Cari Tahu Tek Enak di Tuban? Yuk ke Mas Penjual ini!

Tahu Tek depan Perpusda

Tahu Tek panganan khas Jawa Timur ini memang ngangenin betul. Saya baru dua kali sih makan tahu tek, tapi udah dibikin ketagihan. Bagi kamu yang belum tahu Tahu Tek, ini adalah makanan tahu goreng ditambah kecambah kemudian diguyur sambal Kacang. Kalau mau lebih sedap bisa ditambah telor ceplok.

Di Tuban panganan ini dijual di kaki lima. Banyak penjual tahu tek keliling di sepanjang jalanan Tuban khususnya sih di kecamatan kota. Di kecamatan lain pun mungkin ada tapi tidak sebanyak di kota. Biasanya dijual dimalam hari. Enak lho dingin-dingin makan tahu tek yang bercitra rasa gurih dan kalau mau yang pedas, tinggal minta sama Mas penjualnya.

Malam-malam saya naik motor berdua sama istri, udah lama nggak berduaan sama istri. Saya keliling-keliling nyari makan malam yang joss. Jalanan Tuban sudah berubah, banyak cafe-cafe yang instagramable.

Jalan terus semakin lama kok semakin banyak cafe yang berjejeran. Jadi kepikiran mampir, tapi prejengan saya yang ndeso ini kok kelihatannya ndak pantes masuk cafe. Akhirnya nyari Tahu Tek ajalah. Makanan merakyat tapi tetap instagramable karena terlihat klasik dan eksotis, tsaaah…


Setelah agak lama berkeliling, saya menemukan penjual tahu tek. Penjualnya tersembunyi di balik gerobak eksotisnya sedang ngulek sambel kacang. Tidak jauh dari gerobak itu ada dua remaja sepertinya untuk mereka tahu tek yang sedang disiapkan masnya ini.

Saya mematikan motor dan langsung cekrek-cekrek foto dulu, untuk bahan nulis. Sedangkan istri saya menghampiri Mas Penjualnya pesan Tahu Tek dua bungkus. Kemudian tingkat kepedesannya pesan yang sedang saja tentu tambah telor dadae biar tambah maknyus.

Sabar ya, Bro. Pesan Tahu Tek agak lama soalnya musti ngulek dulu bumbunya kemudian digoreng dulu juga telornya. Sambil nunggu kamu bisa sambil cuci mata lihat-lihat sekitar. Atau bisa juga sambil WA pacar siapa tau lagi pengen Tahu Tek juga. Atau bisa juga untuk Camer supaya ndak nanyain Ninja melulu.

Oiya letak Mas Penjual ini ada di depan Perpustakaan Daerah. Itu lho yang ada di Jalan Sunan Kalijogo deketnya perempatan Latsari. Pokoknya pas di depan Perpusda itu Masnya mangkal. Saya kesitu sih habis Isyak, buka sampai jam berapa ndak tau juga. Lha ndak sempet tanya je.

Setelah beberapa lama, pesanan saya siap. Tahu tek dua bungkus dengan rasa pedas sedang saya cantelin ke motor dan pulang. Sampai rumah langsung dengan nggak sabar saya buka itu bungkusannya

Hmmm… Sedap. Baunya gurih-gurih gimana gitu. Ketika disendok dan dimakan, beneran rasanya gurih ndak cuma baunya tapi rasanya pun ikut-ikutan gurih. Ndak lama habis ludes itu hidangan Tahu Tek saya. Penutupnya tentu saja telor dadarnya. Sengaja saya sisihkan untuk menutup kenikmatannya.

Akhirnya tuntas sudah keinginan saya makan Tahu Tek, Alhamdulillah. Untuk Mas penjualnya semoga semakin laris manis.

20 thoughts on “Cari Tahu Tek Enak di Tuban? Yuk ke Mas Penjual ini!

  1. Tahu., tahu.., kacang.., kacang., wah kalau ini sih biasanya suaranya penjual asongan..,hehe

    Weh lehe dodol tahu tek iku wis mangkal tho? Nek wis duwe pangkalan iku enak kari njujuk nek arep tuku tahu tek’e.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *