Warung Kongdhe, Nasi Madura

Warung Kongdhe Nasi Madura

Warung Kongdhe merupakan rekomendasi warung nasi madura di Surabaya. Warungnya ada di sebuah gang, tapi pengunjungnya banyak banget.

Beberapa waktu lalu setelah saya berkunjung ke kompleks sekretariat daerah Provinsi Jawa Timur, saya ditraktir nasi madura di Warung Kongdhe, Nasi Madura. Saya enggak pernah makan di sini, tapi dengar nama nasi madura, saya kok sudah yakin warung kongdhe ini pasti punya menu yang enak banget.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya saya juga sudah mencicipi kuliner khas madura lainnya. Kuliner tersebut bernama Bebek Sinjay Madura. Warung bebek asal Bangkalan yang terkenal enak sekali itu.

Ketika di Jakarta pun, andalan saya ketika makan siang adalah warung makan madura. Tempatnya di Tanah Abang, belakang kantor Indonesia power.

Warung Kongdhe, Nasi Madura

Warung Kongdhe, Nasi Madura ini terletak di jalan Bubutan Surabaya. Warungnya sederhana. Hanya seperti warung kaki lima. Tapi pengunjungnya luar biasa ramai.

Saya sampai di sana saat jam makan siang. Ya benar saja, saya harus menunggu ada tempat duduk kosong. Saya berdiri di samping pengunjung yang lagi menikmati nasi madura.

Saya sudah putus asa sebenarnya. Kalau seperti ini kapan saya bisa makan. Orang ramai banget begitu. Tapi ternyata orang-orang yang makan di sini memiliki kesadaran tinggi untuk segera meninggalkan tempat dan memberi kesempatan kami yang nunggu untuk menikmati nasi madura di warung kongdhe ini.

Saat momen menunggu kursi kosong tersebut, saya ditanya sama pelayan tentang menu yang saya inginkan. Saya tidak tahu, menu apa yang enak. Langsung saja seperti yang sudah-sudah, saya tanyakan menu yang favorit apa.

Pelayannya bilang bahwa yang favorit yaitu Sego Selulup. Saya agak mengernyitkan dahi ketika tahu nama menunya. Selulup setahu saya adalah bermain di sungai atau semacamnya.

Pelayannya menjelaskan selulup ini berisi lauk pauk lengkap khas nasi madura, seperti cumi, ikan, paru dan babat. Sambalnya juga lengkap pakai sambal pencit atau mangga khas madura juga, hingga serundeng yang tidak pernah absen pada sajian kuliner madura.

Yasudah, saya pesan nasi selulup. Lalu minumnya seperti biasa es teh. Surabaya saat itu sedang panas sekali. Jadi saya pikir makan pedas ditemani es teh akan sangat nikmat.

Pelayannya mencatat pesanan saya. Selesai mencatat, ternyata ada pelanggan yang sudah selesai makan. Saya dipersilakan oleh pelayan tadi untuk duduk.

Duduknya di bangku kecil seperti warung-warung tradisional umumnya. Ramai dan panas sekali udaranya. Tapi makin bikin saya penasaran ingin menikmati kuliner warung kongdhe, rekomendasi nasi madura di Surabaya ini.

Saya duduk di depan pelayan yang bertugas mempersiapkan nasi madura di warung Bukongdhe ini. Pelayan menyebutkan satu per satu nama pelanggan yang sudah siap nasi maduranya.

Review Rasa Warung Kongdhe, Nasi Madura

Sebelum nasi selulup pesanan saya jadi, terlebih dahulu pelayan warung memberi saya satu gelas es teh. Oiya sering saya sampaikan, kalau di Jawa Timur kamu hanya memesan Es Teh, maka yang datang otomatis Es Teh Manis.

Tidak perlu menunggu lama, nasi selulup dari warung kondhe sudah siap di meja saya. Saya tidak menyangka secepat ini tersajinya. Padahal pengunjungnya ramai sekali.

Saya langsung tertarik dengan sambat mangga atau orang jawa timur menyebut sambal pencit. Saya teringat dengan Bebek Sinjay yang beberapa waktu lalu saya nikmati.

Nasi Selulup Madura Kongdhe ini ada babat, cumi-cumi, paru-paru, udang dan ikan laut. Lalu sambalnya ada sambal mangga atau sambal pencit, lalu sambal tomat dan terakhir sambal serundeng. Nasinya masih panas.

Mulai dengan mencoba nasi dengan sambal pencitnya. Ketika masuk ke mulut langsung melotot mata saya. Karena pedas banget. Saya disclaimer dulu, saya memang bukan orang yang suka pedas. Jadi selera pedas saya tidak bisa menjadi tolok ukur.

Meskipun pedas, tetapi parutan mangganya segar. Bikin saya ketagihan. Saya lanjut dengan makan lauk pauknya. Ada babat yang enak banget. Lalu ada paru-paru.

Ada juga ikan. Entah ikan apa, enak banget. Biasanya saya tidak begitu suka ikan, tapi ini beda. Rasanya enak.

Lalu ada juga cumi-cumi. Tidak ada sayurnya. Ada udang gorengnya. Nasi madura ya seperti ini. Saya habiskan seluruh porsi nasi madura saya. Ada yang tersisa yaitu sambalnya. Ampun, saya sudah tidak kuat dengan pedasnya.

Tapi sambal serundeng dan sambal tomatnya habis tanpa bersisa.

Saya lanjut seruput es teh. Memang apapun makanannya paling nikmat minumnya ya es teh.

Harga Nasi Madura Kongdhe

Saya kemarin pesan nasi selulup, kalau saya tidak saya lihat harganya Rp 25.000 per porsinya. Tapi tenang saya tidak ikut bayar, orang saya ditraktir.

Menu lain sepertinya hampir sama harganya. Dengan harga segitu, kamu sudah bisa menikmati rekomendasi warung nasi madura bernama Warung Kongdhe.

Tertarik untuk menikmati rekomendasi nasi madura di Surabaya yang bernama Warung Kongdhe ini? Yuk, ke Jawa Timur!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *