Pemandian Cibulan di Kuningan, Ikan Dewa dan Sumur Tujuh Mata Air

Pemandian Cibulan di Kuningan

Wisata Pemandian Cibulan terletak di Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan, beberapa orang mengira, wisata ini terletak di Cirebon. Memang dekat jaraknya, namun tetap saja yang benar berada di Kuningan.

Suatu hari, saya ada undangan nikahan di Kuningan. Saya direkomendasikan untuk menginap di Cirebon saja, soalnya hotelnya lebih banyak dan tentu saja lebih murah. Saya sih nurut saja.

Muat Lebih

Rute Perjalanan ke Pemandian Cibulan

Saya sebenarnya nggak tahu rute yang paling dekat yang mana. Saya kebetulan waktu itu dari arah Bekasi. Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa menggunakan rute saya ini. Atau kalau punya rute yang lebih pendek bisa infokan ke kami melalui komentar di bawah ya.

Rute yang saya tempuh Bekasi, terus masuk Tol Jakarta Cikampek, Lanjut ke Tol Cipali dan turun di pintu Tol Ciperna. Lanjut ambil jalur ke arah Kabupaten Kuningan. Kalau tidak salah ingat lokasinya berada di sebelah kiri jalan jika kamu dari arah Cirebon.

Untuk yang ingin naik kereta kamu bisa ambil ke arah Cirebon. Lalu lanjut dengan Bus ke arah Kuningan. Sepanjang pengetahuan saya sih wisata pemandian Cibulan ini dekat dengan jalan utama. Tapi nggak tau persis ju sih. Nah untuk yang mau naik Bis, ambil aja jurusan Jakarta – Kuningan.

Harga Tiket dan Tempat Parkir

Harga tiketnya saya lupa persisnya. Tapi murah kok, nah untuk tempat parkir ini yang agak repot. Sebenarnya tempat parkirnya luas, cuma kalau pas musim liburan jadi harus lebih sabar, karena susah cari parkirnya. Tapi tenang di sana petugasnya banyak dan ramah-ramah kok. Saya waktu itu pun begitu.

Waktu masuk parkir sudah sekalian sama bayar parkir dan tiketnya. Tapi jangan lupa tiketnya jangan ditinggal di mobil, harus dibawa untuk ditunjukkan ke penjaga pintu tempat wisatanya.

Yang Unik dari Pemandian Cibulan

Pas sayang masuk, udara segar segera menyergap. Sejauh mata memandang, ya isinya anak-anak yang sedang bermain di kolam pemandian ini. Kolam Pemandian yang luas dan terdiri dari beberapa bagian. Lalu yang unik dari Kolam Pemandian ini adalah kehadiran banyak sekali ikan. Ikannya besar-besar dan berwarna kehitaman.

Saya tidak tahu itu ikan jenis apa, namun terlihat sangat jinak. Terlihat enjoy saja ketika anak-anak bermain dengan mereka. Nah ada juga dua ikan yang terus saja berdua. Mereka cuek saja dengan pengunjung. Mereka berduaan kadang terlihat seperti ciuman.

Di Kolam yang besar, ada Bapak-bapak yang jualan ikan kecil-kecil. Saya penasaran, ternyata ikan tersebut untuk memberi makan ikan yang besar-besar. Harganya kalau tidak salah Rp 10.000,- dapat 4 ikan beserta talinya.

Nah selanjutnya celupkan deh ikan-ikan kecil itu ke kolam, maka ikan-ikan dewa yang besar-besar itu akan berebut menyantapnya. Seru kan? Nggak cuma bisa diberi makan. Ikan Dewa yang berada di kolam ini juga bisa diangkat untuk diajak foto. Tenang ikannya jinak. Kalau nggak berani bisa minta bantuan sama orang yang jual ikan kecil-kecil tadi.

Wahana Lainnya

Selain wahana pemandian bersama ikan dewa, di Pemandian Cibulan ada wahana lainnya. Seperti sepeda air yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Sepeda air di kolam yang dinaungi pohon besar sehingga sangat adem. Selain Sepeda air ada juga memberi makan kelinci dan lain-lain.

Banyak sebenarnya. Ada juga sumur tujuh yang diyakini memiliki khasiat masing-masing. Saya sih waktu itu nggak ke sumur. Saya masih menikmati duduk-duduk di pinggir kolam yang jernih dan dipenuhi ikan dewa. Ada juga atraksi anak-anak yang berenang ke sana kemari meminta uang logam.

Saran

Saran ya standard aja. Cek keadaan mobil sebelum berangkat. Meskipun jalannya lebar tapi agak menanjak. Sudah selayaknya juag sebelum berpergian mengecek keadaan mobil. Lalu siapkan baju ganti karena mau main air. Terakhir tentu saja ikuti rambu-rambu dan aturan yang telah ditetapkan oleh pengelola.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 Komentar