Kejar Mimpi Leaders Camp, untuk Kalian yang Punya Mimpi

Relawan #KejarMimpi dalam kegiatan Volunteering
(Photo & Credit: CIMB Niaga & Kejar Mimpi)

Pada zaman kolonial Belanda, persisnya saat periode tanam paksa, pemimpin adalah penguasa. Mendapatkan haknya memimpin secara turun temurun dari leluhurnya. Tipikal penguasa, mereka mempunyai hak kerja bakti atau hak pelayanan dari masyarakat yang dipimpinnya dan pajak dari masyarakat. Tentunya keberhasilan seseorang hanya bisa ditentukan melalui penguasa itu.

Berbeda sangat jauh dengan puluhan tahun lalu, saat ini Indonesia telah merdeka, pola kepemimpinan sudah berubah dan yang paling Indonesia saat ini sudah mulai dikenal di dunia Internasional berkat karya inovasi anak bangsa. Kepemimpinan yang awalnya identik dengan kekuasaan, saat ini bertransformasi menjadi pemimpin yang melayani sampai dengan pemimpin yang mampu membangun produktivitas tim hingga mampu menciptakan sesuatu yang besar. Pun dengan peluang menjadi sukses, semakin terbuka tanpa memandang kamu dari keluarga apa dan siapa.

Untuk menjadi seorang yang sukses mengejar mimpi saat ini, rasanya tidak mungkin hanya mengandalkan keturunan. Setuju kan? Ini demokrasi, ini era modern. Untuk menjadi orang sukses dalam bidang apapun diperlukan sebuah bekal. Bekal yang banyak, contoh paling sederhana namun paling penting adalah pendidikan, selanjutnya adalah inspirasi dari para senior yang sudah sukses menapaki karirnya dan menjadi pemimpin pada bidang-bidangnya masing-masing.

Nah sebagai anak muda, seharusnya berani untuk mengejar mimpi kita. Ini sudah bukan jaman kolonial Belanda yang untuk sukses, perlu menjadi keturunan klan tertentu hingga punya hak monopoli usaha misalnya.

Baru-baru ini saya membaca mengenai Kejar Mimpi. Kejar Mimpi adalah sebuah gerakan sosial yang diinisiasi oleh CIMB Niaga. Salah satu bagian dari Kejar Mimpi yaitu acara leaders camp. Kenapa kamu perlu untuk mengikuti program ini? Banyak sebenarnya. Cuma saya akan beberkan beberapa saja ya.

#KejarMimpi Leaders Camp Medan (Photo & Creadit: CIMB Niaga & Kejar Mimpi)

Pertama untuk mengejar mimpi kamu perlu yang namanya koneksi. Koneksi menjadi hal yang sangat penting, tidak lain untuk memudahkan kamu ketika terjadi suatu kendala dalam rintisan karir kamu.

Selain koneksi, kadang kamu juga memerlukan inspirasi. Tentunya Leaders Camp menghadirkan para senior yang sudah sukses di bidang masing-masing untuk menginspirasi anak muda Indonesia. Seperti misalnya, Emil Dardak yang sukses menapaki karir sebagai seorang politikus yang handal dan saat ini terpilih menjadi wakil gubernur Jawa Timur. Bagaimana beliau menempuh pendidikan tingginya di luar negeri, hingga bagaimana beliau menapaki karirnya dari masih muda sekali dan menjadi orang nomor dua di Jawa Timur pun dengan usia yang relatif masih muda. Selain beliau, ada juga inovator muda seperti Leonika Sari founder Reblood, Hendriyadi founder Sahabat Pulau hingga musisi Maudy Ayunda.

Saat ini profesi juga sangat beragam. Kamu perlu mengetahui tentang profesi-profesi tersebut, seluk-beluknya sampai tantangannya sehingga kamu bisa dengan mudah menemukan profesi apa yang perlu digeluti. Walaupun ada sementara orang yang menyanggah tentang teori “passion”, tetapi menurut saya menentukan passion itu penting. Bukan apa-apa, hanya untuk membuat fokus saja. Tanpa fokus rasanya kok tidak ada jalan menggapai mimpi. Ya enggak?

Menurut saya minimal ketiga hal ini di atas itu akan kamu dapatkan ketika kamu mengikuti kegiatan Kejar Mimpi Leaders Camp yang diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia dengan beberapa pembicara yang mantab jaya. Kamu akan menemukan koneksi, karena kamu akan bertemu dengan orang-orang baru dengan berbagai latar belakangnya, yang sama : sama-sama muda. Kemudian kamu akan menemukan inspirasi dari orang-orang yang telah sukses mengejar mimpinya dan terakhir kamu bakal terperangah karena ternyata ada profesi yang tidak kita duga ada dan penting, ternyata malah membawa orang tersebut mampu mengejar mimpinya.

Kalau kamu penasaran atau mau kepoin tentang Kejar Mimpi Leaders Camp, kamu bisa dengan mudah melakukannya, kamu bisa klik website Kejar Mimpi di www.kejarmimpi.id dan kamu juga bisa follow akun instagram Kejar Mimpi di www.instagram.com/kejarmimpi.id.

3 thoughts on “Kejar Mimpi Leaders Camp, untuk Kalian yang Punya Mimpi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *