Bermain Game Online Turunkan Stress, Yuk Cobain!

Bermain Game Online

Bermain Game Online saat ini sedang menjadi trend. Tidak hanya anak muda yang tumbuh dengan native tecnology, orang tua pun dapat memanfaatkan game untuk mereduksi stress. Kamu tentu ingat dengan game zuma atau yang sejenis yang banyak dimainkan oleh generasi tua. Ini menjadi bukti bahwa game telah menjadi alat bagi semua strata umur untuk sarana menghilangkan stress.

Penetrasi game memang sudah sangat masif. Awalnya, orang memainkan game melalui konsol game, hingga komputer. Sekarang game berada di era mobile. Kamu bisa dengan mudah memainkan game di gawai kamu, kapanpun dan dimanapun kamu inginkan.

Bacaan Lainnya

Saat ini, tidak sulit menemukan orang yang bermain game di tempat-tempat yang dulu tabu. Seperti tempat-tempat pemberhentian kendaraan umum, seperti halte, stasiun atau bus stop. Sambil menunggu kendaraan datang, beberapa orang memainkan game melalui smartphone mereka.

Mayoritas orang-orang yang memainkan game pada saat waktu luang beralasan bahwa mereka ingin melepas penat, atau singkatnya menghilangkan stress.

Lalu apakah benar tentang klaim bahwa bermain game dapat menurunkan tingkat stress? Menurut berbagai penelitian memang menunjukkan hal yang demikian. Namun tetap harus dalam batas tertentu. Maksudnya ya tidak selama seharian penuh bermain game.

Selanjutnya, yuk kita bahas tentang bermain game online dapat mengurangi stress.

Main Game Bisa Menghilangkan Stress

Banyak survey atau riset yang menyimpulkan bahwa bermain game dapat menurunkan stress. Di antara riset tersebut adalah riset yang dilakukan oleh saluran Televisi Dave. Riset ini saya kutip dari laman kompas.com. Responden survey adalah 1000 pecinta game dari rentang usia 18 hingga 30 tahun.

Sebanyak 55% responden mengaku mereka bermain game karena bermanfaat untuk menghilangkan stress. Lalu sebanyak 47% mengaku saat mereka menang dalam permainan, mereka merasakan dampak yang positif pada kehidupan nyata mereka. Mereka mengaku dapat melihat aspek kehidupan lainnya yang selama tidak terlihat oleh mereka.

Selanjutnya terdapat 50% responden yang menjadikan game sebagai metode untuk lari dari kepenatan pekerjaan sehari-hari mereka.

Menariknya, selain dapat menghilangkan stress, game juga ternyata mampu memperbaiki sisi sosial pemain game. Tidak main-main, sebanyak 60% dari responden menyatakan bahwa game menjadi kunci kehidupan sosial mereka. Dan 25% mengaku mendapatkan lebih banyak teman dari ketertarikan mereka kepada game.

Rekomendasi Game di Internet

Setelah mengetahui tentang manfaat permainan game, sekarang saya akan bahas tentang rekomendasi main game di internet. Saya sesungguhnya senang main game yang sederhana, yang tidak perlu memikirkan strategi yang rumit. Intinya saya main game ya for fun saja.

Baru-baru ini saya mengetahui tentang plays.org. Website yang menyedikan banyak game yang bisa kamu mainkan melalui browser. Kamu enggak perlu download aplikasi apapun. Kamu bisa mainkan kapan pun dan dimanapun.

Beberapa waktu lalu, saya memainkan game yang menurut saya ringan dan membantu untuk melepas penat. Seperti hiburan gitu. Kamu bisa buka plays.org lalu ketik di kolom search Alan’s Pizzeria: Pizza Restaurant Simulation Game. Nah lalu kamu bisa mainkan. Saya review sedikit ya.

Game ini adalah simulasi tentang restoran pizza. Kamu seolah menjadi manajer restoran tersebut. Ketika pelanggan datang, kamu perintahkan pelayan untuk melayaninya. Kamu memberikan arahan tentang menu yang dipesan oleh pelanggan, lalu memerintahkan untuk memasaknya dan terakhir menghidangkannya segera ke pelanggan.

Game ini menarik, jika kamu terlambat melayani pelanggan maka pelanggan akan marah dan restoran akan kehilangan pendapatan. Begitu pula jika kamu salah memberikan menu yang dipesan pelanggan, pelanggan akan kecewa. Nah yang menarik, jika kamu telambat mengangkat pizza yang ada di dalam oven setelah alarm berbunyi, maka pizza akan gosong. Jika gosong ya sama dengan kesalahan lainnya, pelanggan akan marah.

Sebaliknya, jika kamu melayani dengan cepat dan tepat, maka pelanggan akan senang dan memberikan bayaran kepada restoran pizza kamu.

Game ini terdiri dari banyak level, semakin tinggi level, maka semakin tinggi kesulitannya. Dari jumlah pelanggan yang semakin banyak saat bersamaan, hingga variasi menu yang menyulitkan kamu sebagai manajer restoran.

Sisi Negatif Game

Saya sedikit akan memberikan pertimbangan, bahwa memang benar game dapat memberikan manfaat yang positif. Meski demikian, manfaat positif tersebut hanya bisa tercapai, jika kamu tidak berlebihan bermain game. Atlet profesional pun tetap membatasi kegiatan olahraganya.

Kan tidak ada atlet sepak bola yang setiap saat main bola, pasti ada kalanya dia beristirahat untuk melemaskan otot-otot. Begitu juga dengan bermain game, jika kamu bermain secukupnya maka manfaat positif akan kamu dapatkan.

Banyak penelitian yang menungkap tentang sisi negatif game, dan kebanykan penelitian tersebut menyimpulkan bahwa dampak negatif tersebut didapatkan setelah bermain game tanpa ada batasan.

Yuk main Game!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *