7 Fakta Tentang Uang Baru NKRI Tahun 2016

Uang Baru Rupiah 2016

Indonesia memiliki desain uang baru. Desain modern nan menawan ini diresmikan oleh Presiden Jokowi pada tanggal 19 Desember 2016, kemarin. Banyak yang menyambut dengan gembira, dan ada beberapa pihak yang kurang informasi sebenarnya, yang agak sayang dengan uang rupiah. Nah kalau kamu tertarik dengan desain uang kece milik NKRI ini, yuk kita simak 7 fakta tentang uang Baru Rupiah tahun emisi 2016.

Bergambar Foto Pahlawan Nasional, Pemandangan Alam, Bunga dan Budaya

Pemerintah bersama Bank Indonesia mengeluarkan 11 desain uang rupiah pada tahun 2016 ini. Tahukah Kamu seluruh uang desain baru memiliki desain yang hampir mirip baik kertas maupun logam. Mereka semua memuat gambar pahlawan nasional, gambar pemandangan Indonesia dan gambar budaya seni Indonesia. Uang pecahan Rp 100.000,- memuat gambar Soekarno Hatta, kemudian pada pemandangannya adalah raja ampat, kemudian bunga anggrek bulan dan pada gambar budayanya tari topeng, Betawi. Nah keren, kan?

Ukuran Uangnya masing beda 2 mm

Ada yang unik dari ukuran uang baru rupiah tahun 2016 ini. Semua ukuran uangnya beda 2 mm setiap nilainya secara berurutan. Misalnya Pada pecahan Rp 100.000,- ukurannya adalah 151 mm x 65 mm, sedangkan pada pecahan dibawahnya yaitu Rp 50.000,- memiliki ukuran 149 mm x 65 mm dan dibawahnya lagi Rp 20.000,- memiliki ukuran 147 mm x 65 mm. Hanya pecahan Rp 2.000,- dan Rp 1.000,- yang memiliki ukuran yang sama.

Salah satu Uang yang memiliki tingkat pengamanan terbaik

Menurut Gubernur Indonesia, uang 2016 ini memiliki sistem pengamanan yang berlapis. Tidak main-main uang ini memiliki 9-12 unsur pengaman yang melekat dan mencegah pemalsuan. Tidak itu saja, dari 9 – 12 pengamanan tersebut, terdapat 5 unsur pengamanan yang ditingkatkan, diantaranya warna, ultraviolet sampai rectoverso. Nah semoga dengan beredarnya uang ini akan mampu menghilangkan pemalsuan uang rupiah yang beberapa waktu lalu sempat marak terjadi.

Ada Tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Perhatiin deh, sebelum ada uang baru 2016 ini, uang yang kita miliki tidak ada tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ada sih yang gunakan tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yaitu uang Rp 100.000,- tahun emisi 2014. Nah pada uang baru 2016 ini seluruh pecahan uang bertuliskan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini sebenarnya sesuai dengan Undang-undang Mata Uang No. 7 tahun 2011, pada pasal lima ayat satu yang mensyaratkan ada frasa Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Cara Pengecekan tetap 3D

Cara pengecekan dengan diraba, dilihat dan ditrawang atau yang dikenal dengan sebutan 3D, merupakan cara ampuh untuk mengenali uang asli rupiah secara sederhana. Kampanye pengecekan dengan gerakan 3D ini sebenarnya sudah lama digaungkan oleh Bank Indonesia. Pada uang 2016 ini, cara pengecekan keasliannya pun masih sama.

Tjut Mutia satunya-satunya pahlawan wanita di uang baru 2016

Kamu tahu, ternyata Cut Mutia adalah satu-satunya Pahlawan Nasional Wanita yang menjadi gambar uang baru rupiah 2016. Cut Mutia adalah Pahlawan Nasional dari Aceh yang gigih berjuang melawan pendudukan penjajah. Cut Mutia tiada henti melawan penjajah sampai gugur pada tahun 1910. Kita patut berbangga, wanita-wanita Indonesia ternyata memiliki kepedulian tinggi hingga mau telibat pertempuran demi meraik kemerdekaan.

Diantara Pahlawan Nasional tersebut ada Tokoh NU

Ini kabar baik untuk para warga Nahdliyin. Tokoh NU yang bernama KH Idham Chalid menjadi salah satu Pahlawan Nasional yang fotonya menjadi gambar mata uang rupiah desain baru ini. KH Idham Chalid lahir pada tanggal 27 Agustus 1921 di Amuntai, Kalimantan Selatan. Ia menjadi Ketua Umum PBNU pada usia relatif muda, 34 tahun. Dan di antara ketua-ketua umum yang lain, ia merupakan yang terlama.

Gimana keren kan uang kita, Rupiah? Sesuai pesan Pak Presiden, Yuk kita jaga rupiah dari gosip-gosip supaya tetap perkasa dan kredibel.

Yuk Atur Uangmu, Lakukan 7 Hal ini

Yuk Atur Uangmu Sumber : http://globalaccessibilitymap.com
Yuk Atur Uangmu
Sumber : http://globalaccessibilitymap.com

Yuk Atur Uangmu! Kayanya gampang banget yah ngomongnya. Ya emang gampang sih sebenernya, cuma butuh konsisten aja sama langkah-langkah untuk mengatur uang. Untuk saya yang merupakan keluarga muda, tsaaahhh… Ya emang masih muda bro kan baru 2014 kemarin menikah dan sekarang sudah punya satu bayi perempuan yang lagi aktif-aktifnya. Oiya saya bekerja sebagai karyawan sebuah perusahaan, gajinya ya standard gaji fresh garduate di tempat lain. Istri saya sempat bekerja namun sekarang sudah resign, jadi saya satu-satunya sumber pendapatan keluarga.

Saya juga sekarang sudah tinggal sendiri, sudah beli rumah sih tapi belum selesai pembangunannya, jadi sekarang masih ngontrak. Terus gimana dong mengatur keuangan keluarga kecil saya ini? Sebenernya sederhana ini sih, kamu juga bisa melakukannya. Saya ndak bermaksud menggurui, saya cuma mau berbagi pengalaman aja sih. Yuk simak 7 hal ini untuk mengatur uangmu.

Saling Terbuka

Keterbukaan Sumber : http://complianceandethics.org
Keterbukaan
Sumber : http://complianceandethics.org

Ingat kamu sekarang sudak nikah, jadi ndak perlu gengsi-gengsian. Biasanya Kamu para pria saat pacaran suka pamer kemapanan di depan calon istrimu, dan sekarang udah nggak saatnya lagi kamu kaya gitu. Kamu harus terbuka kepada pasanganmu tentang penghasilanmu yang sebenernya. Kamu harus buka semua penghasilanmu jangan ada yang dirahasiakan sedikitpun. Untuk apa sih? Ya paling mendasar untuk mengukur kemampuanmu, kedua akan menimbulkan rasa saling percaya.

Rajinlah Menabung

Menabung Sumber : http://everydayme.co.id
Menabung
Sumber : http://everydayme.co.id

Bagi karyawan kaya saya yang bekerja 8 jam sehari kadang lebih, sepertinya susah untuk memiliki usaha sampingan. Udah nggak kuat Bro! Jadi ndak usah memimpikan uang tambahan yang tiba-tiba blek besar banget gitu dari usaha sampingan. Mending nabung, ndak usah ngoyo kerja, anak istrimu juga butuh perhatianmu. Ndak usah maksa investasi-investasi yang kamu sendiri nggak nguasain detailnya, nanti pusing uang habis dan anak istrimu kurang perhatian dari kamu. Coba deh baca gimana pengaruh perhatian kamu sebagai orang tua terhadap perkembangan anak.

Buatlah Rekening Khusus Tabungan

Rekening Bank Khusus Tabungan Sumber : http://meerasantoshi.com
Rekening Bank Khusus Tabungan
Sumber : http://meerasantoshi.com

Khusus untuk hal ini, saya sudah melakukannya sejak bekerja. Saya meminta orang tua saya di kampung untuk membuka rekening tabungan yang tidak ada ATM-nya dan buku tabungannya nggak dikasihkan ke saya. Rekening Bapak saya tersebut saya transfer setiap bulan sisa uang gaji saya dan saya nggak bisa mengambilnya hawong nggak ada ATM-nya dan kalaupun ngambil harus pulang kampung yang jaraknya 850 KM, jadi kalau nggak punya uang mending puasa deh daripada ngambil segitu jauh. Nah ketika menikah hal yang sama saya lakukan, saya membuka rekening dan dipegang istri.

Jangan Tergiur Usaha Sampingan yang Nggak Kamu Kuasain

Side Job Sumber : http://vipcardusers.wordpress.com
Side Job
Sumber : http://vipcardusers.wordpress.com

Ada beberapa kawan di kantor yang memaksakan diri untuk memiliki usaha di luar pekerjaannya sehari-hari di kantor. Memang sepertinya enak banget ya, penghasilannya double. Tapi kalau kamu nggak punya kemampuan mengelola bisa bikin pusing kamu dan keluargamu. Kalau kamu yakin sama usaha sampingan yang kamu lakuin bisa kamu handle dengan baik tanpa mengorbankan perhatian ke keluarga dan karir utama ya monggo dikerjakan.

Buat List Kebutuhan dan Tingkat Kepentingan

Penentuan Kebutuhan Sumber : https://thesalesblog.com
Penentuan Kebutuhan
Sumber : https://thesalesblog.com

Ketika kamu menikah, kamu harus segera membuat perencanaan kebutuhan dan tingkat kepentingannya. Oke contoh saya ya. Saya ingin memiliki rumah. Kepentingan saya pertama adalah kenyamanan anak dan istri saya di rumah tersebut, kemudian kedua pendidikan anak saya harus terjangkau dan berkualitas, kemudian harga rumah tersebut terjangkau oleh penghasilan saya.

Dengan kebutuhan rumah dan kepentingan tersebut saya harus mencari rumah yang nyaman, murah dan memiliki akses pendidikan yang murah dan berkualitas. Soal jarak dengan tempat kerja saya ternyata kepentingannya nggak tinggi dibanding hal yang disebutkan sebelumnya. Jadi pertimbangan soal jarak ke tempat kerja bisa diabaikan.

Ikut Asuransi

Auransi Sumber : http://www.sinarmasmsiglife.co.id/
Auransi
Sumber : http://www.sinarmasmsiglife.co.id/

Oke, ini adalah hal paling krusial untuk dilakukan oleh anak muda ataupun keluarga muda. Dengan keadaan ekonomi kita yang memang terus membaik sih tapi kan gak semua orang menikmati kemajuan ekonomi. Saya contohnya, kalaupun saya dapat gaji tiap bulan rasanya juga akan kolaps ketika saya atau anggota keluarga saya sakit dan membutuhkan biaya besar untuk memulihkan kesehatan.

Sekarang Asuransi sudah mengalami banyak perkembangan, tidak hanya melindungi diri tapi juga menghasilkan investasi. Salah satu perusahaan asuransi yang keren yaitu Sinarmas MSIG Life. Sinarmas MSIG Life menawarkan berbagai produk asuransi sesuai dengan kebutuhan kamu semua. Nah sebagai keluarga muda yuk berasuransi. Menurut saya berasuransi itu salah satu cara untuk mendisiplinkan perencanaan keuangan, khususnya untuk keluarga muda macam saya ini.

Konsisten

Konsisten Sumber : http://www.hearandplay.com
Konsisten
Sumber : http://www.hearandplay.com

Terakhir dan yang paling penting adalah konsisten. Kamu harus melakukan semua poin diatas dengan konsisten. Kalau kamu konsisten maka langkah-langkah diatas akan mengantarkanmu menjadi seorang dengan perencanaan keuangan yang baik. Kamu nggak akan keteter dengan suatu peristiwa yang mungkin akan membutuhkan banyak biaya, karena semuanya telah direncanakan dengan baik dan dilaksanakan dengan konsisten.