Ketahui Beragam Manfaat Ikan Tuna yang Baik bagi Tubuh

Ikan Tuna

Hal yang mungkin seringkali kita sadari akhir-akhir ini adalah pencarian tentang resep ikan tuna banyak dicari oleh masyarakat luas. Bukan hanya karena tuna merupakan sumber makanan sehat yang mudah diolah ke dalam berbagai macam olahan makanan, namun juga karena ikan tuna memiliki segudang manfaat yang akan membuat tubuh seseorang menjadi sehat dan kuat.

10 Manfaat Ikan Tuna untuk Tubuh

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh seseorang yang rutin mengkonsumsi tuna.

Bacaan Lainnya

Ikan Tuna Segar

Menyehatkan Jantung

Sebagian besar lemak yang ada pada tuna merupakan asam lemak omega-3. Yang mana komponen tersebut bisa digunakan untuk menurunkan kadar trigliserida dalam darah, memperlambat penumpukan plak kolesterol yang bisa menghambat aliran darah, serta mengurangi resiko terjadinya aritmia jantung.

Menjaga Kesehatan Reproduksi

Dengan mengkonsumsi sekitar 50 gram tuna, Kamu sudah memenuhi setidaknya 60% kebutuhan selenium di dalam tubuh. Selenium sendiri merupakan sejenis antioksidan yang akan membantu melindungi tubuh dari adanya kerusakan oksidatif akibat paparan radikal bebas. Selain itu, selenium juga memiliki fungsi yang penting bagi kesehatan reproduksi.

Menyehatkan Mata

Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan tuna mampu mencegah terjadinya penyakit mata seperti halnya degenerasi makula. Dengan mengkonsumsi tuna, Kamu juga dapat menurunkan resiko terjadinya kerusakan mata yang disebabkan oleh diabetes atau diabetic retinopathy.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bukan hanya baik untuk kesehatan jantung dan mata, asam lemak omega-3 dalam tuna juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi seseorang. Lalu, kalium yang ada pada tuna memiliki peran sebagai vasodilator, atau lebih sederhananya adalah melebarkan pembuluh darah. Sehingga tekanan darah di dalam tubuh pun bisa berkurang secara berkala.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C dan berbagai mineral yang terkandung didalam tuna dapat berperan sebagai antioksidan bagi tubuh. Dan lagi-lagi, selenium mengambil peran yang besar dalam melindungi tubuh.

Perlindungan ini terutama dari adanya paparan radikal bebas yang memiliki resiko tinggi untuk menimbulkan berbagai penyakit. Tak ayal jika mengkonsumsi tuna secara rutin akan meningkatkan daya tahan tubuh yang dimiliki oleh seseorang.

Cocok Sebagai Menu Diet

Sebagai makanan yang rendah lemak dan rendah kalori, tuna memiliki dua formula paten yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan. Ditambah lagi, kandungan asam lemak omega-3 pada tuna akan menstimulasi hormon leptin. Yang mana hormon tersebut berfungsi untuk mengontrol keinginan seseorang untuk makan. Tidak mengherankan jika kemudian tuna ditunjuk sebagai salah satu menu yang cocok untuk dikonsumsi saat diet.

Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Tuna juga memiliki banyak protein yang sangat penting bagi anak-anak untuk kebutuhan tumbuh kembangnya. Protein bisa dibilang sebagai pondasi utama yang diperlukan untuk proses pertumbuhan dan juga memiliki kemampuan untuk dalam penyembuhan luka dan penyakit secara lebih cepat untuk tubuh.

Mencegah Kanker

Manfaat tuna lainnya adalah mencegah kemunculan kanker. Kandungan antioksidan di dalam tuna dapat mengurangi resiko terjadinya berbagai jenis kanker. Terutama untuk kanker kolorektal.

Memperlancar Sirkulasi Darah

Ketika zat besi dan vitamin B kompleks digabungkan, maka perpaduannya akan memiliki peran yang sangat penting terhadap pembentukan sel darah merah. Nah, perpaduan dua komponen tadi ternyata dimiliki oleh tuna. Karenanya, tuna membuat pasokan sel darah merah yang ada di dalam tubuh akan terjaga. Pun demikian dengan sirkulasi menjadi lancar.

Menambah Energi

Vitamin B kompleks pada tuna mampu meningkatkan energi di dalam tubuh. Selain itu, kandungan ini digadang-gadang mampu melindungi kulit dari adanya potensi kerusakan serta meningkatkan efisiensi dari fungsi organ. Meskipun memiliki banyak manfaat yang bisa diserap tubuh, selalu perhatikan untuk mengkonsumsi ikan tuna dalam batas wajar. Sehingga manfaatnya pun bisa dioptimalkan. Semoga informasi ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk mulai mengkonsumsi tuna ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *