Wisata Sendang Asmoro Ngino, Lebih dari Tempat Piknik

Wisata Sendang Asmoro Ngino Tuban

Wisata Sendang Asmoro adalah Tempat piknik berupa sendang yang luas dan taman-taman asri, dilengkapi dengan kolam renang serta wahana lainnya. Tempat, rute, tarif dan lain-lain mengenai tempat wisata di Tuban ini, yuk kita bahas.

Pada kunjungan ke Tuban kemarin saya kok ingat sama Sendang Asmoro yang beberapa waktu lalu viral di Media Sosial. Saya tertarik soalnya Wisata Sendang Asmoro adalah pionir tempat wisata berbasis desa di Tuban sebelum yang lain bermunculan, baik yang sama sekali baru maupun yang hasil restorasi menjadi lebih baik dari sisi pengelolaannya.

Bacaan Lainnya

Apa sih Wisata Sendang Asmoro itu?

Saat kunjungan saya ke tempat wisata di Tuban ini, saya bertemu dengan kepala desa Ngino, Pak Wawan. Beliau berperawakan sedang, badan berisi, dan seringai wajah yang semangat. Pokoknya ngelihat beliau kita jadi semangat saja.

Berdasarkan penjelasan beliau, Sendang Asmoro ini ditata dan diperbaiki terutama untuk masyarakat desa Ngino. Pedagangnya asli Ngino, pekerjanya asli Ngino sampai dengan penyedia wahana-wahananya pun orang Ngino.

Kalau saya simpulkan sih Sendang Asmoro ini adalah perwujudan peningkatan taraf hidup desa dengan berbasis wisata dan pelestarian alam.

Wahana yang ada di Wisata Sendang Asmoro

Namanya saja Sendang Asmoro, ya wahana utamanya pasti Sendang Asmoro. Apa itu sendang? Sendang itu sejenis telaga kecil yang memiliki mata air. Di Tuban banyak sekali sendang tapi beberapa sudah kering karena peralihan fungsi lahan.

Mata Air Sendang Asmoro sangat bergantung dengan ekosistem sekitar. Ini yang saya bilang di awal bahwa Sendang Asmoro ini juga mengusung issue pelestarian lingkungan. Jika ekosistem sekitar Sendang rusak, maka dapat dipastikan mata air akan mengering.

Selain sendang, ada juga wahana kolam renang. Ada juga Flying Fox, Sepeda Air, memberi makan ikan dan lain-lain. Pokoknya dijamin seru!

Rute ke Sendang Asmoro Ngino

Jika kamu dari Tuban Kota, silakan menuju ke arah Kecamatan Semanding, dari Kecamatan Semanding masuk ke arah Jalan Raya Penambangan. Lurus terus sampai ketemu plang Desa Ngino. Setelah itu ikuti jalan tersebut lalu masuk ke Jalan Dermawuhar.

Sering-sering tanya, ya. Soalnya minim penunjuk jalan. Semoga Pemerintah setempat segera membuat penunjuk jalan ke arah Wisata Sendang Asmoro Ngino ini agar memudahkan pengunjung datang ke tempat wisata di Tuban seperti Sendang Asmoro ini.

Alamat lengkap Sendang Asmoro Ngino adalah Dusun Krajan, Desa Ngino, Kec. Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62381

Tiket Masuk Sendang Asmoro

Tiket masuk wisata ini waktu saya berkunjung adalah Rp 10.000,-/ orang dan parkirnya gratis. Mungkin sekarang sudah naik karena ada penambahan wahana juga serta juga menyesuaikan dengan harga-harga yang lain.

Walaupun membayar Tiket Wisata Sendang Asmoro sebanding dengan apa yang didapat oleh pengunjunga. Saya rasanya kok enggan meninggalkan tempat yang segar penuh oksigen ini.

Suasana Sendang Asmoro

Saya masuk dari pintu gerbang utama sudah sangat asri, hawa segar segera menyergap seluruh tubuh saya. Saat masuk sudah disambut dengan para pedagang yang ramah-ramah. Pedang-pedagang ini 100% warga desa Ngino dan hanya ditarik retrebusi yang wajar.

Setelah itu di sisi kiri sudah ada kolam renang yang rasanya saya pengen langsung nyebur. Haha.

Terus lurus akan ada pohon-pohon besar yang menaungi sendang. Untuk Bapak/ Ibu yang membawa anak-anak agar mengawasi anak-anaknya ya. Aman sih sebenarnya untuk anak-anak, namun tetap kewaspadaan orang tua dibutuhkan supaya terhindar dari cidera.

Pemandangan utamanya adalah sendang yang luas dan air jernih yang mengeluarkan suara gemericik, duh! Ada juga ikan-ikan besar yang menari-nari seolah mengucapkan selamat datang kepada pengunjung.

Ada jembatan kecil juga untuk menyebrangi Sendang. Di seberang Sendang ada Gazebo-gazebo yang siap kamu gunakan untuk bersantai menikmati segarnya udara.

Di sebelah kiri ada taman-taman cantik dan spot foto untuk eksis di media sosial.

Nah demikian kunjungan saya ke Sendang Asmoro, Yuk ke Tuban!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Komentar