Memberi Makan Rusa di Tuban, Hiburan Murah dan Seru!

Memberi Makan Rusa di Tuban

Memberi makan rusa di Taman Kapur Tuban menjadi alternatif liburan murah bagi masyarakat kota Tuban. Memang di Tuban ada banyak sekali wisata yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke kota kecil tapi keren banget ini. Salah satunya ya wisata memberi makan rusa ini.

Kemudian setiap akhir pekan saya selalu mengunjungi tempat wisata atau kuliner di Tuban. Sejujurnya saya baru pindah ke Tuban awal tahun 2021 lalu, jadi masih banyak yang pengen saya kunjungi. Nah salah satu yang sering saya kunjungi adalah Taman Kapur. Kebetulan tempatnya dekat dengan tempat tinggal saya, jadi ya sering aja gitu ke sana.

Bacaan Lainnya

Tentang Taman Kapur

Pengembangan taman di kota-kota menjadi trend di dekade kedua tahun 2000. Lebih lanjut hal ini tidak lepas dari pengembangan taman-taman di kota besar untuk memenuhi regulasi tentang Ruang Terbuka Hijau atau RTH. Ada banyak sekali jenis taman yang dikembangkan. Ada yang fokus pada pengembangan masyarakat seperti RPTRA di Jakarta, atau taman-taman tematik di Bandung.

Begitu pula dengan Tuban, seolah tidak ingin ketinggalan dengan trend prositif tersebut. Banyak taman dibangun dan dipercantik. Saya sering mengunjungi taman Kapur dan taman sumur gemulung. Taman Kapur merupakan taman yang dibangun di atas lahan bekas pabrik kapur. Masih ada bekas-bekas pabrik kapur di sini. Seharusnya sih bisa menjadi pusat pengetahuan bagi warga untuk mengenal sejarah Tuban yang sangat erat hubungannya dengan Sumber Daya Alam berupa batu kapur.

Taman ini terletak di Jalan Gajah Mada. Jalan yang super sibuk, karena merupakan salah satu ruas jalan Pantura. Letaknya persis di perempatan. Nama perempatannya pun Perempatan Pabrik Kapur. Masih berbau kapur.

Taman Kapur memiliki lahan yang luas dan adem. Untuk memasuki tempat ini kamu tidak perlu membayar alias gratis. Kamu bisa gunakan sepeda motor ataupun mobil. Wahana utamanya adalah rusa. Kalau kamu mau memberi makan rusa di Tuban ya di sini ini tempatnya.

Memberi Makan Rusa di Tuban

Di Taman Kapur ini kegiatan yang bisa adalah memberi makan rusa. Rusa-rusa di sini jumlahnya banyak. Rusa-rusa ini merupakan milik Pemerintah Kabupaten Tuban. Dahulu, rusa-rusa ini bertempat tinggal di Pendopo Kabupaten Tuban. Namun karena di pendopo sudah penuh, akhirnya pemerintah memindahkan sebagian rusa-rusa ke taman ini.

Saya tidak tahu persis sejak kapan mulai banyak yang memberi makan rusa di sini. Saya menjadi tertarik untuk mengajak keluarga untuk bersantai di taman ini sambil memberi makan rusa. Sepertinya seru.

Di tempat ini pengunjung memberi makan kangkung ke Rusa. Tidak ada petunjuk sih, tentang jenis makanan ini. Tetapi saran saya ikuti saja yang sudah lazim. Kalau kamu bawa rumput, jangan-jangan rusanya enggak suka, atau malah sakit, kan kasihan.

Di taman kapur, ada penjual kangkung. Harganya murah, sekitar Rp 7.000 kamu udah bisa bawa seikat besar kangkung.

Selanjutnya, kamu tinggal mendekat ke pagar kandang rusanya. Kamu tinggal ulurkan kangkung, maka rusa-rusa akan menghampiri kamu dan memakan kangkung yang kamu ulurkan tadi, sehingga kamu bisa berinteraksi secara dekat dengan rusa-rusa lucu ini.

Selain kamu bisa berinteraksi dengan rusa, kamu juga bisa melatih keberanian anak-anak untuk dekat dengan satwa. Berikan anak-anak setangkai atau dua tangkai kangkung, lalu minta dia untuk memberikannya kepada rusa, maka dia akan senang sekali.

Aktivitas Lain di Taman Kapur

Di samping memberi makan rusa, di Taman ini kamu juga bisa bersantai. Tempatnya rindang dengan pepohonan yang tinggi. Ada banyak juga kursi-kursi yang bisa kamu tempati untuk bersantai. Mungkin mau bawa tikar untuk berpiknik juga tidak ada salahnya.

Kemudian, di sini juga banyak penjual jajanan jalanan khas Tuban seperti pentol dan streetfood lainnya. Kamu bisa juga berkeliling area sambil menikmati segarnya udara di Tuban ini.

Demikian ulasan saya tentang taman Kapur. Taman yang bisa menjadi tempat bersantai sekaligus wahana edukasi bagi generasi muda untuk mengenal dengan dekat satwa rusa yang ada di Tuban.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *