Ke Kebun Raya Bogor dengan KRL, Begini Caranya

Ke Kebun Raya Bogor dengan KRL

Ke Kebun Raya Bogor dengan KRL Commuterline menjadi salah satu cara menuju ke tempat wisata di kota Bogor ini dengan murah dan cepat.

Kebun Raya Bogor menjadi tempat wisata favorit ketika mengunjungi kota hujan. Ini tidak lepas dari letaknya yang sangat strategis. Berada di tengah kota dan dekat dengan istana Kepresidenan.

Bacaan Lainnya

Pengalaman saya di Kebun Raya Bogor bisa kamu klik di sini.

Untuk menuju ke Kebun Raya terbesar di Indonesia ini, kamu bisa menempuhnya dengan berbagai moda transportasi. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, Bus Umum, hinggal Kereta Rel Listrik atau KRL.

Namun, pada tulisan ini saya akan menguraikan pengalaman saya Ke Kebun Raya Bogor dengan KRL Commuterline untuk menuju ke Kebun Raya Bogor.

Cara Ke Kebun Raya Bogor dengan KRL

Cara Ke Kebun Raya Bogor dengan KRL Commuterline sebenarnya sangat mudah. Kamu hanya perlu mencari tahu stasiun asal dan stasiun tujuan. Nah jika ingin pergi ke Kebun Raya via KRL berikut caranya.

Saran saya install aplikasi KRL Access untuk mencari informasi lengkap tentang hal-hal terkait KRL seperti tarif, jadwal, peron dan stasiun.

Total Time: 2 jam

Menuju Stasiun

Ke Kebun Raya Bogor dengan KRL selanjutnya yaitu menuju stasiun, kamu bisa menggunakan banyak moda transportasi. Bisa pribadi, TransJakarta atau Jak Lingko.

Naik KRL

Setelah sampai di stasiun, kamu cek lagi KRL Commuterline yang mengarah ke stasiun Bogor di peron mana. Kamu bisa tanya petugas yang standby, atau kamu juga bisa melihatnya di aplikasi KRL Access seperti yang saya singgung di awal tulisan.

Turun di Stasiun Bogor

Setelah itu kamu bisa turun di stasiun Bogor. Stasiun ini merupakan pemberhentian terakhir, jadi kamu ya mau enggak mau harus turun.

Keluar Stasiun dan Naik Angkot

Kemudian, kamu cukup keluar dari stasiun Bogor. Lalu di sebelah kanan ada semacam terminal. Cari saja angkot yang menuju ke Kebun Raya Bogor. Angkotnya enggak perlu pindah. Hanya sekali naik angkot dari stasiun Bogor. Setelah itu sampai deh di Kebun Raya Bogor.

Tips dengan KRL Commuterline ke Kebun Raya

Saya akan memberikan beberapa tips Ke Kebun Raya Bogor dengan KRL. Pertama jika kamu dari Bekasi maka kamu bisa transit di Manggarai. Saya pernah menulis tentang tata cara naik KRL Commuterline dari Bekasi ke Bogor, kamu bisa klik di sini.

Kemudian jika kamu dari arah Tanah Abang, sekarang kamu bisa langsung ke Bogor tanpa transit. Jadi langsung saja naik KRL yang jurusan Bogor dari Tanah Abang.

Terakhir, jika kamu dari arah Jakarta kota, maka kamu bisa transit juga di Manggarai seperti dari Bekasi tadi. Tenang saja, jika kamu kebingungan kamu bisa bertanya dengan petugas.

Lalu saran saya, bekali diri dengan Kartu Uang Elektronik atau Kartu dari KRL bersaldo cukup. Kamu bisa mengecek tarifnya di akun-akun media sosial KRL Commuterline.

Selanjutnya jika kamu Ke Kebun Raya Bogor dengan KRL membawa anak-anak, pastikan anak-anak kamu nyaman selama perjalanan.

Tentang Kebun Raya Bogor

Pengelolaan kebun raya ini di bawah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang sekarang bergabung dalam naungan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Menurut Wikipedia, Kebun Raya Bogor mulanya menjadi bagian dari samida. Ia merupakan hutan buatan yang eksis sejak pemerintahan Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi antara tahun 1474 hingga 1513.

Hutan buatan tersebut memiliki fungsi sebagai tempat untuk menjaga kelestarian lingkungan sebagai tempat memelihara benih-benih kayu yang langka.

Hingga pada tahun abad ke 19, saat Thomas Stamford Raffles menjadi Gubernur Jenderal mendiami istana Bogor berminat untuk mengembangkan halaman Istana Bogor menjadi sebuah kebun yang cantik.

Dengan bantuan ahli botani, W. Kent, yang ikut membangun Kew Garden di London, Raffles menyulap halaman istana menjadi taman bergaya Inggris klasik. Zaman Gubernur Jenderal Rafles inilah awal mula Kebun Raya Bogor dalam bentuknya sekarang.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke tempat ini sangat terjangkau. Rinciannya adalah sebagai berikut :

Hari biasa (Senin-Jumat): Turis lokal: Rp 16.500 Turis asing: Rp 16.500 Sepeda: Rp 15.000 Mobil: Rp 50.000 Motor: Rp 5.000. Sedangkan pada akhir pekan dan hari libur nasional: Turis lokal: Rp 26.500 Turis asing: Rp 26.500 Sepeda: Rp 20.000 Mobil: Rp 50.000 Motor: Rp 5.000.

Jam buka Kebun Raya Bogor adalah Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB. Di akhir pekan, jam operasional Kebun Raya lebih lama, yakni mulai pukul 07.00-16.00 WIB.

Jika kamu ingin membaca tentang pengalaman saya ke Kebun Raya Bogor, kamu bisa klik ke Kebun Raya Bogor, Tempat Wisata Keren di Jantung Kota Bogor.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.