Kuliner Tuban, Sate Cak Wahab Palang

Warung Sate Cak Wahab Palang
Warung Sate Cak Wahab Palang

Saya punya banyak kuliner Tuban favorit ketika pulang kampung. Salah satu makanan favorit saya adalah Sate Cak Wahab Palang. Sore ini rasanya kok kangen banget sama Sate Cak Wahab. Diskusi sama istri, eh dia juga sama mau sate Cak Wahab. Yawes kita berangkat ke Palang demi merasakan empuknya sate ini.

Berangkat jam 5 sore dari Tuban, naik motor bertiga sama anak dan istri. Duh enak banget nikmati angin pantai sore yang sepoi-sepoi sambil jalan-jalan. Setelah beberapa lama berkendara, saya sampai di depan warung sate Cak Wahab. Ternyata sudah rame banget. Saya aja ampe susah cari parkir.

Sampai langsung turun dan pesan. Awalnya saya pengen makan sate dan gule, tapi ternyata gulenya habis saudara-saudara. Jadilah saya cuma pesen sate saja 20 tusuk, dibakar mateng. Kalau mentah dikira kuntilanak ntar. Hehehe. Nah kalau kamu mau makan gulenya kamu mesti datang lebih siang lagi ya. Soalnya kalau udah menjelang magrib baru datang suka kehabisan. Untuk informasi, Warung Sate Cak Wahab ini buka dari pukul 16.00 sampai dengan 21.00.

Oiya warung Pak Wahab ini terletak di desa Glodog kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Kalau kamu dari arah Tuban, kamu ambil jalur Jalan Panglima Sudirman, lanjut ke timur, sampai dengan pertigaan manunggal utara kamu lanjut aja ke timur. Nah lurus aja sampai ketemu Makam Syekh Maualana Ibrohim Asmoroqondi.

Setelah makam tersebut kamu harus mulai pelanin kendaraan kamu, sebenernya masih agak jauh sih. Warung sate Cak Wahab ini ada di kanan jalan sebelahnya gerbang masjid Muhajirin. Pokoknya yang orangnya rame.

Setelah pesan, saya menunggu pesanan. Untuk mengobati kebosanan menunggu, kamu bisa pesen minum. Selain itu, tempat ini deket sama jalan raya. Kamu akan mudah nemuin Bus yang kadang juga mbunyiin telolet yang fenomenal itu.

Setelah menunggu beberapa saat, sate pun siap. Saya menuju kasir dan membayarnya. Nah setelah itu pulang deh, saya mbungkus soalnya. Kenapa mbungkus, soalnya kasihan anak saya sudah terkantuk-kantuk karena capek seharian main sama mbah-mbahnya. Nah sampai rumah langsung saya nikmati.

Ciri khas sate Cak Wahab ini dagingnya empuk, gimana enggak empuk hawong yang disate kambing muda. Kemudian enggak gitu berbau. Jadi nikmat jaya. Apalagi ditambah sama gulenya, hmmmm. Sayang tadi saya ndak kebagian Gulenya. Ndak apa-apalah kapan-kapan mesti datang lebih awal.

Selain sate, Warung Cak Wahab ini menyediakan Gule, Gule Kikil, Babat dan lain-lain. Minumannya juga lengkap khas warung tradisional, ada es teh, es jeruk, es blewah dan lain-lain. Perlu kamu tahu, semua menunya enak jaya.

Menu Warung Sate Cak Wahab Palang
Menu Warung Sate Cak Wahab Palang

Kalau kamu memang berniat berwisata kuliner, baiknya kamu makan ditempat saja. Enak kok tempatnya, ya kaya warung-warung tradisional gitu. Terus kalau kamu udah puas dan mau kembali ke Tuban, jangan lupa di sepanjang jalan ke Palang itu banyak penjual pelas Palang yang lagi ngehit itu.

Kan enak banget itu bisa nikmati pelas pedas setelah kenyang makan satenya Cak Wahab. Tuban memang kaya dengan kuliner yang luar biasa enak. Kamu ndak bakal cukup sehari untuk merasakan seluruh kuliner yang ada di bumi wali ini. Hampir setiap kecamatan bahkan desa memiliki kuliner khasnya masing-masing.

Sekian perjalanan saya ke Palang sore ini, semoga industri kuliner Tuban semakin baik dan semakin maju. Kalau bisa ekspansi ke luar kota, seperti kota sebelah yang makanannya ada di hampir seluruh kota di Indonesia raya ini.

Jika bermanfaat silakan anda bagikan tulisan ini dan kami juga memiliki koleksi tulisan yang menarik lainnya, silakan klik Daftar Isi untuk melihat daftar tulisan kami. Selamat membaca! 🙂

16 thoughts on “Kuliner Tuban, Sate Cak Wahab Palang

  1. Kuliner indonesia cuma sate aja banyak variannya, belum jenis makanan lain. Kalo di cianjur (jawa barat) yang terkenal sate maranggi.

    Bangga jadi orang indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *