Naik KRL atau Commuterline dengan LinkAja, Gimana Caranya?

Naik KRL atau Commuterline dengan LinkAja

Jika amu sedang travelling di Jakarta, kamu bisa gunakan Commuterline atau KRL untuk menuju ke titik-titik yang akan kamu kunjungi. Dulu, kamu hanya bisa menggunakan kartu-kartu uang elektronik yang diterbitkan oleh Bank. Saat ini ada pilihan lainnya yaitu Naik KRL atau Commuterline dengan LinkAja. Lalu gimana cara naik KRL dengan LinkAja?

Beberapa waktu sebelumnya saya lihat ada pintu khusus stasiun Commuterline. Pintu khusus ini berwarna merah dan terdapat scanner. Ternyata pintu khusus tersebut dipersiapkan untuk pengguna LinkAja.

Muat Lebih

Untuk yang belum tahu, LinkAja adalah transformasi dari TCash besutan Telkomsel. Layanannya seperti Uang Elektronik berbasis aplikasi lainnya. Cuma serunya karena ini besutan BUMN, jadi kayanya untuk kamu yang pengguna aktif layanan BUMN seperti listrik, BBM, jalan tol termasuk KRL akan dimudahkan dengan hadirnya Uang Elektronik ini.

Install LinkAja di Smartphone

Langkah pertama kamu harus menginstall LinkAja di Smartphone. Saya pengguna Android, jadi saya menuju ke Playstore lalu search saja LinkAja. Setelah itu Download lalu install.

Setelah selesai kamu harus konfigurasi LinkAja kamu. Umum sih, kamu harus memasukkan kode yang dikirimkan oleh LinkAJa melalui SMS. Ingat untuk keamanan jangan bagikan apapun informasi terkait akun LinkAja kamu kepada siapapun. Nah setelah konfigurasi selesai, saatnya kamu isi saldo kamu.

Pastikan Saldo LinkAJa Kamu Cukup

Naik KRL atau Commuterline dengan LinkAja, kamu harus pastikan saldo kamu lebih dari Rp 13.000,-. Soal kenapa harus lebih dari itu, nanti saya jelaskan di bawah.

Untuk mengisi saldo kamu cukup gunakan layanan dari Bank-bank BUMN. Saat ini sih belum ada biaya top up. Lalu untuk maksimum top up saldo adalah sebesar Rp 2.000.000,- untuk akun dengan type Basic. Kamu bisa uprade akun kamu ke premium dengan cara scan KTP kamu dan ajukan permohonan melalui aplikai. Ada banyak fitur ketika akun premium diaktifkan.

Menuju Gate yang Melayani LinkAJa di Stasiun KRL

Saya belum memperhatikan, apakah seluruh Stasiun sudah dilengkapi Gate yang melayani LinkAja. Tapi sepertinya sudah seluruhnya ada. Untuk mengenalinya, gate yang melayani LinkAja berstiker merah dan memiliki logo LinkAja.

Jika kamu ragu-ragu, kamu bisa bertanya kepada petugas KRL yang sedang berjaga. Kalau rute saya, Bekasi – Tanah Abang. Lancar-lancar aja sih. Kalau di Bekasi di Gate Utara ada di sebelah kiri. Biasanya ada pembatas khusus untuk orang yang keluar stasiun. Namun bisa melayani penumpang masuk, ya dengan syarat menggunakan LinkAja tadi. Jadinya untuk sementara bebas antrian. Hehehe.

Di Tanah Abang pun sama. Terdapat pembatas untuk penumpang yang keluar saja. Tapi tenang bisa masuk dengan LinkAja.

Goyang-goyang LinkAja yang Ada di Smartphone Kamu

Sebelum ke Gate, kamu buka aplikasi LinkAja, lalu goyang-goyang Smartphone kamu. Setelah itu akan muncul QR Code. Nah saran saya, kamu goyang-goyangnya sesaat sebelum mencapai gate, karena hanya dibatasi 30 detik munculnya QR Code tersebut. Jadi santai saja, ya.

Kalau saya akan menggoyang-goyangkan Smartphone tepat sebelum scan QR Code saya lakukan. Lagian di sekitar gate banyak petugas Commuterline yang akan membantu kamu jika terjadi masalah dengan sistem pembayaran kamu.

Scan QR Code ke Gate Stasiun

Setelah QR Code muncul di Smarphone kamu, langsung scan saja di Gate yang melayani LinkAJa. Nah setelah Tapping, saldo kamu akan berkurang Rp 13.000,-.

Menurut berbagai sumber yang saya baca, Rp 13.000,- adalah harga untuk rute terjauh yang dilayani oleh KRL. Nanti ketika Kita Scan QR Code lagi di Gate untuk keluar stasiun, maka kelebihannya akan dikembalikan ke saldo Link AJa.

Naik KRL atau Commuterline

Setelah semua tahapan kamu lalui, saatnya kamu menunggu KRL di peron yang telah disediakan. Matikan saja aplikasinya untuk menghemat baterai. Saat naik KRL patuhilah semua himbauan, seperti misalnya jangan menempati kursi yang bukan haknya. Jangan makan dan minum, jangan duduk di lantai dan lain.

Scan QR Code saat Keluar

Sama dengan saat masuk, saat keluar juga harus melakukan scan QR Code lagi. Caranya sama dengan goyang-goyangkan Smartphone kamu. Lalu menuju ke gate yang bertanda LinkAja.

Setelah lampu menyala hijau, silakan keluar. Setelah itu akan ada pemberitahuan di Aplikasi tentang pengembalian saldo yang ditahan tadi. Jika misalnya tarif perjalanan kamu Rp 3.000,- maka akan dikembalikan sebesar Rp 10.000,-.

Nah mudah kan menggunakan Aplikasi LinkAja untuk naik KRL. Ayo naik kendaraan Umum!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar