Libur, Ini Tempat Wisata Tuban yang Harus Kamu Kunjungi

Wisata di Tuban

Libur telah tiba, libur telah tiba, hore hore hore. Sepenggal lirik dari lagu libur telah tiba yang dipopulerkan oleh Tasya. Bukan Tasya Rosmala lho ya, kuwi lak senenganmu oa oe. Hahaha. Dulu orang Tuban menghabiskan liburannya ke luar kota. Maklum waktu dulu belum banyak tempat wisata di Tuban. Paling-paling pantai boom, Pemandian Bekti Harjo, Air Terjun Ngelirip, Sumber Ngerong dan lain-lain.

Sekarang, keadaan sudah berubah, banyak sekali pilihan tempat wisata yang ada di Tuban ini. Rasanya nggak habis kamu kunjungi selama libur akhir tahun berlangsung. Berikut diantaranya

Bacaan Lainnya

1. Sendang Asmoro Ngino

Sendang Asmoro Tuban
Credit : masbek.id

Sendang Asmoro besutan Pemerintah Desa Ngino ini merupakan wisata air di sisi tengah Kabupaten Tuban. Terletak di Desa Ngino Kecamatan Semanding. Untuk ke sini kamu hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewa/ carter. Soalnya belum ada kendaraan umum yang melayani rute ini. Kamu bisa menempuh perjalanan ke arah Semanding, belum ada penunjuk jalan yang signifikan, tapi tenang warga sekitar sangat membantu untuk menunjukkan jalan.

Di sana ada wahana utama yaitu sendang yang memiliki mata air sendiri dan tidak kering sepanjang tahun. Sendang ini diliputi pohon-pohon besar yang rindang sehingga nyaman sekali untuk ngadem. Selain sendang ada juga kolam renang yang terletak di samping kolam renang. Di Sendang terdapat wahana sepeda air, flying fox dan memberi makan ikan.

Tiket masuk masih murah berkisar antara Rp 10.000,- sedangkan parkirnya juga murah bahkan gratis.

2. Pemandian Bekti Harjo

Bektiharjo
Credit : bektiharjo.com

Pemandian Bekti Harjo adalah tempat wisata yang legendaris di Tuban. Tempat wisata yang dikelola oleh Pemda ini memiliki ikon spesial yaitu para monyet yang berkeliaran di pemandian ini. Keberadaan monyet ini juga mendandakan bahwa tempat ini terjaga kelestariannya.

Untuk menuju tempat ini sepertinya juga sama dengan Sendang Asmoro, kamu hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewa/ carter. Mungkin Ojek Online bisa juga jadi alternatif mengantarkan kamu ke wisata yang keren ini.

Wisata ini ada di desa Bekti Harjo Kecamatan Semanding. Dari Pusat Kota kamu bisa menuju ke Pasar Baru Tuban Terus ke selatan. Sudah ada beberapa penunjuk jalan menuju ke Tempat Wisata ini.

Fasilitasnya relatif lengkap, tempatnya adem banget, pohonnya besar-besar, sendang yang mata airnya masih terus memancarkan air yang jernih.

3. Pemandian Silowo

Pemandian Silowo
Credit : kaktowo.com

Pemandian Silowo menyediakan wahana pemandian alami. Di sekitar pemandian ini pengunjung dapat menikmati rindangnya barisan pohon sagu. Ya tempat ini adalah penghasil sagu. Airnya jernih karena keluar langsung dari mata air. Tempat wisata ini sekaligus menjadi konservasi air. Jangan diganggu ya Bapak/ Ibu pejabat. Silowo ini hutan sagu atau tebasan di Merakurak yang masih terjaga. Banyak hutan sagu yang sudah beralih jadi sawah.

Untuk menuju tempat ini kamu bisa menggunakan Angkutan Desa. Dari Pusat Kota Tuban bisa naik yang arah Montong atau Kerek. Terus turun di Dam Merakurak. Nanti selanjutnya kamu bisa tanya orang sekitar dam Merakurak itu.

Kenapa kamu perlu ke sini. Paling utama kamu bisa memberikan pengetahuan kepada anak-anak tentang pentingnya konservasi alam demi keberlanjutan kehidupan yang baik.

4. Kampung Air Merakurak

Kampung Air Merakurak
Credit : sambonggede-merakurak.desa.id

Wisata Kampung Air dikelola oleh Pemerintah Desa Sambong Gede. Tempat wisata ini lokasinya sebelah selatan Lapangan Merakurak. Satu jalur dengan Pemandian Silowo tadi. Sumber airnya pun masih sama yaitu dari kumpulan hutan Sagu yang tumbuh di sekeliling Wisata Kampung Air Merakurak.

Untuk ke sini kamu bisa naik Angkutan Desa dari pusat Kota Tuban ke arah Kerek atau Montong. Lalu turun di Lapangan Merakurak.

Wahana ya sama dengan pemandian lainnya seperti misalnya kolam renang yang dangkal untuk anak-anak, lalu prosotan dan lain-lain. Tetap perhatikan anak-anaknya, ya.

5. Jatiwangi Park dan Goa Djoyokusumo

Jatiwangi Park Merakurak

Di blog ini saya sudah pernah menulis tentang tempat wisata yang berada di Kecamatan Merakurak. Untuk menuju tempat ini kamu bisa menggunakan kendaraan umum angkutan desa arah montong. Kamu bilang aja turun di Jatwangi.

Tempat wisata ini sesuai namanya dinaungi oleh pohon-pohon jati, sehingga membuat suasana rindang. Terdapat wahana kolam renang. Kolam renang anak-anak dan dewasa. Ada tempat outbond juga. Di sebelah utaranya ada bumi perkemahan.

nah serunya ada juga wahana goa di sini. Nama doanya Djoyokusumo. Kamu bisa menikmati stalaktit dan stalakmit yang ada di goa ini. Ada juga mini zoo yang berisi burung-burung. Tempat yang pas untuk wisata keluarga di liburan sekolah.

6. Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip
Credit : nurrochma.com

Air Terjun Nglirip adalah tempat wisata paling legendaris di Tuban. Tempat wisata ini pernah menjadi lokasi pengambilan gambar salah satu film Rooma Irama yang berjudul Kelana. Lokasinya berada di Kecamatan Singgahan. Untuk menuju tempat ini sih paling mudah menggunakan kendaraan pribadi maupun sewa.

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 25 meter. Bersumber dari sumber air Kerawak. Pemandangannya sangat indah. Dari jauh air terjun ini terlihat kehijauan. Nyegerin mata pokoknya. Di sini harus hati-hati, harus ikuti rambu-rambu yang terpasang.

Serunya lagi di sini banyak penjual rujak buah dan sayur. Jangan lupa dicoba, enak banget. Terus ada juga penjual makanan lainnya yang siap menggoyang lidah kamu yang kelaparan habis main air di tempat ini.

7. Wisata Pelang

Wisata Pelang

Baru sadar ternyata tempat wisata di Tuban mayoritas melibatkan air. Ya nggak apa-apa. Dimana-mana juga gitu. Soalnya air memberi kesegaran. Apalagi air di Tuban, duh ngangenin. Nah selanjutnya adalah Wisata Pelang. Wisata ini dikelola oleh Pemerintah Desa Tahulu. Untuk kesini kamu hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi, carter atau sewa.

Wisata ini terletak di Dusun Pelang Desa Tahulu Kecamatan Merakurak. Kalau kamu dari Tuban bisa ambil rute ke arah Merakurak, lalu di perempatan Mandirejo belok ke selatan. Terus susurin jalan desa Mandirejo, sampai ketemu MI Salafiyah terus sampai di jembatan Pelang belok kanan. Sampai deh!

Wahananya adalah hutan sagu. Sama seperti di Silowo. Bedanya di sini banyak gubug-gubug untuk beristirahat. Ada ikan-ikan yang siap kamu beri makanan. Nggak ngapa-ngapain juga sudah enak. Duduh aja sambil menikmati udara segar di antara pohon sagu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Komentar