Cara Melaporkan Mati Listrik PLN Mobile, Mudah!

Melaporkan Mati Listrik melalui PLN Mobile
PLN Mobile

Cara Melaporkan Mati Listrik dengan PLN Mobile sangat mudah. Tinggal klik dan kamu dengan mudah menyampaikan keluhan kepada PLN.

PLN Mobile adalah aplikasi berbasis Android dan IOS yang dikembangkan oleh PLN untuk melayani keluhan pelanggannya mengenai layanan kelistrikan. Aplikasi bisa kamu dapatkan secara gratis melalui PlayStore atau AppStore.

Bacaan Lainnya

Cara Melaporkan Mati Listrik dengan PLN Mobile

Mengadu mati listrik dengan mobile sangat mudah, murah karena cukup dengan modal paket data saja. Berbeda dengan misalnya telepon 123, membutuhkan biaya telepon.

  1. Install PLN Mobile melalui PlayStore atau AppStore
  2. Lakukan Registrasi Identitas Diri dan ID Pelanggan PLN
  3. Login dengan menggunakan password yang sudah diset saat mendaftar
  4. Klik Menu Pengaduan
  5. Klik Layanan Pengaduan
  6. Pilih ID Pelanggan yang akan diadukan
  7. Lalu isi jenis pengaduannya, apakah tetangga turut padam atau tidak
  8. Lokasi gangguan, silakan isi selengkap mungkin
  9. Lalu deskripsi isi dengan detail
  10. Jangan lupa Foto
  11. Lalu Kirim Pengaduan

Cara Memantau Laporan Mati Listrik PLN Mobile

Setelah melaporkan melalui Aplikasi PLN Mobile, maka selanjutnya adalah bagaimana cara memantau penanganan pengaduan yang kita kirimkan?

  1. Klik Menu Pengaduan
  2. Klik Detail Riwayat Pengaduan
  3. Lalu klik Kode Pengaduan yang sebelumnya kamu dapatkan
  4. Di situ nanti akan ada detailnya.
  5. Silakan cek sampai dimana Pengaduanmu di sana.

Pengertian Istilah dalam Pelaporan Mati Listrik

Dalam pelaporan listrik mati di PLN Mobile, ada beberapa istilah yang perlu kamu ketahui.

Pertama ID Pelanggan. ID Pelanggan adalah sebuah ID yang diberikan oleh PLN kepada pelanggan. ID Pelanggan berupa sederet angka unik. Nah selain ID Pelanggan ada nomor unik lainnya yaitu nomor meter. Dua-duanya bisa digunakan untuk mengadu listrik mati.

Kedua Jenis Gangguan. Di PLN Mobile ada beberapa jenis gangguan yang harus kamu informasikan. Saya akan jelaskan satu per satu.

Gangguan Tetangga Turut Padam maksudnya adalah yang mati listrik tidak hanya rumah kamu tetapi juga tetangga sekitar kamu. Selanjutnya Gangguan Tetangga Tidak Turut Padam, maksudnya adalah yang mati listrik hanya rumah kamu saja. Tetangga kamu tetap menyala.

Keluhan Pencatatan Meter maksudnya adalah adanya masalah pencatatan meter. Misalnya ada tagihan listrik yang melonjak tajam, kamu bisa cek meteran listrik kamu. Cocokan angka yang tertera di meteran kamu dengan angka meteran yang ada di struk tagihan kamu. Jika ada selisih yang mencurigakan kamu bisa adukan melalui PLN Mobile ini.

Keluhan Calo atau Suap sudah jelas lah ya maksudnya, yaitu jika kamu mendapati kejadian suap saat pengurusan layanan PLN atau mendapati ada aksi percaloan.

Selanjutnya Keluhan Pasang Baru/ Rubah Daya, maksudnya adalah keluhan terkait pasang baru dan ubah daya. Misalnya terdapat keterlambatan penyambungan dan lain-lain.

Terakhir, di PLN ada yang namanya Tingkat Mutu Pelayanan atau disingkat TMP. Hal tersebut diatur oleh Kementerian ESDM. Mungkin kamu ingat dengan kejadian Blackout di Jabodetabek beberapa waktu lalu. Seluruh pelanggan mendapatkan kompensasi dari TMP dari PLN.

Tips Cara Melaporkan Mati Listrik PLN Mobile

Ketika mati lampu, kamu harus segera melaporkan kejadian tersebut. Kenapa harus segera? Hal tersebut karena, pertama baterai HP masih menyala, kedua baterai BTS yang menyuplai sinyal internet HP kamu juga masih menyala.

Selalu pantau penanganan melalui Aplikasi, jika listrik masih padam namun pemantauan menyatakan sudah selesai, ya langsung saja lapor lagi.

Pastika Handphone kamu dalam keadaan aktif dan bisa dihubungi melalui telepon. Karena seringkali PLN menghubungi balik pelapor untuk memastikan laporan. Atau juga memastikan lokasi pelapor.

Terakhir jangan berikan hadiah berupa apapun kepada petugas. Hal tersebut untuk mendukung upaya PLN menjadi perusahaan yang bersih dan profesional. Cukup ucapkan Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *