Coban Rondo, Wisata Air Terjun Keren di Malang

Air Terjun Coban Rondo

Coban Rondo adalah wisata air terjun yang ada di Kabupaten Malang tepatnya di Kecamatan Pujon. Air terjun yang sangat indah. Mengalir deras dari tebing setinggi 84 meter. Memiliki hawa dan air yang dingin segar.

Liburan tempo hari, saya kok penasaran ingin ke Malang tapi lewat pujon. Maklum saya belum sama sekali belum pernah menempuh rute ini dengan mengendarai mobil sendiri. Akhirnya saya memberanikan diri untuk memulai perjalanan ini.

Bacaan Lainnya

Lalu di tengah perjalanan istri saya mengusulkan untuk nanti mampir di Coban Rondo. Katanya tempat ini keren dan cocok juga untuk anak-anak. Saya yang buta dengan tempat wisata di Malang, saya manut saja. Bagaimana keseruan saya dan keluarga di Coban Rondo? Ikuti terus ya.

Cerita Perjalanan ke Malang via Pujon

Saya berangkat dari Tuban pukul 09.00 WIB. Selanjutnya saya menuju ke arah Babat, Lamongan. Saya berjalan santai. Paling kencang ya 60 KM/ Jam.

Kemudian saya mulai masuk Kabupaten Jombanh dan puncaknya saya berada di jalur yang naik turun nan berkelok.

Membutuhkan konsentrasi penuh dan kendaraan yang prima. Tips untuk kamu yaitu selalu gunakan gigi rendah. Untuk yang gunakan mobil matic bisa gunakan juga mode menanjak, supaya memudahkan kamu melibas jalur ini.

Walaupun jalurnya sedikit sulit, namun terbayar lunas dengan pemandangan. Apalagi saat memasuki kawasan yang banyak pohon duriannya. Sepanjang jalan beraroma durian yang terkenal dengan sebutan buah surga.

Di pinggir-pinggir jalan sepanjang jalur ini juga banyak penjual-penjual durian. Saya sempat turun dan mencicipinya.

Selanjutnya, setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 4 jam, akhirnya saya menemukan gerbang bertuliskan Coban Rondo.

Air Terjun Coban Rondo

Selanjutnya saya masuk gerbang, dan akhirnya sampai di pos pintu loket coban rondo.

Di sini petugas loket akan menghitung jumlah penumpang yang ada di dalam mobil. Saat itu saya berempat. Namun hanya membayar untuk tiga tiket. Sepertinya karena si Adek masih kecil jadi tidak wajib membayar tiket.

Harga tiket coban rondo adalah Rp 40.000,-/ orang plus parkir kendaraan kecil Rp 10.000,00. Setelah membayar petugas memberi kami gelang yang wajib pengunjung pakai ketika berada di dalam area air terjun coban rondo.

Setelah itu, saya lanjut masuk ke dalam areanya. Masih cukup jauh jadi tetap menggunakan mobil. Jalannya sempit dan naik turun. Tapi, pemandangannya keren banget. Hijau-hijau, bikin segar mata. Oiya jalannya searah jadi enggak perlu khawatir akan berpas-pasan dengan kendaraan lain.

Setelah itu, saya sampai di tempat parkir air terjun coban rondo. Tempat parkirnya luas, dan waktu itu sedang sepi.

Saya turun dan langsung ke air terjunnya.

Pas sampai, wow keren banget ini air terjunnya. Mengingatkan saya dengan curug-curug di Jawa barat sana. Anak saya pun terlihat senang. Enggak sabar pengen nyemplung katanya.

Saya foto-foto sebentar di area utama air terjunnya. Hawanya dingin banget. Sudah di Malang ini memang dingin, ditambah dengan air terjun ini, jadi makin dingin. Selain itu, karena berada di lingkungan yang berair, jadinya di beberapa tempat menjadi licin. Perlu hati-hati jika melintasinya.

Selanjutnya saya menggulung celana dan masuk ke parit yang airnya berasal dari air terjun coban rondo ini. Pas nyemplung langsung berasa nyesss dingin banget. Saya hanya tahan sebentar saja.

Selanjutnya saya duduk-duduk menikmati air terjun ini.

Wahana Lainnya

Setelah puas menikmati air terjun coban rondo, saya pun memutuskan untuk kembali. Saya naik mobil dan kembali menyusuri jalan kecil lagi. Lalu dekat pintu keluar ada tempat untuk bermain.

Untuk bermain di sini, kamu harus menunjukkan gelang yang dapatkan di pintu masuk tadi.

Di sini ada wahana sepeda. Kamu bisa gunakan sepeda untuk berkeliling di area ini. Saya enggak sempat mencoba karena sudah sore.

Ada juga labirin. Kamu harus mencari jalan keluar dari labirin ini. Labirinnya lumayan luas di Coban Rondo ini. Sama dengan sepeda, saya juga tidak sempat mencoba wahana labirin ini.

Selanjutnya saya mencoba wahana panahan dan paint ball di Coban Rondo. Kamu juga harus menunjukkan gelang yang pakai tadi Setelah itu kamu akan mendapatkan anak panah dan peluru paint ball.

Saya sih langsung nyoba yang paint ball. Jedar-jedor suara tembakan saya mengenai sasaran. Seru banget.

Untuk permainan paint ball, dampingi putra-putrinya, ya. Soalnya ini bisa cidera kalau mengenai bagian tubuh.

Demikianlah kunjungan saya ke Air Terjun Coban Rondo. Yuk ke Jawa Timur!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 Komentar