Buat Kamu Calon Penumpang KRL Commuter Line, Perhatikan ini!

KRL Commuter Line
Sumber : www.krl.co.id

Kelas menengah akhir zaman seperti saya ini serba repot kalau merantau ke kota. Kenapa? Soalnya saya ndak mungkin bisa memiliki hunian di dalam kota Jakarta. Ngaku miskin juga nggak miskin jadi ndak mungkin dapet rusun, ngaku kaya pun buktinya nggak mampu beli properti apapun di Jakarta. Solusi satu-satunya ya beli di luar kota. Untungnya ada KRL atau Commuter Line bisa sedikit memecahkan masalah kami.

Untuk Kamu baru pindah rumah di luar kota perhatikan pesan-pesan saya ini, hehehe. Oiya kalau Kamu tinggal di Bekasi, Bogor, Tangerang dan lain-lain jangan ngaku Jakarta yak. Hahaha.

Berdoa Sebelum Berangkat

Berdoa
Sumber : http://www.passion4people.org

Awali semuanya dengan berdoa. Janganlah remehkan doa ini. Semua agama mengajarkan berdoa sebelum melaksanakan pekerjaan yang baik. Jadi berdoalah sebelum naik KRL. Doanya gimana? Ya tanya sama pemuka agama panjenengan semua, atau kalau orang desa kaya saya monggo tanyaken ke Pak Modin.

Persiapkan Uang Elektronik Kamu

E-Money
Sumber : http://rolling-capital.com

Naik KRL beda sama naik bus antar kota di Tuban sana. Naik KRL ndak ada karcisnya adanya tiket elektronik. Ada dua jenis, pertama tiket yang dikeluarkan oleh PT KJC bernama KMT, dan kartu yang dikeluarkan Bank seperti E-money, Flash dan lain-lain. Nah pastikan saldonya lebih dari 12 Ribu rupiah dan sudah diaktivasi. Jadi nanti tinggal makbleng masuk gitu.

Saya Sarankan Install KRL Access di Android Kamu

KRL Access

Untuk pemula kamu harus riset terlebih dahulu tentang jadwal KRL yang kamu inginkan. Aplikasi ini sangat membantu. Selain bisa tahu jadwal kamu juga bisa tahu dimana kereta kamu berhenti. Jadi kamu ndak perlu tanya-tanya ke orang atau satpam yang terkadang jauh dari jangkauan kamu. Tapi percayalah suatu saat kamu ndak memerlukan aplikasi ini lagi, karena insting kamu sudah terlatih melihat perilaku KRL. Hehehe.

Ketika Sampai di Stasiun Pasang Telinga dengan Benar

Dengarkan
Sumber : http://kingstheology.org

Maksudnya simak pengumuman dari pengeras suara, soalnya itu menentukan nasib kamu. Kalau kamu kurang jelas jangan segan bertanya dengan satpam yang ada disekitar peron. Nanyanya nomor peron yak jangan nanya nomor Handphone. Kalau udah yakin maka berjalanlah ke peron tempat KRL berhenti. Taati aturan. Berhenti dibelakang garis aman berwarna kuning dan melintaslah ditempat yang telah disediakan.


Perhatikan Gerbong Ada Dua Jenis

KRL Khusus Wanita

Kamu harus tahu, kalau gerbong kereta ada dua jenis. Untuk yang paling depan dan yang paling belakang adalah kereta khusus wanita. Jangan salah masuk. Coba aja sih kalau pengen denger omelan-omelan Ibu-Ibu kolaborasi sama Ibu-Ibu Muda mileneal. Jangan coba ya sebaiknya, naiknya yang biasa-biasa aja. Kalau cowok ya jangan masuk ke kereta khusus cewek. Oiya tulisan gerbongnya cukup gede dan warnanya juga berbeda, biasanya berwarna pink atau ungu jadi harusnya gak salah naik.

Dahulukan Penumpang yang Turun

Dahulukan Penumpang Turun

Kalau kamu mau naik ke KRL, perhatikan hal ini yak. Kalau kamu mau selamet dalam arti nggak ketabrak-tabrak orang sekaligus dimaki-maki, kamu harus dahulukan orang yang mau turun. Lagian jangan buru-buru, apasih yang mau dikejar? Jodoh juga masih jauh. Eh.

Jangan Memaksa untuk Masuk

Jangan Maksa Masuk

Kalau kamu kebetulan naik pas jam-jam sibuk alias jam pulang dan berangkat kerja, jangan harap kamu temukan kereta yang kosong melompong kecuali kereta yang kearah sebaliknya. Nah kamu jangan memaksakan diri masuk ke kereta kalau sudah penuh. Itu membahayakan! Membahayan untuk kamu maupun penumpang lain yang sudah berada di dalam kereta.

Ketika Masuk Usahakan Jangan Berdiri di  Dekat Pintu

Jangan Berdiri Dekat Pintu

Kalau kamu sudah berhasil masuk, huft akhirnya. Kamu jangan berdiri di dekat pintu. Usahakan kamu bergeser agak masuk, apalagi kalau tujuan kamu distasiun akhir. Apa manfaatnya? Kamu bakal bisa lebih tenang karena nggak kena desek-desekan orang yang mau masuk maupun keluar.

Jika bermanfaat silakan anda bagikan tulisan ini dan kami juga memiliki koleksi tulisan yang menarik lainnya, silakan klik Daftar Isi untuk melihat daftar tulisan kami. Selamat membaca! 🙂

4 thoughts on “Buat Kamu Calon Penumpang KRL Commuter Line, Perhatikan ini!

  1. Thanks banget infonya kang, sangat bermanfaat tentunya. Point yang terakhir bener banget, ada saja penumpang yang ingin didekat pintu, jadi sulit untuk masuk penumpang yang belum masuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *