. Kalau ada yang tahu bisa kasih tahu di kolom komentar, ya.

Resep Membuat Pelas Tuban

Kalau saya salah memberikan info soal resep membuat pelas khas ini mohon dibenarkan di kolom komentar, ya. Maklum saya ndak pengalaman di bidang perpelasan. Saya tahunya rasanya enak aja. Hehe.

Pertama siapkan jagung muda yang dari Tuban. Bukan jagung manis lho ya. Jagung biasa itu tapi yang muda. Lalu diiris kecil-kecil. Orang Tuban menyebutnya disisir. Setelah disisir, di taruh di layah untuk kemudian diulek bersama bumbu-bumbu yang sudah disiapkan.

Tempat mendapatkan Pelas Tuban

Jika ingin mendapatkan kuliner khas Tuban yang enak ini, kamu bisa datang ke Tuban dan kelilinglah ke pelosok-pelosok desa di Tuban, maka kamu akan menemukannya. Untuk saat ini tempat yang paling pas mencari pelas adalah ke kecamatan Palang.

Pelas palang memiliki rasa yang khas ya inilah rasa pelas yang Tuban banget. Kuliner ini dijual di pinggir-pinggir jalan sepanjang Kecamatan ini. Kamu bisa berhenti sejenak untuk mencicipinya.

Cara menikmati pelas

Cara menikmati pelas adalah dengan memakannya saat sedang panas dan dengan cabe rawit yang tentu dari Tuban juga. Untuk diketahui, cabe dari Tuban sangat terkenal. Jadi pelas sama cabe Tuban udah kaya “Botol ketemu tutup”, Pas!

Di Tuban terkenal dengan pantainya, kamu bisa menikmati kuliner khas Tuban ini sambil memandangi lautan yang luas dan ditemani semilir angin Tuban yang masih sangat segar. Apalagi ditemani kopi yang ditumbuk sendiri. Duh Dek! Lupa sama Utang.

Harga Murah Rasa Enake Jayah!

Kamu kulineran di Tuban enggak perlu takut kantong kamu bakal jebol. Makanan di Tuban masih murah-murah. Sebagai perbandingan, dengan uang lima ribu rupiah kamu udah bisa mendapatkan nasi pecel bungkus daun jati lengkap dengan lauk pauknya. Di Jakarta pecel pincuk di jual Rp 20.000,- satu porsi.

Itu nasi pecel nah, nah gimana dengan kuliner khas Tuban bernama pelas ini? Yo pasti lebih murah.

Nah demikian tulisan saya mengenai kuliner khas Tuban yang selalu menggoda iman. Pokoknya ke Tuban kalau ndak kulineran yang ndak marem. Untuk kamu yang enggak bisa mudik, semoga tulisan ini bisa menjadi obat kangen kamu sama Tuban dengan berbagai macam kekhasannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *