Begini Rasanya Melaksanakan Perjalanan Dinas


Ilustrasi Perjalanan Dinas
Ilustrasi Perjalanan Dinas
Sumber : www.okezone.com

Kamu Pegawai BUMN, PNS atau swasta pasti pernah diperintah oleh instansimu untuk melaksanakan perjalanan dinas. Saya pribadi sih pernah walaupun enggak sering-sering amat tapi lumayanlah bisa untuk bahan berbagi pengalaman tentang perjalanan dinas.

Instansi saya kebetulan tugasnya melayani klien yang letak geografisnya dari Sabang sampai Merauke. Jadi perjalanan dinas menjadi hal mutlak untuk dijalani oleh staff yang bekerja melayani klien. Ada rasa suka dan duka selama menjalani Perjalanan Dinas. Yuk simak pengalaman saya berikut ini.

1. Perasaan bangga

Ekspresi ketika mendapatkan Surat Tugas Perjalanan Dinas untuk pertama kalinya.
Sumber : www.innovativelanguage.com

Pertama ketika mendapatkan surat perjalanan dinas dari kantor ada rasa bangga. Gimana enggak bangga, saya yang anak desa akhirnya bisa naik pesawat. Pengalaman naik pesawat bagi saya waktu itu sangat menarik. Saya ingat waktu itu saya ditugaskan ke Semarang selama tiga hari. Selain bangga karena bisa naik pesawat, perjalanan dinas juga menggambarkan kamu dibutuhkan dan dianggap penting sama kantor. Duh bangganya. Kamu juga kan?

2. Perasaan senang karena bisa tugas sambil jalan-jalan

Kelakuan saat senang membayangkan betapa serunya Perjalanan Dinas.
Sumber : www.theundercoverrecruiter.com

Selanjutnya ada rasa senang karena membayangkan bisa melaksanakan tugas sambil jalan-jalan. Intinya bisa jalan-jalan gratis deh. Bisa lihat kebudayaan lain, bisa bertemu saudara sesama umat manusia walaupun beda suku dan budaya. Saya juga merasakan hal itu. Saya membayangkan betapa serunya melihat manusia lain yang berbeda cara hidupnya dengan yang kita lihat sehari-hari.

3. Pusing cari tiket

Pusing nyari tiket karena harus buka satu per satu website maskapai.
Sumber : www.defactodentists.com

Lupakan kebanggaan sesaatmu. Saatnya sekarang kamu akan berkutat dengan tiket. Kamu harus mencarinya dengan berbagai cara. Waktu saya perjalanan dinas pertama, saya pesan tiket via Traveloka. Kenapa? Lha enak je, sudah ada daftar harga termurahnya. Kan ya enak. Bisa sisa banyak nih budget perjalanan dinas yang dikasihkan lumsump sama Perusahaan. Kalau kamu pernah perjalanan dinas pernah merasakan kan pusingnya cari tiket murah demi sisa uang perjalanan? Hehehe.

4. Perubahan rute

Ekspresi saat membaca email perubahan rute perjalanan dinas.
Sumber : www.netmums.com

Semakin sering kamu diperintah kantor untuk melaksanakan perjalanan dinas, maka kamu akan segera merasakan rute yang tidak pasti. Ini pusing jenderal. Setelah diperintah untuk pergi ke Kaimana ternyata harus melanjutkan ke Ambon atau bahkan ke Makassar. Terus gimana nasib tiket yang sebelumnya sudah kadung dipesan. Saya sih karena pesannya pakai Traveloka, kalau ditengah perjalanan dinas kemudian disuruh ganti rute saya tinggal Refund saja, kemudian saya beli tiket kembali sesuai perintah kantor ya tentunya pakai Traveloka.

5. Jadwal yang tidak pasti

Saat rapat tidak bisa mengambil keputusan dan harus memperpanjang perjalanan dinas, sedangkan tiket pulang sudah ditangan.
Sumber : www.cbc.ca

Namanya perjalanan dinas, pasti ada saja perubahan ditengah jalan. Jika sebelumnya pusing karena perubahan rute. Berikutnya kamu akan merasakan suatu hari diperintah untuk menghadiri sebuah rapat selama dua hari. Ternyata rapatnya harus diperpanjang karena belum ada kesepakatan, padahal tiket pulang sudah ditangan. Ya lagi-lagi karena saya gunakan Traveloka tinggal di-reschedule saja sesuai kesepakatan rapatnya. Selesai deh.

6. Suka lupa jadwal penerbangan

Perhatikan waktu supaya tidak keltinggalan pesawat.
Sumber : www.iamexpat.nl

Saya pernah dalam sebulan melakukan tiga kali perjalanan dinas dalam waktu yang berdekatan. Sdah beli tiket sih saat awal-awal diberi surat tugas. Kadang saya suka lupa, penerbangan saya jam berapa dan di terminal mana. Sudah dipilihkan harga termurah, Traveloka juga masih ngasih saya filght reminder. Jadi bisa tahu dimana dan kapan penerbangan saya selanjutnya. Tsaaahhh. Kaya penting banget ya saya.

7. Senang ketika uang perjalanan dinas sisa banyak

Tos dulu Coy, uang perjalanan dinas kita sisa banyak.
Sumber : www.synergygbl.com

Ini sih semua orang yang pernah melaksanakan perjalanan dinas mengalaminya. Akibat teliti membeli Tiket dan kawan-kawannya akhirnya ada juga sisa uangnya. Lumayan buat bayar kos tiga bulan kedepan. Bisa juga nanti buat beli tiket untuk travelling sendiri supaya enggak diganggu kerjaan. Hayo ngaku, kamu senang juga kan ketika uang perjalanan dinas sisa banyak?!

12 thoughts on “Begini Rasanya Melaksanakan Perjalanan Dinas

  1. Dulu pas masih kerja, saya sering perjalanan dinas. Paling deg2an kalo dapet surat dadakan dan harus pesen tiket segera. Ampun dah.

    Kalo saya kadang sedih karena ninggalin keluarga. Tapi setelahnya pak suami saya traktir pake uang sisa perjalanan dinas. Hehe.

  2. Kalau saya perjalanan dinasnya paling dari kantor ke kecamatan, paling jauh ya ke Kabupaten. Lhawong cuma kerja di Balai desa, kok mas! Buahahaha iri aku sama kalian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *