Hal-hal ini yang Harus Kamu Tahu Tentang Co-working Space

Co-Working Space
Designed by Freepik

Salah satu hal yang dituntut untuk segera dimiki ketika Anda akan mempunyai usaha adalah tempat atau kantor kerja. Penggunaan fasilitas ini wajib dimiliki mengingat akan menjadi salah satu faktor keberhasilan usaha. Pemilihan tempat atau kantor kerja yang salah membuat usaha akan berjalan stagnan hingga terancam gulung tikar.

Penggunaan private office pada zaman ini menjadi tuntutan para pelaku bisnis untuk mengembangkan keberlanjutan usahanya. Namun hal ini tentu juga memiliki berbagai masalah dalam segi implementasinya. Dewasa ini, lahan menjadi hal yang tak bisa dipungkiri sangat sulit untuk dimiliki. Apalagi pada daerah perkotaan dengan jumlah bangunan yang sangat p;adat dan tidak dapat dikembangkan kembali. Untuk itu, butuh inovasi menarik agar permasalahan lahan sebagai tempat atau kantor kerja ini dapat diatasi dan memberikan kelebihan dalam menjalankan usaha.

seiring dengan perkembangan zaman yang dinamis, ternyata inovasi untuk menutupi celah permasalahan lahan dalam pengembangan usaha ini memiliki jalan terang dengan munculnya ide “co-working space”. Inovasi ini muncul berkat upaya dari beberapa pengusaha baru yang ingin mendapatkan suatu lokasi kerja yang terintegrasi sekaligus hemat dalam pembiayaan dan pemakaian space ruang. Berikut ini kami berikan beberapa hal yang harus Anda tahu tentang sistem “co-working space” ini.

1. Pengertian dari Co-working Space

Jika berbicara tentang tempat atau kantor kerja, banyak sebagian orang yang beranggapan jika tempat tersebut seperti sebuah rumah yang dihuni oleh satu keluarga dengan berbagai ruang rumah sesuai dengan fungsi masing-masing. Dengan kata lain, kantor tersebut hanya dipergunkan oleh satu instansi atau perusahaan saja. Hal inilah yang menjadi dasar mengapa “ide” co-working space berkembang dengan pesat akibat kurangnya lahan untuk dijadikan perkantoran. Co-working space sendiri berasal dari kata “coworking” yang berarti berkolaborasi atau bekerja sama.Jadi co-working space ini dapat diartikan sebagai sebuah tempat bekerja dengan sistem kerja bersama dalam satu gedung atau ruangan dengan berbagai perusahaan yang berbeda. Co-working space bisa juga dianalogikan sebagai sebuah kost-kostan yang dihuni oleh berbagai orang dengan latar belakang yang berbeda-beda. Namun menetap pada satu rumah yang sama. cukup mudah dimengerti bukan?

2. Sejarah Co-working Space di Indonesia

Dilansir dari beberapa sumber, awal mula terbentuknya inovasi yang begitu revolusioner dalam pengembangan usaha di Indonesia terjadi pada tahun 2010. Ketika seorang pemuda Bandung bernama Yohan Totting mendirikan Hackerspace. Ide ini muncul ketika banyaknya anak muda Bandung yang tertarik mengembangkan usaha start-up, namun tak memiliki lahan yang luas sebagai bangunan penunjang usaha. Untuk itu ia mendirikan Heckerspace yang diperuntukkan sebagai “kantor bersama” para wirausahawan muda kota Bandung kala itu. Seiring dengan berkembangnya inovasi, ide ini lalu menyebar ke berbagai kota (terutama kota besar) di Indonesia hingga saat ini.

3. Tidak Sekedar Tempat Kerja

Penggunaan co-working space dalam prakteknya tak hanya berfungsi sebagai sebuah “space” berkumpulnya berbagai perusahaan untuk menjalankan usaha masing-masing. jauh dari itu, penggunaan inovasi ini memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan usaha yang sedang dijalankan. Pada implementasinya, beberapa perusahaan penyedia jasa co-working space ini memberikan konsep “one space, one thought”. Dalam artian beberapa perusahaan yang memiliki latar belakang usaha yang berbeda dijadikan satu kesatuan untuk menciptakan sebuah usaha berkelanjutan dengan saling “membutuhkan” satu sama lain.

Demikianlah beberapa hal yang harus kamu tahu tentang co-working space. Jadi, tertarik untuk bergabung dalam co-working space tidak? http://go-work.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *