Hari Minggu, Masak Oseng-oseng

Oseng-oseng Kangkung dan Telur Dadar
Oseng-oseng Kangkung dan Telur Dadar

Hari ini Minggu. Jika pada waktu weekdays atau hari Senin sampai dengan Jumat kita disibukkan dengan berbagai agenda pekerjaan yang menyita perhatian. Pas hari Minggu kita jadi punya waktu longgar. Saya biasanya menghabiskan waktu bersama keluarga dengan jalan-jalan atau berkumpul saja di rumah. Hari ini (24/4/2016) rasanya kok saya pengen beda. Saya pengen masak! Istri istirahat dulu. hehehe.

Oke pertama mari kita lihat, ada bahan apa di kulkas saya.

Bacaan Lainnya

Bahan-bahan di Kulkas
Bahan-bahan di Kulkas

Tuh di kulkas ada Kangkung, Sawi putih, Bawang merah dan putih, cabe dan telur. Mmmm…. dengan bahan itu, saya memutuskan masak oseng-oseng aja kali ya nanti lauknya telor dadar. Josss! Mari dimulai. Pertama tentu saya akan memotong kangkung jadi kecil-kecil, nggak kecil-kecil banget sih. Ya pokoknya sepantesnya aja. Setelah itu merajang bawang merah dan putih, kemudian cabe. Seluruhnya jadilah bahan-bahan yang siap digunakan seperti di bawah ini.

Bahan Oseng-oseng yang siap masak
Bahan Oseng-oseng yang siap masak

Udah sip yak? Ada tambahan garam, saos Saori bisa juga ditambah gula. Oke pertama saya panaskan minyak. Ya dikira-kira saja untuk menumis rajangan bawang merah, putih dan cabe. Setelah minyak sudah cukup panas, saya masukkan rajangan tadi untuk ditumis.

Proses Menumis Rajangan Bawang Merah, Putih dan Cabe
Proses Menumis Rajangan Bawang Merah, Putih dan Cabe

Saya aduk-aduk, ya kaya orang numis lah. Aduk-aduk terus sampai agak layu. Jangan ditinggal ya nanti kangen! 😀 Tapi beneran jangan ditinggal nanti gosong, kalau gosong namanya bukan bawang tumis tapi bawang gosong. hahaha. Setelah agak layu masukin kangkung sama sawi putih yang sebelumnya udah disiapin.

Masukin Kangkung dan Sawi Putih
Masukin Kangkung dan Sawi Putih

Seperti sebelumnya, saya aduk-aduk. Sambil aduk-aduk, saya masukin garam, gula dan saos Saori. Tapi jangan berlebihan ya. Berlebihan itu tidak baik! Hahaha.

Masukin Garam, Gula dan Saos
Masukin Garam, Gula dan Saos

Setelah itu saya aduk-aduk lagi. Ini sudah mendekati akhir. Cuma tunggu sampai semua bahan layu. Setelah itu ambil dan rasakan. Hmmmm…. Enaaaaakkk…. Simple kan? Cocok buat anak kos ini. Dibandingkan makan mie instan mulu mending kita masak sayur-sayuran yang sehat kaya gini. Setelah itu tinggal dadar telor dan jadi deh sarapan saya. Sekian weekend sayah! Gimana weekend kamu?!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

68 Komentar

  1. Serat yang nikmat. Saya suka kangkung 🙂
    Tapi nggak pake sambal kemasan…
    Duh sempatnya ya sambil cekrek” haha

  2. Dan menu oseng kangkung dengan telur kopyok adalah menu favorit keluarga kami. Simple buatnya dan mengenyangkan. Toss dulu, Mas 😀

  3. Suami saya banget sih, mas.. sukanya masak-masak. Dan tumis kangkung ini emang andalan banget, bikinnya mudah sih ya.. nggak pake ribet!

  4. Rud.. coba emak pesen seporsi cah kangkung yah, bungkusnya jangan pake karet…

    Btw.. keren uy bisa masak, mau incar jadi kokiblogger ya 😀

  5. Itu kangkung nya di masak barengan sm sawi putih. Emang sawi putih enak di bikin tumis pake saori gitu, kang? Aih baru tau. Nyobain nanti deh. Karena sejauh ini sawi putih hanya di tumis atau di sayur tanpa saori??

  6. walahhhh, kok keren istrinya istirahat suami yang masak 😀

    btw itu sayur kangkungnya gak kurang kalo nasinya segitu 😀

  7. Hasil akhirnya gak diperlihatin, kang? Sebenarnya bukan cuma anak kost aja sih, tapi anak rumahan yang sedang menganggur karena tak tentu arah mau mengerjakan apa selama hari libur makannya pasti mie terus atau makanan yang kurang sehat gitu deh. Nambah deh referensi gue 😀

  8. Mantap nih kang, saya biasanya rujak kangkung, udah di oseng langsung di bumbuin (jadinya kaya rujak gitu kang) hee

      1. Hahaha sukses mas! Aku nyontek resep, ya. Maklum aku sendiri ga terlalu pandai masak, hehhe