Cara Hemat Pakai Kuota Buat Anak Kosan, Koneksi Lancar Dompet Tebal

Sumber: kataindonesia.com

Anak kosan dituntut pandai memutar uang saku jika ingin bertahan hidup sampai uang makan kiriman datang kembali. Selain makan dan transportasi, kuota data jadi pengeluaran terbesar bagi anak kos. Tiga pengeluaran ini yang mau nggak mau tetap harus dikeluarkan setiap bulannya.

Tidak jarang budget kuota data jadi lebih banyak daripada pengeluaran lainnya. Rasanya baru isi pulsa kemarin untuk isi data, tapi kok sudah habis saja.

Biar pengeluaran kamu buat keperluan internet nggak semakin membengkak, coba ikuti beberapa tips berikut ini.

Matikan Auto-update

File-file update aplikasi terlihat kecil jika di-breakdown satu per satu. Tetapi coba hitung jika semua aplikasi yang ada di ponsel kamu diupdate berbarengan. Jumlahnya cukup banyak, dan pastinya menyedot kuota data.

Sebaiknya matikan auto-update aplikasi, dan hanya nyalakan jika ponsel terhubung dengan WiFi. Nggak perlu khawatir bakal ketinggalan update, karena masing-masing aplikasi pasti akan memberitahukan kapan waktunya kamu harus update. Dan hanya perbarui aplikasi yang diinginkan saja ketika diperlukan.

sumber:hotcore.net

sumber:hotcore.net

Matikan Sinkronisasi Data yang Jarang Terpakai

Dengan auto-sync yang menyala setiap saat, e-mail dan media sosial memang jadi selalu update. Tetapi hal ini secara nggak kamu sadari sudah memakan kuota data, bahkan ketika kamu tidak membukanya. Auto-sync terus menerus mencari data baru setiap beberapa periode sekali untuk mendapatkan pembaruan.

Biar kuota data kamu hemat, sebaiknya fitur ini dimatikan. Tanpa auto-sync, e-mail dan media sosial kamu hanya akan terupdate ketika kamu membukanya dan meminta pembaruan. Cara ini lebih menghemat kuota daripada terus menyalakannya.

Pakai Internet Dari XL

Cara mudah lainnya untuk tetap update tanpa pusing setting sana-sini adalah dengan isi pulsa XL di Traveloka. Dengan harga yang murah, internet dari XL juga dijamin kecepatan dan kualitas sinyalnya.

Isi pulsa XL di Traveloka pun harganya sangat terjangkau. Anak kosan bisa tetap lancar internetan, tanpa harus puasa makan. Bahkan dompet kamu bakal tetap tebal, karena dengan internet lancar dari XL, sisa budget masih tersimpan untuk keperluan yang lain.

sumber:tomsguide.com

Gunakan GPS Ketika Perlu Saja

Secara nggak kamu sadari, GPS adalah penyedot utama kuota data di ponsel. Terutama buat kamu yang sering memakai fitur peta digital untuk mencari lokasi atau sekadar memilih tempat makan.

GPS memerlukan koneksi juara untuk selalu update dari waktu ke waktu. Selain makan kuota data, perangkat ini juga membuat baterai ponselmu cepat habis.

Sebaiknya gunakan GPS hanya bila diperlukan saja. Fitur ini bisa dimatikan dan dinyalakan kembali ketika dibutuhkan. Dengan mode mati menyala seperti ini, kuota data kamu akan lebih hemat dan baterai pun lebih awet.

Pilih Browser yang Hemat Data

Siapa sih yang nggak browsing lewat ponsel sekarang ini? Mau cari sesuatu atau membaca berita dari tautan yang ada di media sosial, pasti menggunakan browser. Secara tidak sadar, pemilihan browser yang kurang tepat bisa membuat kuota kamu cepat habis.

Pilihlah browser yang bisa membantu menghemat data, seperti Opera Mini. Atau bisa juga gunakan Google Chrome, namun tambahkan opsi Data Saver untuk menghemat kuota.

Dengan Data Saver, halaman yang kamu buka akan otomatis terkompres oleh Google. Sehingga ukurannya jadi lebih kecil dan menghemat data.

1 thought on “Cara Hemat Pakai Kuota Buat Anak Kosan, Koneksi Lancar Dompet Tebal

  1. Saya anak kost memang perlu buat berhemat khususnya dibidang kuota hehehe,,,selama ini gak pernah sih merhatiin seperti sinkronisasi, atau gps,,,,kalau auto update sih dimatiin,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *