Bayar Pajak Online Jatim, Begini Caranya

Bayar Pajak Online Jatim

Bayar Pajak Online Jatim memudahkan bayar pajak kendaraan. Cara bayarnya tidak seperti daerah lain yang masih mengandalkan fotokopi KTP, STNK ataupun BPKB.

Saya empat belasan tahun tinggal di Jabodetabek. Tepatnya di Kabupaten Bekasi.

Bacaan Lainnya

Saya sempat merasakan shock culture ketika bayar pajak di Kabupaten Bekasi. Masih pakai fotokopi berkas ini dan itu, serta masih pakai isi-isi formulir. Padahal di Tuban, Jawa Timur sudah lama sekali tidak menggunakan seperti itu.

Meski begitu, Jawa Barat tidak berarti berdiam diri, namun juga terus berinovasi. Di Jawa Barat sudah ada aplikasi Sambara. Dengan Sambara Bayar pajak online Jabar jadi lebih mudah.

Selanjutnya saya akan fokus membahas tentang membayar Pajak online Jatim. Secara umum caranya adalah dengan memasukkan atau menyebutkana nomor polisi (nopol) kendaraan kamu, dan selanjutnya akan muncul tagihan lalu bayar.

Secara lebih lengkap tentang cara bayar pajak online Jatim ada di bawah ini. Simak terus, ya.

Bayar Pajak Online Jatim

Bayar pajak online jatim merupakan fasilitas yang memudahkan bagi masyarakat yang membayar. Aktivitas membayar pajak yang awalnya menyita waktu, saat ini tidak perlu membutuhkan waktu yang lama lagi. Berikut selengkapnya.

Buka Aplikasi Marketplace atau Mobile Banking

Pertama kamu harus membuka aplikasi Marketplace atau Mobile Banking kamu. Saya sih pakai Mobile Banking Bank Jatim yang namanya J Connect. Buka aplikasinya lali buka menu pembayaran pajak kendaraan. Banyak kok yang melayani Bayar Pajak Online Jatim.

Datang ke Minimarket atau Kantor Pos Terdekat

Selain buka aplikasi marketplace atau Mobile Banking, untuk Bayar Pajak Online Jatim kamu bisa datang ke Indomaret atau Alfamart untuk membayar pajak online Jawa Timur. Mudah kan?

Isikan atau Sebutkan Nomor Polisi Kendaraan

Selanjutnya kamu tinggal masukkan nomor polisi kendaraan kamu. Kalau bayar pajak jatim di Indomaret, alfamart atau kantor pos kamu tinggal sebutkan saja Nomor Polisi Kendaraan kamu. Setelah itu muncul tagihan lalu bayar. Selanjutnya bukti lunas pajak kamu akan dikirim melalui SMS.

Cetak Bukti Lunas Bayar Pajak

Setelah kamu selesai membayar. Maka kamu akan mendapatkan sms. SMS tersebut berisi link menuju ke bukti bayar lunas. Cukup kamu print dengan kertas apapu bebas. Tidak perlu lagi ke kantor Samsat.

Pengesahan STNK Bayar Pajak Online Jatim

Untuk pengesahan STNK, kamu tetap harus pergi ke kantor Samsat. Tapi ini tidak wajib untuk pajak tahunan. Kamu sudah cukup dengan mencetak bukti lunas yang linknya dikirim melalui SMS tadi.

Namun jika kamu menginginkan pengesahan, kamu hanya perlu ke Samsat. Tidak perlu fotokopu ini dan itu. Cukup bawa STNK asli, KTP asli dan bukti bayar.

Setelah itu menuju ke meja informasi. Tanyakan tempat loketnya. Kemudian di loketnya tidak sampai lima menit sudah jadi itu pengesahan kamu. Sangat cepat. Provinsi mana yang sudaj secepat ini pelayanan pajaknya?

Kendala yang sering terjadi

Meskipun sangat mudah membayar pajak online Jatim, tetap saja ada kendala yang sering terjadi. Kendala yang sering saya alami adalah saya tidak mendapatkan SMS yang berisi tautan untuk mengunduh bukti lunas bayar pajak kendaraan.

Tapi, tenang hal tersebut ada solusinya. Kamu cukup ke samsat terdekat, tidak harus ke samsat asal kendaraan kamu terdaftar. Ya yang jelas samsat di wilayah provinsi Jawa Timur.

Kamu hanya perlu membawa STNK asli, KTP asli dan bukti bayar kamu melalui channel online yang gunakan tadi. Misalnya jika kamu membayar melalui tokopedia kan pasti ada itu history transaksinya.

Langsung saja ke meja informasi, kamu tanyakan ke loket atau meja mana yang harus kamu tuju untuk mencetak bukti lunas bayar tersebut.

Selanjutnya ya tinggal ikuti petunjuknya saja. Untuk cetak bukti lunas bayar di Samsat kamu tidak perlu menyiapkan fotokopi dokumen apapun dan tidak perlu pula mengisi formulir.

Pelayanannya memang secepat itu dan semudah itu. Anti ribet. Orang mau bayar ya memang selayaknua dipermudah.

Cara Lain Bayar Pajak Online di Jatim

Bayar Pajak online memang mudah, namun tidak semua orang punya fasilitas dan kemampuan untuk mengaksesnya. Selain online melalui aplikasi, Mobile Banking, atau channel pembayaran online lainnya, Samsat Jawa Timur juga menyediakan layanan pembayaran di samsat.

Tenang saja, pembayaran di kantor bersama samsat di Jawa Timur juga sangat mudah. Di beberapa tempat menyediakan Walk Through atau Drive through.

Syaratnya pun mudah cukup hanya membawa STNK asli dan KTP asli. Tanpa perlu membawa BPKB, isi formulit atau bahkan fotokopi berkas.

Waktu pembayarannya pun sangat cepat. Tunjukkan STNK dan KTP kamu, lalu akan diverifikasi petugas dan bayar.

Sebagai tambahan info, kamu bisa membayar pajak kendaraan kamu di luar kabupaten/ kota tempat kendaraan kamu terdaftar di Samsat terdekat kamu. Asal masih dalam wilayah Provinsi Jawa Timur.

Canggih kan?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *