Pecel 99 Madiun, Digemari Rakyat Hingga Pejabat

Nasi Pecel 99 Madiun, Rekomendasi Pecel Madiun

Pecel 99 Madiun merupakan depot makan yang menyediakan menu khas pecel Madiun. Depot ini menjadi kegemaran rakyat hingga pejabat. Selain itu juga para pesohor seperti artis dan orang terkenal lainnya.

Suatu hari saya ada kegiatan ke Madiun. Mumpung di Madiun, saya kok ingin rasanya mencicipi pecel khas Madiun. Lalu saya diberi Rekomendasi Pecel Madiun yaitu Pecel 99 Madiun.

Bacaan Lainnya

Sebenarnya pecel tidak saja ada di Madiun. Banyak daerah lainnya juga yang memiliki pecel khasnya masing-masing.

Seperti Tuban yang punya pecel daun jati. Pecel daun jati Tuban memiliki kekhasan karena komposisi bumbunya yang berbeda dengan pecel Madiun atau pecel lainnya.

Ada juga Pecel Blitar, Pecel Magetan dan lain-lain. Semuanya enak dan semuanya juga khas daerah masing-masing. Jadi yuk makan pecel.

Review Pecel 99 Madiun

Ketika saya mendapatkan rekomendasi Pecel Madiun di Depot Pecel 99 Madiun, saya langsung menghubungi teman saya. Saya meminta diantarkan ke rumah makan tersebut.

Lalu saya naik mobil. Saya yang nyetir, teman saya yang memberi petunjuk. Jalanan Madiun seperti jalan kota kecil lainnya di Jawa Timur. Tidak macet.

Tidak berapa lama saya sudah sampai. Tempat Pecel 99 Madiun ini tidak terlalu besar. Ada beberapa kursi dan meja untuk pelanggan. Memang tidak salah saya mendapatkan rekomendasi pecel madiun ini.

Awalnya, saya ingin memesan sambalnya saja. Soalnya memang berniat membeli oleh-oleh. Tapi, melihat orang-orang di Pecel 99 Madiun ini pada enak banget makan, saya jadi pengen coba.

Diskusi kecil dengan teman saya tadi. Selanjutnya kami putuskan untuk pesan makan.

Saya pesan yang original saja. Nasi pecel lauk tempe dan kerupuk gendar. Kerupuk gendar ini terbuat dari nasi lalu ditambahkan uyah bleng lalu diiris-iris, dijemur dan terakhur digoreng.

Nasi pecelnya ditaruh di atas pincuk daun pisang. Nasi, lalu sayuran dan diguyur sambal pecel khas madiun. Terlihat enak dan aromanya pun sangat menggugah selera.

Selanjutnya, saya mencari tempat duduk. Tidak lupa saya memesan minum. Apalagi kalau bukan es teh.

Berbeda dengan di Jakarta, untuk memesan teh manis di sini kamu cukup bilang pesan es teh, maka yang datang otomatis es teh manis. Jika kamu menghendaki yang lain, baru kamu beritahukan ke penjualnya, misalnya es teh tawar.

Setelah sampai di meja, saya bongkar pincuknya. Karena agak susah kalau pincuknya di taruh meja. Kaya enggak stabil gitu.

Kemudian saya rasakan sambalnya. Sambalnya gurih, ada manisnya. Lebih manis dibandingkan sambal pecel khas Tuban. Lalu warna sambalnya juga kecokelatan.

Hal ini berbeda dengan pecel di Tuban yang warna sambalnya lebih ke warna cokelat cenderung putih pucat. Mungkin kacang yang digunakan berbeda atau mungkin juga cara mengolahnya yang berbeda.

Saya lanjutkan menikmatinya. Kombinasi tempe serta gendar yang gurih menambah nikmat pecel madiun ini. Tidak butuh waktu lama saya sudah menghabiskan seporsi pecel 99 madiun ini.

Kegemaran Seluruh Lapisan Masyarakat

Menurut informasi teman saya itu. Pecel 99 ini menjadi favorit semua kalangan masyarakat. Dari rakyat biasa seperti saya hingga pesohor negeri.

Sebut saja nama Presiden Republik Indonesia ke-6 Bapak Soesilo Bambang Yudhoyono, lalu Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa, artis seperti Choki Sitohang dan lain-lain.

Tidak mengejutkan para pesohor tersebut menggandrungi Depot Nasi Pecel yang berada di Jalan Cokroaminoto Nomor 99 Kota Madiun ini, karena memang rasanya yang enak dan otentik pecel madiun.

Sambal Pecel untuk Oleh-oleh

Selain menyediakan menu nasi pecel yang dapat dinikmati di tempat, Depot Nasi Pecel 99 Madiun juga menyediakan sambal pecel yang sudah jadi untuk oleh-oleh.

Sambalnya tersedia dalam dua varian. Pertama pedas dan yang kedua tidak pedas. Saya beli sepuluh untuk orang-orang tercinta di rumah. Maklum kami sekeluarga ini memang suka menikmati kuliner alias suka makan-makan.

Sekilas tentang Pecel 99 Madiun

Warung nasi pecel ini dirintis pertama kali atau berdiri sejak 1987. Waktu yang sangat lam a. Nama perintisnya adalah Bapak Karyono dan Ibu Herti.

Walaupun sudah lama berdiri lama dan me seelewatu berbagai zaman, Depot Pecel 99 Madiun ini masij tetap menjaga rasa aslinya.

Oiya ternyata nama 99 sama dengan nomor warungnya yaitu di Jalan Cokroaminoto Nomor 99 Madiun. Saya enggak tahu apakah itu yang menjadi inspirasi beliau berdua menamai depot pecelnya.

Pecel Madiun bisa menjadi rekomendasi untuk kamu yang suka kulineran di Jawa Timur. Yuk ke Jawa Timur!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.