Rujak Soto Bangkalan, Nikmatnya Harus Kamu Coba

Rujak Soto Bangkalan

Rujak Soto Bangkalan adalah makanan khas Madura yang enak banget. Kamu harus coba. Memiliki nama yang unik, rasanya pun tidak kalah unik dan tentu saja menggoda siapa untuk menikmatinya.

Bagi kamu yang pertama kali mendengar nama makanan ini mungkin terdengar aneh. Kenapa bisa gitu? Ya, namanya Rujak Soto. Bayangkan saja, rujak yang identik dengan buah-buahan dengan bumbu pedas bercampur dengan soto. Bagaimana rasanya? Penasaran? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Bacaan Lainnya

Terdengar aneh, tapi kuliner ini beneran ada dan cukup terkenal di wilayah Tapal Kuda.

Rujak Soto awal mulanya berasal dari Banyuwangi, dan kemudian tersebar di beberapa kabupaten wilayah timur Provinsi Jawa Timur.

Salah satu kabupaten yang menyediakan keunikan kuliner ini adalah Kabupaten Bangkalan. Selain terkenal dengan tempat wisata alam, wisata religi, dan juga sejarahnya, Kabupaten di Madura yang paling dekat dengan surabaya ini juga memiliki kuliner yang cukup khas, yakni Rujak Soto.

Rujak Soto Bangkalan sedikit berbeda dengan makanan sejenis asal Banyuwangi, hal ini karena menggunakan resep yang yang berbeda pula. Selain itu, Rujak Soto ini juga memiliki citra rasa yang khas sehingga tak jarang banyak orang luar Madura yang berkunjung hanya untuk menikmati kuliner unik ini.

Citra Rasa yang Khas Rujak Soto Bangkalan

Rujak Soto terbuat dari perpaduan antara Rujak dengan Soto. Seperti Rujak Soto pada umumnya, Rujak Soto Bangkalan juga memiliki rasa yang unik dan khas sesuai resep yang penjual gunakan.

Rasa yang timbul oleh perpaduan ini akan terasa unik. Ketika kamu mencicipi kuahnya, rasa pedas, asin, gurih, dan segar akan mulai menggoyangkan lidahmu. Rasa kuah soto yang bercampur dengan sambal rujak akan terasa nikmat. Kamu bisa merasakan sensasi rujak bercampur kuah soto dalam satu porsi.

Citra rasa ini tercipta karena pembuatan Rujak Soto terbuat dari sayur-sayuran seperti kangkung, rebusan tauge yang dihaluskan dengan campuran bahan sambal rujak kacang, gula merah, dan juga petis. Dengan taburan suwiran daging di atasnya akan menambah rasanya lebih lezat dan nikmat.

Menurut beberapa orang, citra rasa khas Rujak Soto Bangkalan ini terletak pada penggunaan petis pada makanan ini. Konon, petis Madura memiliki rasa yang berbeda dari petis yang berasal dari daerah lain.

Rujak Soto ini juga dilengkapi dengan lontong atau ketupat yang menjadikan perut kita kenyang. Selain itu, kamu juga bisa menggantikan lontong atau ketupat ini dengan nasi.

Bahkan, di beberapa penjual juga menyediakan menu spesial yang bernama “Naruto” atau singkatan dari “Nasi Rujak Soto”.

Sebagai pelengkap, kamu bisa meminta kepada penjual untuk mengatur level pedas sesuai selera.

Menu ini menjadi salah satu menu yang cukup favorit di Bangkalan. Bukan hanya masyarakat lokal saja yang menyukai jenis menu ini, tetapi juga masyarakat luar Bangkalan.

Di mana Kamu Dapat Menemukan Makanan yang Enak ini?

Kalau kamu mencari tempat penjual Rujak Soto Bangkalan, kamu bisa menemukannya di wilayah Kecamatan Kamal dan juga Kecamatan Bangkalan (pusat kota Bangkalan).

Di Kecamatan ini terdapat banyak sekali penjual Rujak Soto yang tersedia. Salah satunya adalah Rujak Soto Bu Sugik, yang lokasinya di Jln. Fc. Forsa, Desa Banyuajuh, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan.

Adapun Rujak Soto Buk Ho, yang terletak di Desa Mlajah, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan.

Kalau kamu ingin menikmati Rujak Soto Bangkalan dengan pemandangan pantai, kamu juga bisa mencarinya di wilayah Batu Poron, Kecamatan Kamal.

Di sana banyak sekali penjual Rujak Soto yang tempatnya teduh, adem, dan pastinya sangat nyaman untuk menikmati makanan ini.

Harga Rujak Soto Bangkalan

Harga yang ditawarkan untuk satu porsi Rujak Soto memang bervarisi, tergantung toping atau campuran apa yang digunakan.

Umumnya, harga Rujak Soto di Bangkalan mulai dari Rp. 10.000 sampai dengan Rp 15.000 per-porsinya.

Jadi, tertarik untuk wisata kuliner di Bangkalan? Yuk, cobain rasanya, dijamin lidahmu akan bergoyang-goyang, hehe…

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.