Empal Gentong H Apud, Makanan Khas Cirebon yang Harus Kamu Coba!

Empal Gentong H Apud
Empal Gentong H Apud

Empal Gentong H Apud adalah makanan Khas Cirebon yang Mesti Kamu Coba.

Beberapa waktu lalu, saya dapat undangan nikahan temen kantor di Kabupaten Kuningan. Nah kata yang ngundang nih, nginepnya di Cirebon aja. Banyak hotel murah di Cirebon. Benar belaka, sayapun menuruti saran tuan rumah.

Read More

Saya bawa anak dan istri saya menggeber mobil merah bertuliskan bahureksa.com itu melintasi jalur Jakarta – Cikampek dan Cikopo Palimanan alias Cipali. Turun di Cirebon, yang saya lirik adalah warung-warung Empal Gentong yang berjajar di sapanjang jalan Pantura di Cirebon.

Saya pun memutari beberapa sudut Cirebon untuk menemukan hotel yang pas. Tak lupa saya coba-coba mencari di google tentang Empal Gentong H Apud. Ternyata benar emang banyak yang review positif nih dengan tempat ini. Untuk meyakinkan lagi saya kontak temen saya di Cirebon.

Saya menanyakan Empal Gentong yang enak dimana, dia menjawab dua, yaitu Amarta dan Empal Gentong H Apud. Terus kurang yakin saya kontak temen saya lainnya yang juga asli Cirebon, sekarang dia di Jakarta.

Dia jawabnya Empal Gentong H Apud yang paling enak. Ya udah berdasar riset kecil itu, saya ke sana.

Nah pas malam hari, saya langsung set Google Map saya ke tujuan Empal Gentong H Apud. Perjalanan kurang lebih 15 s.d. 30 menit. Posisi awal saya ada di C hotel, sekitaran Stadion. Jalanan ramai, maklum ini jalan utama Pantura. Kalau nggak lewat tol ya ini jalurnya. Jadi kamu harus berhati-hati, ya. Dari arah saya ini, Tempat makannya ada di sebelah kanan jalan.

Setelah sekitar 20 menit saya menyusuri jalan sesuai petunjuk google map, akhirnya saya melihat baliho besar bertuliskan Empal Gentong H Apud. Saya harus lurus terus untuk mencari tempat putar balik.

Akhirnya saya sampai di depan Tempat Makan Empal Gentong yang konon paling terkenal seantero Cirebon ini.

Sayangnya pas sampai sana parkiran penuh. Tapi tenang, saya diarahkan untuk maju terus oleh tukang parkir, lalu belok kiri. Ternyata di belakang warung ini ada tempat parkir yang luas. Jadi kamu nggak perlu khawatir sama parkiran kalau berkunjung ke tempat ini.

Beres markirin mobil, saya menuju ke tempat makan empal gentongnya. Di dalam udah ramai sekali. Saya dapatnya agak di belakang. Bentuk tempat makannya seperti apa ya, ada bangku dan meja yang panjang-panjang gitu. Jadi pas sebenarnya untuk makan sekeluarga besar.

Setelah itu saya pesan Empal Gentong, Nasi dan Teh Botol. Ada menu sate juga ternyata.

Tidak berapa lama pesanan saya datang. Sayapun nggak sabar untuk mencicipinya. Saya orang jawa timur nih, jadi cara nikmati empal gentong agak beda. Jika orang-orang langsung dinikmati dari mangkoknya, kalau saya saya siramkan kuahnya ke atas nasi yang panas itu dan dagingnya ditumpuk di atasnya. Kamu bisa lihat di gambar di ataslah hasilnya.

Setelah itu saya sendok, dan hmmmm rasanya enak banget, daging yang empuk dipadu dengan kuah yang entah terbuat dari apa yang jelas ada sensasi gurih, segar dan lembut. Jadi pas untuk menghangatkan malam kamu. Daun bawangnya juga menambah aroma segar, jadi sayapun nambah lho.

Jangan lupa ada satenya belum dicoba. Saya makan satu dan rasanya sih cukuplah untuk menambah sensasi gurih. Jadi makan banyak deh makan empal gentongnya.

Setelah puas menikmati, saya putuskan untuk menyudahi agenda kuliner saya di Cirebon. Kota yang luar biasa menurut saya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *