Bersuara dengan Sastra

Arek Tuban

Apa yang kamu pikirkan tentang cerpen? Mmm cerita pendek? Iya sih Cerpen iyu emang cerita pendek. Menurut saya cerpen adalah salah satu medium untuk menyampaikan pendapat atau sikap dalam bermasyarakat. Memang agak rumit sih hawong berpendapat saja musti berbentuk cerpen, tapi namanya manusia kan seleranya berbeda-beda.


Ada aliran tulisan bernama feature yang menulis fakta dengan bentuk cerpen. Tulisan ini menjadikan berita fakta menjadi lebih hidup. Karena mengajak pembacanya seolah berada dalam peristiwa tersebut. Memang cerpen itu cirinya mengajak pembacanya berada dalam cerita.

Selain cerpen ungkapan perasaan bisa juga disalurkan melalui puisi. Puisi biasanya mengalun indah membawa pesan nan halus. Biasanya disertai sindiran-sindiran jika bermaksud mengkritik seseorang. Indahnya puisi ya itu tadi mengkritik orang atau keadaan dengan halus, sehingga dapat menyentuh perasaan siapapun yang membacanya.

Kalau kamu mau tau tentang keduanya kamu bisa mampir ke Blog Mas Jaka, atau yang biasa di sebut Jaka Artub. Di blognya yang beralamat di www.arektuban.com Mas Jaka memiliki banyak koleksi cerpen dan puisi. Saya jadi membayangkan jangan-jangan kalau ngobrol sama Mas Jaka bakal bernada deklamasi puisi atau bercerita gaya cerpen.

Nah kalau kamu mau tahu soal puisi dan cerpen beserta seluk beluknya kamu bisa lho mampir ke blognya Mas Jaka. Mungkin mau belajar nggombal, haha. Habis belajar mbribik pake bahasa jawa ala MC manten di Blognya Kak Towo, sekarang kamu juga bisa mbribik pake puisi. Lengkap deh talenta blogger Tuban. Terakhir mari bersuara dengan sastra!

10 thoughts on “Bersuara dengan Sastra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *