Membuat Bit.ly Google Drive, Permudah Sharing Materi

Cara Membuat Link Google Drive Menjadi Bit.ly

Membuat Bit.ly Google Drive menjadi untuk memperpendek URL Materi Seminar, rapat atau lainnya sangat mudah caranya. Dalam masa saat ini banyak sekali seminar, rapat atau kegiatan lainnya dilaksanakan secara online atau daring. Cara membuat link bit.ly sangat mudah dan cepat. Mayoritas peserta menginginkan kemudahan dalam segala hal termasuk mengakses materi ataupun mengisi daftar hadir secara daring.

Saya sering mendapatkan order pekerjaan untuk membuat bit.ly. Panitia rapat di kantor ingin menyimpan materi rapat di google drive lalu mereka mengumumkannya ke peserta. Namun jika menggunakan link google drive akan terlalu panjang. Menggunakan link shorter bawaan google juga tidak bisa customize url.

Bacaan Lainnya

Sekilas Tentang Bit.ly

Layanan ini merupakan layanan untuk memperpendek tautan. Selain memperpendek url, juga bisa untuk mempercantik url. Contoh link drive yang panjang dan susah untuk terbaca karena menggunakan karakter acak yang tidak membentuk suatu kata, maka layanan ini dapat mempercantik misalnya menjadi bit.ly/MateriRapat.

Perusahaan penyedia link shorter ini memiliki misi Our mission is to turn every link into a catalyst for connections. Kurang lebih artinya mengubah setiap tautan menjadi katalis untuk koneksi. Mungkin maksud dari misi tersebut adalah mereka siap mengubah tautan untuk mempercepat koneksi, mempercepatnya dalam arti cepat untuk mengingat dan mengetik di address bar browser.

Cara Membuat Bit.ly Google Drive

Waktu yang dibutuhkan: 10 menit.

Membuat Bit.ly Google Drive tidak susah dan hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat. Aplikasi ini akan memperpendek sekaligus mempercantik URL yang akan kamu share ke peserta seminar atau rapat.

  1. Sign Up di Website Bit.ly

    Kamu buka website bit.ly melalui browser kamu, lalu Sign Up dengan klik menu Sign Up Free di menu pojok kiri atas. Selanjutnya pilih Free dan klik Get Started. Selanjutnya tinggal isikan email dan password yang akan kamu gunakan untuk masuk ke bit.ly.

  2. Login

    Jika kamu telah memiliki akun sebelumnya, kamu bisa mengabaikan langkah pertama. Langsung saja login sesuai data yang kamu isikan pada saat registrasi.

  3. Mulai Membuat Link

    Setelah itu, kamu langsung klik menu create. Lalu akan muncul formulir untuk memasukkan URL versi panjang google drive milik kamu. Lalu klik Create. Untuk cara mendapatkan URL google Drive nanti saya bahas di bawah.

  4. Mengubah URL Menjadi Cantik

    Kemudian, kamu menuju menu result yang ada di pojok kiri bawah, lalu klik URL yang barusan kamu buat. Selanjutnya akan muncul menu lagi untuk mengubah detail urlnya. Klik saja, lalu ubah URLnya menjadi URL yang cantik.

  5. Share URL Cantik Kamu

    Setelah kamu mengubah URL menjadi cantik, kamu bisa copy lalu umumkan ke peserta rapat atau seminar melalui proyektor.

Upload Materi ke Google Drive

Seperti yang saya singgung di atas, sebelum kamu membuat Bit.ly untuk Google Drive kamu, maka kamu harus mengupload dokumen materi kamu ke google drive terlebih dahulu. Lalu berikut adalah caranya.

  1. Buka laman drive.google.com dan login.
  2. Buat Folder dengan nama yang memudahkan kamu untuk mengingatnya.
  3. Lalu upload file materi kamu.
  4. Selanjutnya klik kanan pada folder yang sudah kamu buat tadi.
  5. Klik Bagikan.
  6. Lalu pilih Dapatkan Link dan klik Ubah ke Siapa Saja yang Memiliki Link
  7. Terakhir tinggal kamu salin link tersebut dan paste ke Bit.ly sesuai petunjuk diatas.

Nah demikian adalah cara untuk membuat bit.ly untuk sharing materi google drive kamu. Saat ini semua serba online, jadi kamu harus tahu tentang hal-hal kecil bermanfaat besar seperti ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.