Pantai Cemara Tuban, Untuk Kamu yang Suka Travelling

Pantai Cemara Tuban
Pantai Cemara Tuban

Pantai Cemara Tuban adalah salah satu tempat wisata pantai di Tuban. Pantai ini juga sering disebut sebagai pantai Kute. Bukan Kute di Bali, namun Kute merupakan akronim dari Kulone Terminal.

Di suatu pagi yang cerah sekali, saya tergoda untuk ke pantai. Rasanya sejak Covid19 melanda Indonesia bulan Maret 2020 lalu, saya belum pernah ke pantai. Sebelumnya saya sering ke Pantai Boom Tuban, sebuah pantai legendaris di Tuban. Namun, saat ini rasanya saya ingin ke Pantai Cemara Tuban.

Bacaan Lainnya

Saya menuju ke Pantai Cemara. Pantai ini memang sempat menjadi primadona tempat Wisata Tuban karena gratis! Waktu itu. Untuk saat ini, nanti kita cek, apakah masih gratis seperti jaman saya SMA dulu, atau sekarang sudah berbayar.

Pantai Cemara dan Pantai Kute

Seperti yang saya bahas pada paragraf awal. Pantai ini memiliki nama lain yaitu Pantai Kute yang merupakan akronim dari Kuloner Terminal. Terjemahan bebasnya adalah Pantai Sebelah Barat Terminal.

Ya ini tidak salah, karena di sebelah timur pantai ini ada sebuah terminal besar tapi sayangnya sepi. Entah kenapa, padahal menurut saya terminal ini sangatlah bagus. Langsung berada di tepi pantai bak Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Lalu selain terletak di sebelah barat terminal, pantai ini juga dipenuhi oleh pohon Cemara. Itulah yang menyebabkan pantai ini dikenal juga dengan Pantai Cemara Tuban. Saya tidak tahu jenis Cemaranya, mungkin Cemara Laut. Hawong tumbuh di pinggir laut.

Rute dan Harga Tiket Masuk

Rute sebenarnya sangat mudah. Patokannya adalah Terminal Tuban. Ketika kamu sampai di terminal Tuban, maka tinggal ke sebelah baratnya, sampai deh di Pantai Cemara atau Pantai Kute ini.

Pantai ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum karena letaknya persis di Jalan Pantura yang menghubungkan Tuban dengan kota-kota lain di sekitarnya.

Untuk harga tiket masuknya saya ternyata gratis, kamu hanya butuh untuk membayar parkir yang jumlahnya Rp 10.000,- saja untuk mobil dan Rp 5.000,- untuk sepeda motor.

Saya belum tau kalau bawa sepeda bayar apa tidak. Kalau ada yang pengalaman bawa sepeda ke pantai cemara ini, kamu bisa beritahu saya di kolom komentar. Seru juga kayanya sepedaan di pinggir laut.

Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Cemara Tuban

Ini yang bikin saya antusias membuat tulisan ini. Kalau kamu ke Pantai Cemara, kamu mesti siapkan pakaian yang siap untuk basah-basahan. Untuk anak-anak saya sarankan gunakan Swim Suite yang lengan dan celana panjang sih, jadi tetap nyaman dan aman. Saya sarankan juga gunakan pakaian berwarna mencolok, supaya mudah dikenali.

Aktivitas pertama yang kamu bisa lakukan. Kamu bisa main pasir. Seperti pantai pada umumnya lah ya. Posisi paling seru main pasir adalah yang di perbatasan air sama pasir. Pokoknya sedekat mungkin dengan air lautnya.

Kamu bisa gali-gali pasir, terus bikin benteng dari pasir. Pas ombak menyapu benteng kamu nah itulah serunya. Paling pas emang bawa anak-anak.

Lalu apalagi? Favorit saya adalah mencari kerang. Konon pantai ini adalah tempat kerang bersembunyi. Katanya nih musimnya itu saat puncak musim kemarau. Ya sekitar bulan Agustus lah.

Cara mencari kerang itu mudah. Kamu tinggal gali-gali pasir aja, ya sedalam jari jempol lah. Kalau sedalam itu belum ada juga, kamu tinggal pindah ke spot yang lain. Saya bisa dapat satu kresek kecil itu sekali main ke pantai ini. Kalau kamu jeli, saya yakin lebih banyak yang bisa kamu dapatkan.

Jika bosen dengan kedua aktivitas di atas, kamu bisa deh main kejar-kejaran di air laut. Mandi Air laut, main ombak. Tapi tetap hati-hati ya. Untuk yang membawa anak-anak terus fokus memberi pengawasan kepada anaknya, jangan lengah!

Oiya, kamu juga bisa habiskan waktu dengan mengendarai sepeda kamu. Sepedaan di pantai cemara ini sangat seru. Pilih jalanan pasir yang agak keras supaya sepeda kamu enggak terjebak di pasir. Terjebak pun sebenarnya tidak apa-apa, kan bisa diangkat.

Waktu yang Tepat ke Pantai Cemara

Kalau saya sih, untuk main pasnya pagi hari. Makin lama makin terang, makin semangat mainnya. Ya kalau di Tuban, sampai di Pantai ini pukul 05.30 WIB adalah waktu yang tepat. Kalau ingin menikmati Sunset kamu bisa datang lebih pagi lagi.

Namun, jika kamu ingin menikmati suasana yang enak, ya datangnya sore. Badan udah mandi, seger, terus nongkrong di pinggir pantai ditemni semilir angin laut menikmati sore. Duh! Kopi mana kopi? Hehe.

Tips Liburan di Pantai

Pertama pakailah pakaian yang adem karena ini pantai. Untuk anak-anak saya sarankan gunakan pakaian renang yang serba panjang untuk melindungi kulitnya dari sengatan matahari.

Selanjutnya bawalah baju ganti di sini ada beberapa tempat ganti baju dan bilas. Saya tidak tahu bayar apa tidak, soalnya pas saya kesana tutup. Ya minimal bisa ganti di mobil.

Jangan lupa bawa tiker, apalagi kalau kamu berniat menghabiskan waktu sore kamu di Pantai Cemara Tuban. Paling pas ya duduk di tiker, menghadap laut nan luas itu.

Bawalah minum yang banyak. Main seperti ini menghabiskan energi dan pantai biasanya kan panas, otomatis juga menguras cairan tubuh. Jadi kamu mesti sering-sering minum untuk menjaga tubuh kamu dari dampak buruk dehidrasi.

Kalau kamu bawa kendaraan baik mobil, motora atau sepeda tetap pastikan kendaraan kamu dalam pantauan kamu. Pastikan mereka aman di tempatnya.

Terakhir selalu waspada, ya. Biar semua selamat! Yuk berlibur ke Tuban!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *