Cara Lapor Mati Lampu ke Contact Center PLN, Mudah!

Cara Lapor Mati Lampu PLN 123

Cara lapor mati lampu ke Contact Center PLN 123 sangatlah mudah. PLN sudah banyak menyediakan saluran untuk lapor listrik mati. Mulai dari Contact Center, Social Media, Website hingga aplikasi.

Saat ini PLN juga telah meluncur New PLN Mobile, kamu juga bisa lapor listrik mati dengan PLN Mobile.

Bacaan Lainnya

Di jaman ini listrik menjadi kebutuhan pokok umat manusia di muka bumi. Jika sebelumnya kebutuhan pokok hanya diidentifikasi terdiri dari sandang, pangan dan papan, saat ini bertambah satu yakni penerangan walaupun sebenarnya listrik tidak hanya untuk penerangan sih. Hehe.

Lalu hal paling menyebalkan di abad ini adalah mati listrik atau mati lampu. Survey kecil-kecilan saya mengatakan, masih banyak orang yang belum memahami tentang tata cara lapor mati listrik atau lampu ini.

Pada tulisan berikut saya akan menjelaskan tata cara melaporkan listrik mati ke Contact Center PLN 123.

Cara Lapor Mati Lampu ke Contact Center PLN 123

Lapor Mati Lampu melalui sambungan Telepon 123

  1. Ambil Smartphone atau Telepon Kamu

    Persiapkan Smartphone atau Telepon kamu, pastikan pulsa kamu cukup karena telepon ke Contact Center PLN tidak gratis. Tarifnya ya seperti kamu telepon ke telepon rumah.

  2. Tekan Nomor 123

    Untuk Telepon rumah atau PSTN, kamu cukup tekan 123 saja. Jika kamu gunakan smartphone, harap menekan koder area sebelum menekan 123. Contoh jika mati lampu terjadi di Tuban kamu harus tekan 0356123. Lalu tekan dial.

  3. Tekan 2 Setelah Ada Greating dari Operator

    Setelah muncul suara menjawab telepon, segera tekan 2 untuk pengaduan. Lalu setelah itu tunggu hingga terhubung dengan customer service PLN.

  4. Sebutkan Nama, Alamat dan ID Pelanggan

    Ketika sudah berbicara dengan Customer Service PLN segera sebutkan nama, alamat dan ID Pelanggan kamu dan sampaikan keluhan mati lampu kamu.

  5. Customer Service Mengecek Status Kelistirikan

    Setelah keluhan kamu sampaikan, biasanya Customer Service akan mengecek status kelistrikan di daerah kamu, apakah sedang ada pemeliharaan atau tidak. Tunggu saja.

  6. Catat Nomor Register Keluhan Kamu

    Customer Service akan memberikan kamu nomor register keluhan. Nomor ini berguna untuk mengecek sejauh mana keluhan kamu ditangani.

  7. Keluhan Akan Ditangani

    Setelah selesai, maka petugas PLN akan segera menangani masalah kamu. Jika perlu komunikasi dengan kamu, maka petugas akan menghubungi kamu. Pastikan Handphone kamu aktif ya. Kalau tidak perlu, biasanya ya tau-tau lampu kamu menyala.

  8. Jangan Berikan Imbalan Berupa Apapun kepada Petugas

    Terakhir, jangan berikan imbalan atau tips berupa apapun atau dalam bentuk apapun. Mari bantu Indonesia untuk bersih dari praktik KKN.

  9. Selesai

    Mudah kan?

Tips Lapor PLN 123

Untuk memperlancar Laporan kamu, saya menyarankan untuk menyimpan ID Pelanggan kamu di tempat yang mudah dijangkau, kalau perlu ditulis besar-besar di tempat strategis yang mudah terlihat.

Selanjutnya kenali gangguan listrik atau lampu di dalam rumah kamu. Apakah hanya rumah kamu yang padam atau tetangga juga turut padam. Soalnya ini akan ditanyakan saat lapor ke Contact Center PLN 123. Kalau seluruh tetangga padam maka kategorinya adalah Tetangga Turut Padam. Jika rumah kamu sendiri yang mati lampu maka kategorinya Tetangga Tidak Turut Padam.

Selanjutnya kamu harus berikan alamat kamu sejelas mungkin, jika perlu berikan ancar-ancar yang pas sehingga mempercepat petugas PLN datang ke rumah kamu.

Simpan nomor register keluhan kamu, ini penting untuk menanyakan perkembangan keluhan kamu, apakah sudah ditangani atau apa yang perlu dilengkapi.

Hal-hal yang Sering Ditanyakan

Mati Lampu Lapor Kemana?

Kamu bisa lapor ke PLN dengan berbagai saluran, bisa dengan Contact Center seperti di atas, atau dengan Lapor via PLN Mobile, Lapor Mati Lampu via Webiste atau datang langsung ke Kantor PLN Terdekat.

Telepon PLN Apakah Gratis?

Tidak gratis, tarif berlaku sesuai dengan tarif PSTN.

Layanan Aduan PLN Apakah Perlu Biaya?

Jika diperlukan penggantian perangkat dan sebagainya pasti perlu biaya. Jika mati lampu karena kesalahan PLN maka tidak perlu ada biaya alias gratis.

Contact Center PLN Buka 24 Jam?

Ya, Contact Center PLN 123 buka 24 jam dan siap melayani keluhan pelanggan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *