Pempek, Siomai dan Batagor Enak di Tuban? Yuk Kesini!

Siomai, Pempek, Batagor Tuban

Pempek, Siomai dan Batagor di Tuban, dimana ya yang enak? Jawabannya yuk ke Grabagan.

Grabagan adalah kecamatan termuda di Kabupaten Tuban. Tempat ini terletak di dataran tinggi, sehingga hawa yang terasa pun lebih dingin daripada yang di bawahnya.

Bacaan Lainnya

Saya saat ini sering melewati daerah ini untuk berangkat dan pulang bekerja. Di Grabagan banyak sekali penjual makanan di pinggir jalan. Enak-enak semua. Saya pernah coba baksonya pun uwenak.

Nah suatu hari saya lewat di depan kantor kecamatan Grabagan yang keren banget itu. Soalnya tinggi banget, kaya bangunan di gunung-gunung gitu. Di seberang kantor kecamatan tersebut ada penjual makanan yang pelanggannya lagi antri.

Setiap hari saya lewat dan lama-lama saya penasaran. Gimana sih rasanya.

Saya menepi dan memarkirkan sepeda motor saya. Lalu saya bilang ke penjualnya “Saya mau lima ribu, bungkus ya.” lalu penjualnya bertanya “Campur?” langsung saya iyakan saja.

Dengan cepat penjualnya memotong kecil-kecil pempeknya, lalu batagornya, dan dimasukjan ke plastik kecil. Selanjutnya membuka tempat siomainya. Ada sayur kol, ada siomainya, ada kentang dan ada pare. Saya sih enggak gitu suka pare. Jadi skip parenya.

Lalu diberi sambal, kecap, dan saus kacang. udah deh tinggal dibungkus.

Penjual ini biasanya sudah buka pada pukul 15.00 WIB sampai dengan habis. Tempat mangkalnya di depan kantor Kecamatan Grabagan, pas di depannya.

Harganya murah. Ya khas jajanan jalanan lah. Kamu bisa langsung bilang jumlah uang yang ingin kamu belanjakan. Kalau saya sih biasanya ya Rp 5.000,-.

Selanjutnya kita bicarakan tentang kuliner Pempek, Batagor dan Siomai.

Tentang Pempek

Pempek atau ada yang menyebut empek-empekadalah  makanan yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut yang dicampur tepung kanji atau tepung sagu, serta komposisi beberapa bahan lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa, dan garam.

Dikenal berasal dari Palembang. Walaupun begitu banyak kok jenis pempek yang berasal dari kota-kota yang ada di Sumatera. Diantara yang dikenal adalah Pempek lampung.

Meski memiliki komposisi yang mirip, namun memiliki rasa dan sensasi yang berbeda. Menurut informasi yang ada di internet, untuk Pempek Palembang menggunakan Ikan Belida sedangkan untuk Pempek Lampung menggunakan ikan Tenggiri sebagai bahan baku baku utamanya.

Lalu untuk pempek yang dijual di dekat kecamatan Grabagan ini entah menggunakan ikan apa, hehe. Tapi enak kok.

Nah selanjutnya dari cuko. Pempek Palembang menggunakan cuko yang lebih ringan sedangkan Pempek Lampung kuah cukonya dibuat dari gula aren asli yang dicampur dengan biang cuka serta campuran ikan yang disaring, sehingga menghasilkan rasa cuko yang lebih kuat.

Tentang Batagor

Di umur berapa kamu tahu kalau batagor merupakan singkatan Bakso Tahu Goreng?

Menurut beberapa informasi dari internet, makanan yang dikenal khas sunda ini terinspirasi dari kuliner Tionghoa-Indonesia. Batagor terbuat dari bakso ikan tenggiri yang dimasukkan ke dalam tahu atau kulit pangsit.

Batagor disajikan dengan disiram saus kacang yang lezat. Makanan ini dikenal sebagai kuliner jalanan. Meski begitu, banyak kok restoran mahal yang menyediakan menu ini dan harganya mahal juga. Rasanya? Enggak tau enggak pernah makan, hehe.

Tentang Siomai

Menurut wikipedia, siomai adalah salah satu jenis dim sum. Dalam bahasa mandarin makanan ini dinamakan shaomai, sementara dalam bahasa Kanton dinamakan siu maai.

Di Indonesia, makanan ini dikenal khas dari Jawa Barat. Siomai khas Jawa Barat memiliki pendamping seperti telur rebus, kentang rebus, sayur kol rebus dan pare rebus.

Disajikan saat panas siomai memiliki rasa yang luar biasa. Sama seperti Batagor, Siomai juga dikenal sebagai makanan jalanan atau street food.

Nah demikian informasi tentang Batagor, Siomai dan Pempek di Tuban yang harus kamu cobain.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *