Bayar Pajak Online Jabar, Begini Caranya, Mudah!

Bayar Pajak Online Jabar
Bayar Pajak Online Jabar

Bayar Pajak Online Jabar adalah cara baru untuk membayar pajak khususnya Pajak Kendaraan secara lebih mudah dan cepat.

Sebagai warga Kabupaten Bekasi yang berbatasan dengan Kota Bekasi saya sangat membutuhkan teknologi untuk mengurus segala administrasi perpajakan saya. Khususnya pajak kendaraan.

Tahu kan, Pajak kendaraan di Kabupaten Bekasi pusat layanannya ada di Cikarang, itu jauh sekali dari tempat tinggal saya. Ada sih kantor samsat dekat rumah tapi hari Sabtu tutup. Padahal saya hanya punya waktu saat bayar Pajak STNK hari Sabtu dan Minggu serta tanggal merah.

Untungnya sekarang sudah bisa bayar pajak online di Jabar via E-samsat dengan aplikasi Sambara. Gimana cara bayar pajak kendaraan secara online di Jabar?

Cara Bayar Pajak Online Jabar

Bayar Pajak enggak lagi ribet, cukup gunakan Smartphone kamu. Cukup klak-klik sana sini jadi deh. Gimana sih caranya? Simak, ya.

  1. Install Sambara dari Android kamu dari Playstore
  2. Setelah itu buka aplikasi Sambara
  3. Klik Info PKB
  4. Isikan nomor Polisi Kendaraan Kamu
  5. Masukkan Warna TNKB
  6. Jangan salah, ya. Warna TNKB ini warna Nomor Plat kamu. Kalau mobil kamu pribadi berarti hitam.
  7. Setelah itu klik Cari.
  8. Setelah itu muncul data kendaraan kamu.
  9. Lalu klik Daftar Online.
  10. Lalu muncul kode bayar.

Tempat Bayar Pajak Online

Setelah kamu mendapatkan kode bayar dari aplikasi Sambara tadi, kamu tinggal membayar melalui tenant-tenant yang bekerjasama dengan Pemprov Jabar.

Kalau saya sih biasanya ke Indomaret. Kamu tinggal sebutkan saja nomor kode bayar yang kamu dapatkan dari aplikasi tadi. Setelah itu akan disebutkan jumlah yang harus kamu bayar, lalu bayar deh. Simpan struknya baik-baik, ya.

Pengesahan STNK

Pembayaran Pajak STNK Kendaraan Online ini memang belum benar-benar online. Kamu tetep mesti datang ke kantor samsat terdekat di seluruh wilayah Jawa Barat, khusus untuk Kabupaten Bekasi, kamu hanya bisa melalukan pengesahan di Samsat yang ada di Kabupaten Bekasi.

Kamu juga tetap harus mempersiapkan syarat-syarat seperti bukti bayar pajak yang lama, STNK dan BPKB. Semua difotocopy sebanyak satu kali. Mudahnya sih kamu fotocopynya di sekitar kantor Samsat saja. Mereka sudah tahu persis bagaimana syarat-syarat yang dibutuhkan. Kamu tinggal bilang “Untuk pembayaran online”.

Setelah itu silakan menuju ke loket informasi untuk menanyakan formulir yang harus diisi dan alurnya. Setelah itu kamu tinggal mengisi formulir dan mengikuti alur yang telah diinformasikan oleh bagian Informasi tadi.

Setelah itu tinggal tunggu, pengalaman saya sih cuma butuh waktu lebih kurang 20 menit. Jauh lebih singkat dibandingkan kamu harus antri bayar di Samsat.

Permasalahan Cara Bayar Pajak Online Jabar

Permasalahan yang saya alami adalah muncul tulisan Duplikasi Data / Data Tidak Ditemukan pada aplikasi Sambara ketika melakukan Daftar Online. Saya dua kali menggunakan aplikasi ini selalu mendapatkan masalah yang sama. Saya tidak tahu sebabnya.

Lalu gimana cara ngatasi Duplikasi Data / Data Tidak Ditemukan di Aplikasi Sambara? Jawabannya adalah segera hubungi Bapenda Jabar melalui akun media sosialnya. Saya sih menghubungi via DM Twitter di akun @bapenda_jabar

Lampirkan Foto STNK yang menunjukkan dengan jelas nomor rangka/ mesin serta foto KTP kamu yang jelas NIK-nya. Tidak beberapa lama Bapenda akan merespon dan mempersilakan untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

Nah demikian cara bayar Pajak Kendaraan secara online di Provinsi Jawa Barat. Semoga bermanfaat. Jangan lupa taat pajak untuk pembangunan Bangsa dan Negara!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *