Wisata Pelang, Ini Rute, Harga Tiket dan Wahananya

Wisata Pelang Tuban

Wisata Pelang adalah wisata berbasis alam yang ada di Dusun Pelang, Desa Tahulu, Kecamatan Merakurak, Tuban.

Pada suatu siang yang cerah, saya ada undangan acara keluarga besar di Wisata Pelang. Saya semangat menghadiri, karena penasaran juga dengan wisata yang hits banget ini. Katanya nih, di sini pemandangan alamnya khas dan tentunya kulinernya juga khas.

Bacaan Lainnya

Yuk simak perjalanan saya ke Wisata Pelang ini, ya.

Sekilas tentang Wisata Pelang

Seperti yang sudah dijabarkan di atas. Wisata Pelang atau orang setempat sering menyingkatnya menjadi WP, adalah tempat wisata alam yang unik di Tuban. Wisata alam ini memiliki sajian utama yaitu hutan sagu, yang mana hutan dengan tanaman sagu seperti ini sangat langka di Tuban atau bahkan di Jawa Timur.

Saya kurang tau luasnya area wisata ini, namun saya pastikan sangat luas. Di sini terdapat sumber mata air yang sangat jernih. Sumber mata air ini tidak pernah kering sepanjang tahun.

Sumber ini muncul, kemungkinan karena tanaman sagu yang masih sangat lebat di area ini. Jadi untuk kamu mari lestarikan alam, maka alam akan memberi kamu berkah yang luar biasa. Contohnya ya air, yang merupakan kebutuhan pokok seluruh makhluk hidup di muka bumi.

Tempat ini dikelola oleh warga setempat. Jadi Wisata ini adalah pengejawantahan secara riil konsep ekonomi partisipatif oleh pemerintah desa setempat serta didukung oleh instansi lainnya yang terkait dengan kepariwisataan dan pembinaan masyarakat.

Rute ke WP

Rute ke Tempat wisata ini sangat mudah. Kalau kamu dari Tuban banyak jalan yang bisa kamu tempuh. Kamu bisa lewat dari patung ke barat lalu perempatan Mandirejo belok kiri. Ada plangnya kok. Namun ada kendala, karena ada jam-jam tertentu dilarang untuk belok ke selatan.

Tapi jangan khawatir, masih ada jalan lain. Kamu bisa lurus ke arah pasar Merakurak, lalu ambil kekiri saat ketemu Lapangan Merakurak.

Kamu bisa juga lewat melalui Jalan Al Falah, lalu tembus ke desa Kapu dan berakhir di Dusun Pelang, desa Tahulu. Jika kamu dari arah Montong atau Kerek, kamu bisa ke arah Tuwiri wetan lalu ke arah Desa Kapu lalu ke Dusun Pelang, desa Tahulu.

Intinya banyak banget rute yang bisa kamu pilih untuk menuju ke Wisata yang lagi hits ini. Mudahnya sih tinggal kamu set aja di Google maps.

Harga Tiket dan Parkir

Saat sampai gerbang, maka kamu tinggal bilang saja, jumlah penumpangnya berapa. Untuk dewasa Rp 3.000,00 sedangkan untuk anak-anak kamu cukup membayar Rp 2.000,00.

Untuk parkir tidak perlu membayar lagi. Oiya saya mau disclaimer, ini sesuai dengan pengalaman saya, ya. Kalau ada perubahan bisa kamu infokan di kolom komentar ya.

Wahana dan Fasilitas Wisata Pelang

Nah ini bagian yang paling saya suka. Ini yang akan memberi kamu info tentang apa saja sig isi dari tempat wisata ini. Di sini wahana utamanya adalah air.

Ya tidak mengherankan, soalnya ini memang tempat mata air bagi warga dusun pelang dan sekitarnya. Karena di titik sumber mata air, maka airnya pun sangat jernih, sangat sangat jernih. Kamu bisa lihat di foto di atas itu. Sangat menyegarkan mata bukan?

Di sini, juga terdapat banyak ikan, sepertinya jenis koi. Kamu bisa ngasih makan ikan lucu-lucu ini. Pakan ikan bisa kamu beli dengan harga Rp 5.000,00. Dengan harga segitu, kamu udah bisa dapatkan 5 bungkus klip besar.

Kamu bisa duduk di tempat yang disediakan, lalu sebar deh makanan. Maka ikan yang lucu-lucu tadi akan datang berebut makanan. Tetap hati-hati ya. Khususnya untuk anak-anak harus dijaga betul-betul.

Selanjutnya di tempat ini ada tempat berenang alami. Di wisata air, rasanya kurang afdol kalau belum merasakan berenang. Di sini kamu bisa berenang di kolam renang alami. Alami karena memang benar-benar di mata airnya.

Di area berenang sudah ada rambu-rambu yang menyatakan kedalaman tempat tersebut. Jadi perhatikan ya, jangan maksa kalau belum bisa berenang di tempat yang dalam.

Berenang di sini sangatlah segar. Ini karena airnya ya dari mata air yang terus mengalir. Di bawah pohon sagu yang cukup lebat pula. Duh Seger. Airnya jernih banget.

Jika kamu sudah puas berenang dan ingin bersantai, kamu bisa menyewa sepeda air berkeliling hutan sagu yang sangat asri. Sudahlah airnya jernih banget, hutannya masih sangat lebat lalu ada banyak ikan-ikan asli kali pelang. Pas untuk kamu yang butuh piknik. Benar-benar bisa menyegarkan pikiran kamu.

Harga penyewaan sepeda air saya lupa. Tapi yang jelas murah kok.

Kuliner Khas Wisata Pelang

Di sini agak berbeda dengan tempat wisata lain di Tuban. Di Wisata Pelang ada makanan khas yang saya jamin enak banget. Ada dua makanan, pertama bubur sagu yang kedua adalah gendos sagu. Baik, saya bahas yang bubur sagu dulu.

Bubur sagu adalah bubur dari batang pohon sagu yang sudah dibuat menjadi tepung. Tepung sagu ini direbus, lalu diberi gula untuk cita rasa manisnya, lalu ketika dihidangkan ditambah dengan santan yang gurih. Kebayang kan enaknya. Kalau kamu pernah makan papeda yang dari Papua itu, ya mirip-mirip lah teksturnya. Namun pasti beda rasanya.

Kedua adalah gendos sagu. Gendos itu mirip cireng, tapi enakan gendos, haha. Bedanya dengan cireng, gendos ada cita rasa kelapanya. Jadi rasa gurihnya ya dari kelapa tadi itu. Berbeda bukan dengan cireng yang rasa gurihnya kaya dari bumbu gitu.

Nah itu adalah kuliner yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke tempat wisata ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *