Bukit Kapur Jaddih, Wisata Bekas Tambang di Madura

Bukit Kapur Jaddih di Madura

Ingin berwisata ke Madura? Kalau iya, Bukit Kapur Jaddih menjadi tempat wisata yang tak boleh ketingggalan untuk kamu kunjungi. Apalagi kalau kamu cari tempat wisata yang instagramable, Bukit Jaddih ini menjadi tempat yang recommended, spot foto yang menarik di setiap sudutnya, pemandangan yang eksotis, dan juga harga yang cukup murah.

Mungkin kamu sudah tahu beberapa tempat wisata yang eksotis di Madura, seperti halnya Gili Labak, Gili Genting, Gili Yang, Air Terjun Toroan, dan masih banyak lagi.

Bacaan Lainnya

Tetapi, Bukit Kapur Jaddih yang tak kalah menarik untuk kamu kunjungi. Wisata ini menyimpan beragam keindahan yang belum banyak orang tahu dan pastinya akan memanjakan mata kamu.

Penasaran dengan Bukit Jaddih? Yuk, simak informasi di bawah ini!

Lokasi Bukit Kapur Jaddih

Tempat wisata ini terletak di Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura, Jawa Timur.

Jika saya membandingkan dengan tempat wisata yang saya sebutkan sebelumnya, lokasi Bukit Kapur Jaddih ini lebih dekat. Karena Bangkalan merupakan gerbang utama dan kabupaten pertamakali yang kamu jumpai saat menginjakkan kaki di Madura.

Berjarak 10 km dari Pelabuhan Kamal, dan 8 Km dari pusat Kota Bangkalan. Jarak tempuhnya hanya sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Surabaya.

Nah, untuk mengetahui lokasi Bukit Kapur Jaddih secara akuratnya, kamu juga tidak perlu khawatir tersesat karena sudah tersedia di Google Map.

Tempat Wisata Bekas Pertambangan

Salah satu fakta menarik tentang bukit kapur jaddih ini adalah tempat wisata yang mengambil lokasi dari bekas pertambangan. Ya, tempat wisata ini dibangun di tempat yang dulunya area pertambangan kapur.

Karena itu, kalau kamu datang ke tempat ini, pertama kali yang akan terlihat adalah struktur batuan kapur yang berkubang.

Bahkan sampai saat ini pun, masih ada aktivitas penambangan di sekitar lokasi wisata. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, tempat ini sudah terjamin keamanannya untuk kamu kunjungi bersama orang-orang tersayang.

Akses Masuk Bukit Kapur Jaddih   

Kalau ingin pergi ke Bukit Kapur Jaddih, kamu tidak perlu cemas untuk mencari jalan yang mudah dilewati, lokasinya sangat mudah diakses oleh kendaraan bermotor.

Ada dua jalur untuk sampai di Madura. Pertama, kamu bisa melalui kapal yang berangkat dari Pelabuhan Perak yang kemudian akan berlabuh di Pelabuhan Kamal.

Harga tiket kapalnya Rp. 5000 per-orang, Rp 7.000 untuk roda dua, dan Rp40.000 untuk roda empat.

Kedua, kamu juga bisa melewati Jembatan Suramadu. Jika memilih untuk lewat Suramadu, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya karena tidak ditarif biaya alias gratis.

Harga Tiket Masuk

Untuk berkunjung ke tempat wisata ini, kamu tidak perlu membutuhkan biaya yang banyak. Harga tiket masuknya hanya Rp 5000 saja per-orangnya. Sangat murah, bukan?

Meskipun termasuk dalam kategori wisata yang murah, tetapi nuansa pemandangan dan wisata ini sangat bagus untuk dikunjungi.

Eksotisnya Pemandangan Bukit Jaddih

Meskipun bekas pertambangan, Bukit Jaddih termasuk salah satu destinasi wisata yang memiliki daya tarik yang tinggi.

Bukan hanya masyarakat lokal saja, tetapi juga dari berbagai macam daerah berkunjung kesana untuk menikmati pemandangan bukit yang eksotis ini.

Apalagi saat sunrise, kamu akan disuguhkan pemandangan yang sangat asyik, kamu bisa menikmati indahnya cahaya yang memancar secara perlahan di balik Bukit Jaddih ini.

Di Bukit Jaddih juga ada ikon khusus yang seringkali dijadikan spot foto para instaragramer. Ikon ini adalah kolam bekas kubangan tambang yang terisi air.

Air berwarna biru cerah, dan juga bening akan sangat terlihat menarik untuk baground foto kamu. Perpaduan warna air biru cerah dengan warna putih bukit tentu menjadi sangat indah.

Tak jarang pula seseorang jauh-jauh dari suatu daerah berkunjung ke tempat ini untuk menikmati pemandangan yang eksotis ini.

Banyak juga diantaranya yang memanfaatkan view yang indah ini untuk mengabadikan momen penting dalam hidupnya, seperti halnya foto preewed, foto keluarga, ataupun juga dengan pacar.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Datang ke Bukit Jaddih

Sebelum datang ke Bukit Jaddih, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar lebih nyaman dan menikmati suasana di waktu yang terbaik.

Pertama, mengingat fakta jika Bukit Jaddih ini merupakan bekas hasil tambang, kondisi lingkungan sekitar memang tergolong gersang dan memiliki suhu yang panas.

Jadi, untuk mengantisipasi suhu panas ini, kamu bisa datang di waktu yang pagi atau sore, karena jika kamu datang kesini di siang hari tentu suhu sedang panas-panasnya.

Kedua, kamu bisa membawa topi, masker, kacamata, ataupun payung agar terhindar dari sengatan panas matahari.

Selain itu, di sekitar Bukit Jaddih ini juga ada banyak kendaraan besar berupa truk berlalu lalang yang membuat debu dan udara menjadi kotor. Utamakan kesehatan dan keselamatan kamu dengan menyediakan perlengkapan itu. Jadi, tertarik untuk berkunjung ke Bukit Kapur Jaddih?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *