Healing dengan Blogging dan Blogwalking

Healing dengan Blogging dan Blogwalking

Healing dengan Blogging dan Blogwalking. Jadi begini saya mau cerita tentang grup WA Blogwalking Asik. Nanti saya ceritakan tentang awal mula saya gabung dan bagaimana selama ini menikmati grup ini.

Grup WA ini saya taunya terbentuk saat tagar #BloggerRuangTunggu bergaung dan menjadi trending di twitter. Saat itu, pandemi Covid-19 sedang menggila, keadaan tidak menentu, semua bingung termasuk para blogger juga bingung harus seperti apa, sayapun sempat vakum lama saat pandemi Covid 19 mulai melanda Indonesia.

Bacaan Lainnya

Tapi, saat itu ada tagar #BloggerRuangTunggu yang dikumandangkan untuk saling mendukung di antara para blogger. Nah cerita tentang Blogwalking Asik mulai dari sini.

Cerita Awal Masuk Blogwalking Asik

Ketika sedang kencang-kencangnya tagar tersebut, beredar tautan untuk bergabung ke grup WA Blogwalking Asik. Ketika tahu tautan tersebut, saya langsung berpikir untuk langsung bergabung dengan grup ini. Saat masuk, sudah banyak banget yang tergabung di dalamnya.

Selama ini saya mengikuti beberapa group WA Blogger salah satu di antaranya adalah Blogger Tuban. Belakangan beberapa teman di group Blogger Tuban juga ikut bergabung ke Group Blogwalking Asik ini.

Saat masuk, seperti biasa grup langsung ramai, banyak pembahasan-pembahasan, saling lempar argumen, saling lempar informasi, saling lempar tanggapan dan lain-lain. Batin saya, ah ini kan awal saja, seperti grup lainnya yang saya ikuti. Awalnya ramai, lama-lama ya akan sepi pada waktunya. Lama-lama jadi grup jual beli tuh biasanya, hehe.

Pada awal masuk, saya jadi silent rider. Saya enggak ada yang kenal. Ada beberapa sih yang saya kenal, karena pernah beberapa kali berinteraksi di linimasa Twitter. Sebut saja salah satunya Arie Getas. Beliau juga cukup aktif mencuit di twitter maupun di group WA Blogwalking Asik. Sisanya saya tidak kenal.

Tetapi, blogger kan memang selalu harus terbiasa dengan orang-orang yang asing. Blogger kan memang orang yang internet banget, mayoritas interaksi yang terjadi antar blogger adalah interaksi di dunia blogging, entah itu komentar, atau saling berbalas postingan.

Healing dengan Blogging dan Blogwalking

Sudah saya singgung di awal, Grup Blogwalking Asik lahir di tengah pandemi yang sedang mengganas. Sayapun merasakan dampaknya. Saya harus tinggal sendiri di Jakarta, keluarga kecil saya sudah saya ungsikan ke Tuban, Jawa Timur. Selanjutnya, pekerjaan kantor ternyata tidak makin mereda justru makin menggila. Sebelum pandemi, saya kerja dari pukul 07.30 sampai dengan pukul 16.00, saat pandemi saya bisa kerja dari pagi sampai dengan malam hari bahkan tengah malam melalui Zoom.

Mata lelah, fisik lelah, otak lelah, hati resah. Sedangkan kondisi pandemi justru belum ada tanda-tanda mereda.

Hal tersebut bertambah dengan kebijakan dari Pemerintah untuk menghilangkan beberapa hari libur dan cuti bersama. Lalu kewajiban dari kantor untuk selalu melaporkan diri, dari mulai posisi saat ini dan kondisi kesehatan. Saya tahu, semuanya demi kebaikan, tapi terkadang malah bikin resah.

Pada saat seperti itu, saya melirik kembali blog yang sudah lama tidak diurusi ini. Saya mulai mencuri-curi waktu untuk menengok blog saya. Biasanya saya lakukan saat jeda rapat, menjelang sholat maghrib.

Tapi saya bingung, soalnya blog saya lebih banyak membahas tentang tempat jalan-jalan dan makan-makan, sedangkan saat itu semua fasilitas jalan-jalan dan makan-makan ditutup oleh Pemerintah. Akhirnya saya membuat sub domain my.kangrudi.com. Sub Domain ini saya isi dengan tulisan-tulisan saya tentang pandemi ini.

Lalu karena grup Blogwalking Asik, saya bisa mengalihkan rutinitas pekerjaan saya dengan pembahasan tentang blogging dan beberapa kali saya Blogwalking ke blog teman-teman yang bergabung di grup tersebut. Jadi Blogging dan Blogwalking jadi healing yang paling efektif saat pandemi, setidaknya untuk saya pribadi.

Pengalaman Menarik di Blogwalking Asik

Baik, seperti biasa saat berada di tempat tertentu atau di lingkungan tertentu, pasti ada saja yang bikin menarik dan tidak terlupakan. Begitu juga dengan Blogwalking Asik, sayapun memiliki pengalaman paling menarik dan tidak terlupakan.

Suatu hari ada obrolan di Grup WA Blogger Tuban. Mas Mashari minta untuk para Admin Blogger Tuban menggelar kumpul-kumpul online membahas tentang SEO. Katanya beliau ingin belajar dan mengaku sebagai pemula. Akhirnya para Admin sepakat untuk menggelarnya dan saya didaulat untuk menyampaikan materi. Saya setuju saja, ini kesempatan untuk saling berdiskusi tentang SEO apalagi di masa pandemi SEO semakin penting karena nyaris semua persaingan ada di internet.

Untuk diketahui, karena saya juga tidak ahli SEO, materi yang saya siapkan ya materi dari pemula untuk pemula. Nah pada hari H, saya sudah menduga yang bergabung bakal sedikit, karena memang Blogger Tuban adalah komunitas yang anggotanya enggak banyak.

Tapi setelah beberapa lama, saya kaget kok banyak banget yang gabung. Makin deg-degan karena yang gabung beberapa saya tidak asing, ternyata mereka semua anggota dari group Blogwalking Asik. Saya langsung panik. Pas saya cek di group, ternyata Mas Andika share link kumpul-kumpul online tersebut di Group Blogwalking Asik.

Sambil masih panik, saya mulai. Berjalan lancar, ada beberapa yang tanya. Duh makin insecure, tapi untung semua berjalan lancar dan saya justru banyak belajar dari peserta kumpul-kumpul online tersebut mengenai SEO.

Nah demikian tulisan saya mengenai Blogwalking Asik. Oiya, di atas saya singgung, biasanya grup WA lama-lama akan sepi dan berubah jadi grup jual-beli. Hal tersebut ternyata tidak terjadi pada grup Blogwalking Asik, makin hari makin aktif. Mantab!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *