Lebih Untung Mana, Beli Mobil Atau Sewa Mobil

Sewa Mobil
Designed by Freepik

Memiliki mobil tentu sudah menjadi cita-cita banyak orang. Bagi sebagian orang, memiliki mobil merupakan suatu prestasi dari hasil kerja kerasnya. Semakin mahal dan canggih mobil yang dibeli maka hati akan semakin senang dan bangga. Orang sekitar yang memandang juga akan merasa segan. Tak heran jika banyak orang berlomba untuk membeli mobil. Padahal sebenarnya, dibalik keuntungan memiliki mobil ada juga beberapa kekurangan yang tidak menyenangkan. Oleh karena itu, lebih banyak orang yang beralih menggunakan jasa sewa mobil dibanding membeli mobil.

Memiliki mobil memiliki kelebihan, diantaranya memberikan rasa senang bagi pemiliknya. Selain itu, Anda juga akan terlihat lebih di mata orang lain. Memiliki mobil pribadi akan memudahkan Anda untuk bepergian setiap hari. Anda pun bisa dengan mudah jika ingin bepergian dengan keluarga. Kemudian, mobil tersebut bisa Anda modifikasi sesuai selera dan kebutuhan. Anda pun bebas mengunakan mobil tersebut kapan saja selama 24 jam. Namun, memiliki mobil juga punya beberapa kekurangan yang tak menyenangkan.

Kekrurangan yang tidak menyenangkan ketika memiliki mobil salah satunya harus mengeluarkan biaya lebih untuk perawatan rutin. Karena jika mobil tidak dirawat secara berkala, mesinnya bisa cepat rusak. Selain itu, Anda harus menyediakan lahan untuk dijadikan garasi mobil. Jika rumah Anda sudah memiliki garasi, tentunya hal ini tidak jadi masalah. Hal berikutnya adalah Anda perlu membayar pajak setiap tahun. Mobil pribadi juga tidak bisa diandalkan di berbagai kondisi, karena tidak ada pilihan lain. Anda pun akan direpotkan dengan segala urusan administrasi dan asuransi. Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari membeli mobil. Jika Anda merasa tidak masalah dengan kekurangan tersebut, Anda bisa membeli mobil.

Berbeda halnya dengan mobil sewa, dengan mobil sewa Anda tidak perlu memikirkan pajak tahunan. Anda juga tidak perlu memikirkan biaya perawatan rutin, karena biaya perawatan sudah menjadi tanggung jawab perusahaan penyedia jasa tersebut. Dengan demikian, Anda bisa menghemat banyak biaya. Anda bisa memakai jasa tersebut kapan pun Anda butuh. Selain itu mobil sewa bisa diandalkan di berbagai kondisi, karena banyak jenis mobil yang bisa dijadikan pilihan. Misalnya saat ingin mudik, Anda bisa memilih mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicle). Mobil jenis tersebut bisa menganggkut banyak orang dan banyak barang. Sehingga Anda sekeluarga bisa mudik dengan nyaman.

Sewa mobil juga memiliki beberapa kekurangan, misalnya tidak bisa diandalkan setiap hari. Karena jika dipakai untuk keperluan sehari-hari selama bertahun-tahun, biayanya bisa melebihi harga sebuah mobil. Jadi, sebaiknya menggunakan mobil sewa hanya saat diperlukan saja. Misalnya hendak bepergian jauh bersama keluarga atau saat momen penting lainnya. Kekurangan lainnya adalah mobil sewa tidak bisa Anda modifikasi sesuka hati, karena mobil tersebut bukan milik Anda. Itulah beberapa keuntungan dan kekurangan mobil sewa. Selebihnya Anda sendiri yang menentukan, apakah membeli mobil atau sewa mobil yang lebih menguntungkan.

Jika Anda berpikir untuk menyewa mobil, Anda bisa mencari tempat sewa yang terpercaya. Anda disarankan untuk menyewa dari perusahaan seperti TRAC Astra. Sebaiknya jangan menyewa mobil dari perorangan. Karena biasanya maintenance mobil sewa dari perorangan kurang terjamin. Sehingga kemungkinan terdapat kekurangan pada mobil sewa akan semakin besar. Beda halnya dengan menyewa di perusahaan terpercaya. Karena sudah pasti perusahaan tersebut merawat mobil-mobilnya dengan baik. Sehingga penyewa tidak akan menemukan masalah yang dapat mengganggu perjalanannya kelak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *